Cara Membersihkan Kamera HP yang Berdebu di Dalam

Ingin tau cara membersihkan kamera HP yang berdebu di dalam? yuk simak artikel ini.

Pada jaman sekarang hampr seluruh HP memiliki fitur kamera yang sangat baik dan canggih. Guna memudahkan anda mengabadikan moment secara cepat dengan kualitas gambar yang bagus. Namun bila lensanya kotor dan berdebu tentu akan sangat mempengaruhi pada hasil gambar menjadi buram dan kurang bagus. Tentu sebuah kewajiban anda mengerti cara membersihkan kamera HP agar bebas debu dan kotoran.

Tentu sebuah barangt elektronik seperti HP butuh sekali perawatan. Terlebih pada bagian kamera yang bekerja layaknya mata manusia yang rentan terkena debu, kotoran, goresan, jamur, berembun yang membuat kualitas foto jadi menurun

Apa penyebab kamera HP jadi kotor?

Supaya kualitas kamera pada HP tetap terjaga dan berfungsi dengan baik tentu harus rajin dibersihkan. Penting untuk anda ketahui ada beberapa sebab mengapa kamera menjadi buran dan tidak jernih.

Debu

Menggunakan HP ditempat terbuka dan berdebu sangat berpotensi membuat kamera HP kotor dan banyak debu yang menempel. Akan menimbulkan masalah bila debu berhasil masuk ke dalam kamera akan sangat sulit ketika dibersihkan.

Sidik jari

Bekas tangan yang berminyak dan kotor dapat membuat kamera HP anda menjadi kotor dan buram.

Jamur

HP yang sering terkena cipratan air dan berada ditempat lembab akan jauh lebih berpotensi terkena jamur. Jamur pada kamera HP merupakan masalah yang cukup menggangu, apalagi bila jamur tersebut tumbuh pada bagian dalam kamera sehingga sangat sulit untuk dibersihkan.

Goresan

Kamera HP yang sering menyentuh benda keras dan kasar akan meninggalkan bekas goresan pada kamera. Tentru akan membuat permukaan kamera menjadi banyak bekas goresan dan membuat hasil foto menjadi buruk. Sulit untuk mengatasi kamera HP yang sidah banyak tergores, salah satu solusinya dengan mengganti casing bagian belakang. Hal ini juga dapat dihindari dengan memakaikan hard case pada HP atau memakaikan temperd glass pada kamera.

Minyak muka

Sering telfon serta menempelkan HP ke pipi dan telinga akan membuat kamera depan pada HP jadi berminyak. Akibatnya kamera menjadi blur jika tidak cepat di bersihkan dengan lap atau tissue.

Apa Saja Alat Untuk Membersihkan Kamera?

Perawatan yang baik dan secara rutin akan membuat kualitas kamera HP anda tetap bagus. Ketika membersihkan kamera HP perlu juga kehati-hatian dan ketelitian, mengingat kamera HP adalah komponen yang sensitif dan kecil.

Alat-alat yang dapat anda gunakan untuk membersihkan kamera HP?

  • Kain lap kacamata
  • Kain mikrofiber
  • Cotton bud atau kapas
  • Cairan pembersih

Ingat, sangat tidak dianjurkan kalian membongkar sendiri kamera HP anda bila tidak memiliki pengalaman sama sekali. Juga tidak disarankan menggunakan tisu untuk membersihkan kamera Hp, karena tidak sengaja serat pada tisu bisa membuat kamera anda tergores.

Apa Saja Bahan Membersihkan Lensa Kamera HP?

Cara membersihkan kamera HP Iphone atau Handphone yang lainya dapat menggunakan beberapa bahan berikut ini:

  • Carian alkohol atau antiseptic: berfungsi membersihkan bibit jamur yang tidak terlihat
  • Pasta gigi (odol): berfungsi membantu menghilangkan bekas goresan pada kamera
  • Minyak kayu putih: berfungdi membersihkan debu yang sulit dibersihkan
  • Air cuka: ini juga berfung membunuh jamur pada kamera

Baca Juga : Ciri-ciri Lensa Kamera Yang Berjamur

Cara Membersihkan Kamera HP yang berdebu di dalam

Apakah anda tahu berapa biaya membersihkan kamera Iphone atau Android? Bila anda mengerti dan dapat melakukan sendiri cara memberihkan kamera HP yang kotor,berdebu,tergores, bahkan berjamur. Tentu dapat menghemat biaya ke tukang service untuk membersihkan kamera HP anda.
Berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan kamera HP kesayangan anda.

1. Cara Membersihkan Kamera HP dengan Minyak kayu Putih

Minyak kayu putih yang biasa digunakan untuk mengobati masuk angina tau hidung tersumbat, ternyata juga berguna untuk membersihkan kamera HP. Berikut adalah cara membersihkan kamera depan dan belakang Iphone dan Android dengan minyak kayu putih. Caranya sebagai berikut:

  • Siapkan kain halus atau mikrofiber
  • Tetekan sedikitb minyak katu putih pada kain
  • Gosok memutar lensa kamera HP secara perlahan.

Membersihkan lensa kamera HP dengan kain dan minyak kayu purih secara perlahan terbukti mampu membersihkan kamera Hp dari debu dan kotoran. Minyak kayu putih berfungsi untuk mengangkat debu yang menempel pada lensa kamera HP secara efektif, anda juga bisa mengganti dengan alkohol apabila tidak ada minyak kayu putih.

Baca Juga : Cara Merawat Lensa Dan Sensor Kamera Agar Tidak Berjamur

2. Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Dengan Pasta Gigi atau Odol

Banyak orang yang ditak mengerti bahwa pasta gigi yang bias akita sebut odo ini mampu membersihkan kamera HP dari bekas goresan. Disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang berwarna putih untuk membersihakn dan menghilangkan bekas goresan. anda dapat mengikuti cara membersihkan kamera Hp dengan pasta gigi berikut ini:

  1. Oles sedikit pasat gigi pada sehelai kain halus atau kain mikrofiber
  2. Gosokan memutar secara perlahan pada permukaan bekas goresan
  3. Anda bisa juga menggunakan cotton bud bila tidak ada kain halus
  4. Oleskan sedikit pasta gigi pada cotton bud
  5. Gosok memutar secara perlahan, usahakan merata keseluruh bagian kamera
  6. Diamkan beberapa saat
  7. Lalu bersihkan dengan kain halus basah. Usahakan membasahi dengan air hangat.

Pasta gigi dipercaya mampu menjaga kekuatan lapisan pelindung Oleophobic coating, yang berada dibagian permukaan luar lensa kamera yang berfungsi menjaga kamera HP agar tidak gampang tergores, serta pasta gigi mampu menyamarkan bekas goresan pada lensa kamera HP anda.

3. Cara Membersihkan Lensa Kamera HP dengan Cairan Pembersih/Antiseptik

Anda dapat membersihkan kamera HP dari kotoran dan debu dengan cairan antiseptic apaun yang tidak menganduk bahan aditif karena dapat merusak lapisan pelindung kamera. Cara membersihkan nya hampir sama dengan car anomer 2 tadi. Dengan mengoleskan sedikit cairan pada kain halus dan menggosoknya secara perlahan.

4. Cara Membersihkan Debu didalam Kamera HP Iphone Dengan Cotton Bud

Sedikit sulit ketika debu dan kotoran berada didalam kamera, karena kita perlu membongkar casing untuk dapat membersihkan debu tersebut. Jika anda bingung bagaimana cara membersihkan debu di dalam kamera HP, silahkan simak Langkah-langakh berikut ini:

  1. Buka casing belakang HP dengan obeng kecil khusus HP, atau langsung buka chasing bila tanpa baut.
  2. Jangan menunggu terlalu lama, segera ambil cotton bud dan gosokan perlahan pada bagian yang terkena debu (usahakan dengan lembut dan perlahan)
  3. Bersihkan juga casing dan pastikan tidak ada debu yang tersisa
  4. Bila sudah selesai, segerap pasang Kembali casing HP anda.

5. Cara Membersihkan Lensa Kamera HP Dengan Blower Tiup

Menggunakan blowe tiup ini sangat tepat untuk dilakukan. Cara ini sangat mudah dilakukan tanpa harus bersentuhan langsung dengan permukaan lensa kamera HP, sehingga dapat meminimalisir lensa tergores karena gesekan saat menggosok dan membersihkan. Langkah-langanya masih sama dengan Langkah nomer 4, hanya perlu membongkar casing lalu meniupkan blower pada bagian yang terkena debu.

6. Cara Membersihkan Kamera HP yang Berembun

Kamera HP yang berembun juga sngat mempengaruhi hasil foto menjadi buram dan tidak jelas. Hal ini sering terjadi karena HP terkena cipratan air, atau berapa dapa ruangan yang cukup dingin seperti: didalam bus,kereta,kehujanan, dan dilatakan di dekat AC. Berikut ini adalah cara membersihkan kamera HP yang berembun, yang dapat anda lakukan tanpa harus membawa ke tukang service.

  1. Matikan HP anda terlbeih dulu, kemudian lepas batrainya
  2. Gunakan hair dryer dengan duhu paling rendah.
  3. Pada bagian kameranya usahakan arahkan dari jauh.
  4. Selalu pantau suhu HP anda, jangan sampai terlalu panas.

7. Cara Membersihkan Kamera HP Buram Dengan Pembersih Cairan

Anda bisa menggunakan cairan pembersih kaca untuk membersihkan debu maupun goresan pada kamera HP anda. Berikut adalah cara membersihkan kamera HP yang tergores dengan cairan pembersih kaca. Simak Langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka casing belakang HP anda
  2. siapkan cotton bud atau kain halus
  3.  beri sedikit cairan pembersih kaca pada cotton bud tersebut
  4.  lalu gososkan secara perlahan pada permukaan lensa kamera HP anda
  5. kemudian lap dengan kapas atau kain halus, dan pastikan semua bersih tidak ada noda yang tertinggal
  6. lalu tidak lupa bersihkan dan pasang kembali casing HP anda

Sekarang anda sudah mengertikan cara membersihkan kamera HP Iphone dan Android yang buram ini?

“Baca Juga : Cara Lengkap Membongkar dan Membersihkan Kamera HP dari  Kotoran dan Jamur

Cara Merawat Kamera HP Yang Baik dan Benar

Bila kalian tahu dan mengerti, sebernarnya membersihkan kamera HP yang kotor dan berembun sangatlah mudah, hanya saja Sebagian orangt malkas melakukanya. Sehingga sampai terlalu lama dibiarkan kotor dan menyebabkan jamur. Kalian dapat membaca cara-cara dibawah ini untuk merawat kamera HP yang baik dan benar.

  1. Selalu gunakan casing pada HP kalian, dan memberi jarak kamera pada bidang dibawahnya untuk menghindari lensa tergores dan terkena debu.
  2. Jangan masukan HP ke kantong celana, ini akan menyebabkan kamera tergores dan berembun
  3. Hindari menaruh kamera ditempat yang lembab dan berembun.
  4. Letakan HP pada posisi berdiri, untuk menghindari kamera tergores terutama pada HP yang memiliki kamera yang menonjol
  5. Gunakan tempered glass kamera, untuk melindungi kamera HP dari goresan
  6. Selalu bersihkan kamera HP secara rutin menggunakan kain lembut.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk membersihkan kamera HP yang berdebu di dalam ataupun diluar. Selalu bersihkan secara rutin untuk menghindari kamera Hp kalian terkena jamur, dan selalu gunakan pelindung atau case agar kamera Hp aman dari goresan. bila dirasa kamera HP sudah rusak parah, lebih baik kalian bawa ketukang service untuk dilakukan penggantian baru.

1 thought on “Cara Membersihkan Kamera HP yang Berdebu di Dalam”

Leave a Comment