Cara Merawat Lensa Dan Sensor Kamera Agar Tidak Berjamur.

Apa Yang Menyebabkan Lensa Dan Sensor Kamera Bisa Berjamur?

Cara Merawat Lensa Dan Sensor Kamera Agar Tidak Berjamur–  kamu mempunyai sebuah kamera dan lensa tentu kalian juga harus mampu merawat dan menjaga kamera atau lensa kalian agar tetap awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut tentu tidak terlepas dari bagaimana cara kamu merawat dan menyimpannya agar tetap terjaga dan bersih dari kotoran dan debu.

Dari hal sepele seperti kotoran dan debu ini ternyata mampu menimbulkan masalah yang cekup besar bagi kamera atau lensa anda. Debu dan kotoran yang menempel pada sensor kamera atau pada lensa anda dapat mengandung spora atau jamur dan jika terkena udara yang lembab, jamur dapat tumbuh dan akan terlihat seperti sebuah jaring laba-laba kecil pada permukaan lensa atau sensor kamera anda.

Hal seperti ini biasanya sangat mudah terjadi pada lensa atau kamera yang tidak wheather sealed serta digunakan di daerah yang memiliki kelembaban yang cukup tinggi.
Maka dari itu jika anda memiliki sebuah kamera atau lensa maka sangat wajib melakukan perawatan rutin dan pembersihan serta menyimpannya di tempat yang benar. Cara menyimpan yang salah tentu akan mengakibatkan tumbuhnya jamur pada sensor kamera atau pada lensa anda.

” Baca Juga : Ciri-Ciri Lensa Kamera Berjamur “

” Baca Juga : 3 Penyebab Lensa Macet Pada Kamera Digital Dan Kamera “

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan beberapa cara agar kamera atau lensa anda dapat terhindar drai kotoran dan jamur:

1. keluarkan segera kamera dan lensa dari Tas

Jangan sekali-kali anda menyimpan kamera dan lensa di dalam Tas dalam jangka wkatu yang lama. Hal ini biasanya sering kali terjadi dengan alasan lupa atau mengira sudah aman, tetapi hal tersebut justru malah akan menyebakan kamera dan lensa anda akan menjadi lembab dan akan dengan mudah memicu perkembangan spora atau jamur dari kotoran yang terbawa pada saat anda sedang memotret. Sesegera mungkin keluarkan kamera dan lensa anda dan simpan dalam Dry Box atau wadah kedap udara serta tidak lupa diberi silica gell

2. simpan kamera dan lensa di Dry Box

Simpan kamera dan lensa pada sebuah wadah yang kedap udara atau Dry Box . Dry Box adalah sebuah wadah yang berfungsi untuk menyimpan barang elektronik seperti kamera dan lensa. Wadah ini mampu mengatur kelembaban udara didalamnya, sehingga suhu didalam Dry Box akan terus terjaga dan jamur tidak dapat tumbuh dan berkembang.

3. jangan menyimpan di tempat lembab

Hindari menyimpan kamera anda pada ruangan yang mempunyai kelembaban udara yang tinggi seperti di dalam lemari, di dekat jendela, di bawah ac, serta di tempat terbuka. Udara yang sangat lembab pada sebuah ruangan akan membantu jamur berkembang.

4. masukan Silica Gel ditempat penyimpanan kamera.

Silica gel berfungsi untuk menyerap kelembaban udara yang ada di ruangan atau di wadah terseebut sehingga akan membantu menguragi perkembangan jamur kaeran udara yang lembab. Anda dapat meletakan silica gel ini pada tempat penyimpanan kamera dan lensa anda.

Silica gel harus diganti secara berkala bila sudah terlihat pudar warnanya, agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

5. tetap jaga kebersihan kamera dan lensa anda

Ketika anda sering melakukan kegiatan memotret di luar ruangan yang memiliki banyak sekali resiko kamera terkena kotoran dan debu tentu saja kamera akan sangat mudah terkena jamur dan kotoran yang menempel pada kamera dan lensa anda, Setelah anda selesai menggunakan kamera dan lensa, hal yang harus segera dilakukan adalah membersihkan kamera dan lensa dengan alat permbersih khusus yang biasa disebut Cleaning Kit Kamera.

6. jangan meniup sensor atau lensa

jangan pernah anda menuip sensor atau lensa kamera anda Ketika terlihat ada kotoran atau debu yang menempel. Karena udara yang keluar dari mulut memiliki kelembaban yang akan menempel pada sensor atau lensa anda, sehingga akan memicu berkembangan jamur dan membuat permukaan sensor dan lensa menjadi kotor.
Anda dapat menggunakan blower dan lens pen untuk membersihkan permukaan sensor dan lensa kamera anda supaya tetap aman pada saat proses cleaning.

7. Aktifkan Sensor Cleaning pada Kamera

Kamera digital pada saat ini kebanyakan sudah mempunyai fitur sensor cleaning yang memiliki fungsi untuk membersihkan sensor pada kamera secara otomatis Ketika kamera akan dimatikan atau di nyalakan. Walau fitur ini tidak terlalu efektif untuk membersihkan sensor dari jamur dan debu yang usdah menempel, namun anda tetap harus mengaktifkan fitur ini untuk mencegah debu dan kotoran kecil masuk kedalam sensor dan system pada kamera tersebut.

8. selalu berihkan body kamera dan lensa

Ketika anda sering menggunakan kamera di tempat yang terbuka dan bahkan sering menggunakannya untuk memotret street di jalan raya, tentu kamera anda akan banyak terkena kotoran dan debu yang menempel, hal ini juga harus anda perhatikan supaya selalu membersihkan body kamera dan lensa anda supaya kotoran dan debu tidak masuk kedalam lensa dan sensor kamera.

Bagaimana cara membersihkan kamera dan lensa yang sudah berjamur?

Jika kamera dan lensa anda sudah terlanjur terkena jamur, maka harus segera ditangani dan dibersihkan, karena jamur tersebut dapat menurunkan kualitas hasil gambar dan kinerja lensa secara permanen sehingga menyebabkan hasil gambar tidak focus atau kurang tajam.

Jika pada bagian depan atau belakang lensa yang terkena jamur, anda masih bisa membersihkanya dengan cairan pembersih lensa khusus lalu di lap dengan kain pembersih secara perlahan.
Tapi lain cerita bila optic bagian dalam lensa atau bagian sensor kamera yang terkena, lebih baik jangan pernah anda bersihkan sendiri akan tetapi langsung bawa ke tempat service kamera, karena akan sangat beresika bila anda berusaha membersihkan sendiri tanpa punya pengalaman bagaimana cara membersihkanya dengan baik. Dan di dalam rangkaian lensa setelah dibongkar butuh di cofigurasi Kembali.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan jamur pada kamera dan lensa:

1. Gunakan Blower

Langkah ini sangat mudah namun penting dilakukan, anda dapat membuka tutup kamera dan lensa, lalu gunakan blower untuk meniup debu dan kotoran yang menempel pada permukaan lensa dan sensor kamera, ingat! Jangan lupa menghadapkan sensor atau lensa kebawah supaya debu dan kotoran yang ditiup dapat turun kebawah dan tidak mengotori bagian yang lain.

2. Gunakan Swab Sensor

Kemudian ada alat yang berfungsi untuk membersihkan sensor pada kamera yaitu Swab Sensor. Alat ini berguna untuk membersihkan jamur yang menempel pada permukaan sensor kamera, anda harus sangat lembut dan hati-hati Ketika sedang menggunakan alat ini supaya tidak menimbulkan goresan pada permukaan sensor kamera yang dibersikan.

3. Gunakan Sensor Cleaning Kamera

Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk membersihkan sensor dari debu dan jamur yang menempel. Jika debu dan jamur masih kecil dan tidak terlalu parah, maka dengan fitur sensor cleaning ini dapat membantu membersihkan debu dan jamur tersebut.

4. Bawa Ketempat Service/Service Center kamera

Jika jamur yang menempel pada sensor dan lensa kamera sudah terlihat parah dan tidak memungkinkan untuk anda bersihkan sendiri, sebaiknya segera dibawa ketempat service atau ke service center merk kamera tersebut yang sudah tentu dapat mengatasi permasalahan sensor dan lensa kamera yang berjamur ini.

” Baca Juga : Cara Lengkap Membongkar dan Membersihkan Lensa Kamera dari Jamur “

2 thoughts on “Cara Merawat Lensa Dan Sensor Kamera Agar Tidak Berjamur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *