Cara mengatasi printer Bergaris canon ip2770 Lengkap

Apabila kalian bingung cara mengatasi printer bergaris canon ip2770, yuk langsung simak ulasannya berikut ini. Agar kalian dapat mengerti cara mengenhindari supaya printer kalian tidak rusak dan bergaris.

Karena begitu banyak orang yang menggunakan printer ini, makai p 2770 disebut-sebut dengan printer semua orang. Harganya yang terjangkau sehingga membuat banyak orang mampu memilikinya. Karna harganya yang murah banyak para pengguananya yang mengeluh karna sering bermasalah pada saat digunakan. Salah satu masalahnya yakni hasil cetak yang bergaris dan putus-putus

Hal ini banyak dikeluhkan oleh para pengguna printer canon ip2770. Hasil cetak yang bergaris dan putus-putus memanglah sangat menggangu karna menyebabkan hasil menjadi kurang bagus pada tinta hitam. Hasil serupa pun sering terjadi pada warna biru, warna kuning, warna merah. Dan mengakibatkan huruf, angka, dan gambar ketika di print menjadi tidak jelas.

Printer canon ip2770 sendiri memiliki dua versi dipasaran. yang pertama, printer ini tidak memakai system infus dalam pengisian tintanya alias diisi secara manual menggunakan suntikan. Versi yang ke dua, yakni printer yang sudah dimodifikasi pengisian tinta dapat di infus. Meski memiliki versi yang berbeda, namun tetap sama saja keduanya memiliki masalah yang sama yakni hasil yang bergaris dan putus-putus.

Penyebab Hasil Printer Bergaris Canon Ip2770

Para pengguna printer canon ip2770 pasti sering mengalami masalah hasil cetak yang bergaris dan putus-putus ini. Masalah ini berasal dari catridge printer tersebut. bagi pengguna yang baru pertama kali mengalami masalah ini pasti bingung cara mengatasinya. Namun, hal terpenting yang perlu kalian ketahui adalah penyebab hasil printer bergaris canon ip2770. Yuk langsung simak beberapa penyebabnya dibawah ini.

1. Kepala Catridge Tersumbat

Letak kepala catridge yang berada dibawah, yang berfungsi menyemprotkan tinta ke permukaan kertas. Ketika printer tersebut tidak digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama, akan menyebabkan kepala catridge kering dan menjadi tersumbat akibat dari gumpalan tinta yang tidak terpakai.

2. Catridge Melemah

Kualitas hasil cetak dari kepala catridge yang sudah lemah akan membuat hasil cetak tidak maksimal. Bagian inilah yang pasling sering bermasalah pada canon ip2770. Yang menyebabkan hasil cetak bergaris dan putus-putus

3. Tinta Tidak Mengalir

Masalah ini sering dialami oleh para pengguna printer canon ip2770 yang memakai sistem tinta infus. Penyebab utama yakni selang tinta yang tersumbat yang mengakibatkan lairan tinta menuju catridge menjadi macet.

4. Kualitas Tinta Kurang Bagus

Ketika kita mengisi ulang tinta, usahakan memilih tinta dengan kualitas yang bagus. Karena tinta yang kotor dan menggumpal terkadang menyebabkan tersumbat pada mulut semprot pada catridge.

5. Ada Kotoran Di Encouder

Sebagian besar orang mungkin belum tahu bahwa encouder adalah bagian printer yang berada di belakang catridge. Yang memili fungsi sebagai sensor yang mengatur tinta yang di semprotkan.

Cara Mengatasi Hasil Printer Bergaris Canon ip2770

Setelah kalian mengerti mengenai penyebab hasil printer bergaris dan buram canon ip2770. Nah, sekarang kalian harus mengerti apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi priter canon ip2770 ketika hasail cetaknya bergaris dan putus-putus. Beberapa cara berikut ini dapa dijadikan Langkah upaya awal agar printer kalian bisa kembali berfungsi normal. Yuk, langsung simak cara-cara dibawah ini.

1. Kuras Tinta Pada Ctridge

Cara yang pertama, yakni menguras semua tinta yang ada pada catrdge, hal ini bertujuan untuk menghilangkan tinta yang menggumpal dan membuang tinta yang kotor, yang nantinya berpotensi menyebabkan penyumbatan.

Untuk menguras tinta, kalian dapat menggunakan suntikan atau penyedot untuk memudahkan kalian ketika mengosongkan tinta pada catridge. Kalian bisa langsung memasukan ujung suntikan kedalam lubang catridge yang berada di bagian atas, sedot secara perlahan hingga catridge kosong dari tinta. Tujuan cara ini yaitu menghilangkan gumpalan pada catridge, sehingga hasil cetak printer canon ip2770 kembali normal dan tidak bergaris.

2. Pastikan Aliran Tinta Pada Selang lancar

Selanjutnya, perlu diketahui car aini hanya diperuntukan bagi pengguna yang memakai printer versi modifikasi yang menggunakan system infus pada pengisisan tintanya. Selang yang berfungsi mengalirkan tinta dari tabung penampung ke catridge. Pada sistem ini sering terjadi penyumbatan pada selang yang mengakibatkan hasil cetak bergaris canon ip2770. Maka dari itu, kalian harus memastikan selang bersih dan aliran tinta lancer. Solusinya jika selang tersumbat yaitu dengan mengganti selang yang baru.

3. Bersihkan Kepala Catridge

Salah satu cara mengatasi hasil printer bergaris canon ip2770 yakni dengan membersihkan bagian kepala catridge menggunakan kain lembut atau bisa dengan tisu. Kalian harus melakukan pembersihkan secara rutin dan berkala untuk menjaga catridge tetap bersih. Apabila printer sering digunakan, maka kalian juga harus lebih sering untuk membersihkanya. Penting untuk kalian ingat, jangan sekali-kali menggosok pada bagian kepala catridge. Kalian hanya cukup menempelkan kain lembut atau tisu pada permukaan kepala catridge.

4. Pastikan Tabung Tinta Tidak Kosong

Supaya printer btetap terjaga dan berfungsi dengan normal, selalu pastikan tinta pada catridge dan selang infus selalu terisi dan tidak kering. Kondisi tinta yang habis jelas akan menyebabkan hasil bergaris printer canon ip2770. Karena itu, kalian harus rajin mengecek tabung tinta agar tidak kosong. Jika sudah mulai volume tinta sudah mulai menipis, segera lakukan pengisian ualng tinta printer kalian.

5. Bersihkan Encouder Pada Catridge

Sebelum melakukan pembersihan encouder, ketahui dahulu letak dimana encouder tersebut berada. Encouder adalah alat yang berbentuk menyerupai mika yang membentang Panjang pada bagian belakang catridge. Alat ini memiliki fungsi sebagai sensor yang mengatur catridge ketika menyemprotkan tinta. Apabila encouder kotor karena cipratan tinta, maka akan membuat hasil printer bergaris canon ip2770.

Cara membersihkan encouder ternyata cukup mudah. Kalian cukup mengeluarkan actridge dari rumahnya. Kemudian gunakan kain lembut atau tisu dan gunakan alkhohol untuk membersihkan encouder.

6. Rendam Kepala Catridge Dengan Air Hangat

Lanjutan dari cara sebelumnya, sebelum mamasang kembali catridge ke rumahnya, rendam kepala catridge dengan air hangat atau alkhohol. Hal ini dilakukan supaya tinta yang menggumpal bisa hilang sehingga tidak menyebabkan penyumbatan. Masalah ini sering terjadi karena printer terlalu lama tidak digunakan. Saya menyarankan agar printer digunakan minimal dua hari sekali mencetak satu halaman, untuk mencegah kasus ini terjadi.

Ketika merendam kepala catridge kalian tidak boleh sembarangan karena komponen ini sangat rawan akan kerusakan. Langkah pertama, sipakan air hangat secukupnya, lalu keluarkan catridge lalu rendam kepala catridge selama beberapa menit saja. Secara perlahan air akan berubah warna menjadi gelap akibat sisa tinta catridge yang mengalir.

Kemudian, angkay catridge dan keringkan, ingat jangan keringkan dengan cara di jemur dan dilap. Tapi, cukup kalian letakan saja pada tisu kering beberapa kali sampai kepala catridge benar-benar kering tidak ada air yang tersisa. Lalu pasang kembali kedalam rumahnya. Jika cara ini kalian lakukan dengan benar dan rutin, maka akan mengurangi kemungkinan catridge rusak atau hasil cetak bergaris.

7. Ubah Kualitas Cetak

Langkah perbaikan juga dapat dilakukan pada perangkat lunak, yakni dengan mengubah pengaturan kualitas cetak yang semula standar ke kualitas yang lebih tinggi. Karena, kualitas standar telah di stel untuk kecepatan kuantitas cetak dari pada kualitas cetak. Ketika kalian mengubah pengaturan ke kualitas lebih tinggi, maka printer canon ip2770 akan bekerja secara lebih baik dan meningkatkan kualitas ceraknya. Sehingga hasiil printer bergaris bisa sedikit teratasi.

8. Ganti Catridge Printer

Beberapa kasus hasil printer bergaris  memang benar-benar sudah tidak bisa di perbaiki lagi. Sudah pasti penyebabnya karena umur catridge yang sudah tua. Apalagi jika terlalu sering digunakan dalam jangka waktu yang sangat lama. Nah, solusi paling mudah yakni mengganti nya dengan catridge yang baru. Pasti printer kalian langsung kembali normal.

9. Bawa ke Tukang Service

Apabila hasil printer bergaris  terus-menerus dan tidak kunjung membaik. Segera bawa ke tukang service yang kalian percayai mampu menangani masalah ini. Jika memang kalian sudah tidak mampu memperbaikinya sendiri. Maka, membawa ketukang service adalah pilihan yang tepat.

Kesimpulan

Berakhirlah ulasan mengenai cara mengatasi printer bergaris canon ip2770. Kalian tidak perlu panik ketika kalian mengalami masalah terebut. Cobalah untuk memperbaikinya sendiri dengan mengikuti cara-cara yang sudah saya jelaskan diatas. Bila kondisi printer belum terlalu parah. Maka kalian pasti akan dengan mudah mampu memperbaikinya sendiri.

Apabila kalian mencari artikel mengenai  cara mengatasi laptop yang lemot, kalian bisa membaca artikel Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Ngebut.

 

Tinggalkan komentar