12 Teknik Fotografi Model Outdoor

Artikel ini akan memberikan informasi untuk kalian mengenai 12 teknik fotografi model outdoor. Simak dengan baik ya!

Teknik fotografi adalah cara atau langkah – langkah yang akan di lakukan oleh fotografer untuk mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal. Teknik fotografi sendiri terbagi menjadi dua, yaitu teknik fotografi indoor dan teknik foto grafi outdoor.

Lalu Untuk teknik fotografi indoor akan dilakukan di dalam ruangan. Contohnya di dalam studio, kelas, museum dan lainnya.

Namun untuk teknik fotografi oudoor akan dilakukan di luar ruangan. Contohnya di kebun, pantai, gunung dan lainnya.

Keduan teknik ini harus dikuasai oleh fotografer agar nantinya hasil gambar memiliki kualitas dan hasil yang baik. Serta model atau pelanggan akan senang dengan hasil yang di jepret.

Teknik Fotografi Model Outdoor Untuk Hasil Maksimal

Sedangkan yang akan kita bahas di artikel ini adalah teknik fotografi model outdoor. Berikut beberapa tekniknya :

1. Penentuan Lokasi Pemotretan

Ini adalah teknik yang pertama dan utama yang harus dilakukan ketika akan melakukan pemotretan di outdoor. Lokasi nantinya akan menentukan bagus tidaknya hasil foto. Lakukanlah percobaan terlebih dahulu agar melihat kualitas cahaya di lokasi yang kalian pilih.

2. Menggunakan Kamera Yang Sesuai

Kualitas kamera yang baik juga akan menujang hasil foto. Penggunaan kamera dengan kualitas yang tinggi tentunya juga akan sebanding dengan hasilnya.

Kamera saat ini juga sudah sangat menunjang seiring dengan perkembangan teknologi. Namun semua itu juga tergantung dari siapa yang akan memotret.

3. Pemberian Jarak Antara Model Dan Fotografer

Pemoretan di indoor dan outdoor sangat berbeda. Pada saat kalian melakukan pemotretan di outdoor kalian harus memperhatikan jarak dengan model.

Pemberian jarak akan membantu dalam perolehan efek tertentu pada hasil foto. Tapi jangan khawatir, hal ini bisa dibantu dengan lensa panjang yang akan memperoleh panorama yang indah.

4. Pertimbangan Cahaya

Sangat susah hal ini jika dilakukan di outdoor, karena pada saat siang hari pencahayaan di bantu oleh sinar matahari. Namun pada saat malam hari bisa di bantu oleh flash.

Namun tak jarang juga jika ada fotografer yang menggunakan flash di siang hari untuk memberi efek tambahan estetik untuk modelnya. Akan tetapi jika fotografer menggunakan cahaya alami seperti cahaya matahari, nantinya akan memberikan efek yang lebih natural.

5. Menghindari Cahaya Matahari

Menghindari cahaya matahari di siang hari yang dimaksudkan disini adalah mengindari paparan secara langsung. Karna jika pada saat siang, pemoretan dilakukan tepat dibawah sinar maka nanti hasil pencarannta akan sangat terang.

Jadi nantinya hasilnya kurang maksimal dan cahayanya tidak dapat di kontrol. Namun apabila terpaksa pengambilan gambar di siang hari yang benar – benar matahari ada diatas kepala, sebaiknya pengambilan gambar berdiri tepat diatas bayangan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasil nantinya akan memberikan efek yang lebih dramatis.

6. Gunakanlah Format RAW

Pengaturan format RAW ini memang biasa digunakan saat pemotretan outdoor. Format ini akan memberi lebih banyak keleluasaan untuk penyesuaian gambar atau foto pada saat proses pengeditan. Akan tetapi efek dari pengunaan format RAW ini membutuhkan banyak ruang untuk penyimpanan.

Baca Juga : Penjelasan Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi Lengkap

7. Mengatur ISO Pada Tingkatan Yang Paling Rendah

Teknik fotografi model outdoor selanjutmua adalah pengaturan ISO dalam penentuan tinggi rendahnya cahaya yang diinginkan untuk hasil foto atau gambar. Atau bisa juga sebagai sensitivitas sensor kamera terhadap cahaya yang akan masuk ke dalam kamera. Lakukanlah percobaan terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Gunakan Filter Polarisasi

Filter polarisasi pada kamera merupakan filter yang akan menutupi lensa kamera. Filter polarisasi nantinya akan berfungsi untuk membantu kamera dalam pengambilan foto atau gambar dengan cara membiarkan cahaya masuk pasa suatu angle tertentu.

Contohnya dari penggunaan filter polarisasi ini untuk mengurangi kabut, pantulan dan silau. Bisa juga menggelapkan langit yang berwarna biru.

9. Memotret Saat Golden Hours

Memotret pada saat waktu memasuki golden hourse memang sangat di idamkan oleh banyk fotografer. Karena pada waktu ini cahaya matahari akan menghasilkan cahaya emas yang lembut sehingga akan sangat indah bila menyinari kulit atau wajah.

Nah, untuk bisa mendapatkan moment golden hours ini, kalian harus memotret anatar jam 7 – 9 pagi dan jam 4-6 sore. Pencahayaan golden hours ini tidak hanya menyinasri objek semata, namun akan menambah efek dramatis dan visual terhadap objek yang kalian foto.

10. Gunakan Reflektor Atau Difuser

Ketika memotret di luar ruangan atau outdoor bisa menjadi sebuah hal yang menantang apabila cahaya matahari tidak sesuai. Sering di temukan cahaya yang terlalu terik atau terlalu redup.

Nah, kalian bisa menyasati kendala tersebut dengan menggunakan Reflektor, yang bersungsi untuk mengurangi tingkat intrensitas cahaya dan memantulkan cahaya.

Reflector ini termasuk kedalam alat yang simple dengan harga yang murah, namun sangat penting dalam dunia fotografi untuk mengendalikan cahaya matahari.

11. Gunakan Lensa Fix Bukaan Besar

Seorang fotografer pasti sudah mengentahui tipe lensa apa yang terbaik dalam teknik fotografi model outdoor. Karena pemilihan lensa yang tepat akan mampu meningkatkan kualitas foto yang di hasilkan.

Nah, untuk bisa menghasilkan foto model yang bagus, tentu kalian harus menggunakan lensa dengan Panjang tetap dan bukaan besar, atau lebih dikenal dengan lensa fix.

Tipe lensa yang umum dipakai para fotografer model dan fashion popular memakai lensa dengan focal length 50mm dan 85mm. kemudian dengan aperture antara f/1.2 hingga f/2.0.

Dengan jenis lensa tersebut kalian bisa menghasilkan foto dengan ketajaman yang baik, namun dengan background yang blur. Sehingga model atau objek akan terlihat lebih menonjol.

12. Gunakan Lampu Flas (bila Diperlukan)

Untuk Teknik yang terakhir untuk Teknik foto model outdoor kalian bisa menggunakan lampu flash. Lampu flash ini digunakan dengan tujuan untuk memperkuat cahaya Ketika langit sedang mendung dan minim cahaya matahari.

Para fotografer professional juga sering menggunakan lampu flas ini untuk menghasilkan kreasi unik dalam memotret model. Seperti yang sering kita dengar dengan Teknik foto stowbist.

Teknik foto model ini memakai satu buah lampu flash yang di arahkan dari depan atau samping model, dengan arah model yang membelakangi sinar matahari.

Kesimpulan

Diatas adalah penjelasan singkat mengenai teknik fotografi model outdoor. Namun kelemahan ketika pemotretan outdoor adalah cuaca yang berubah – ubah dan tidak dapat di prediksi.

Kalian juga harus mempersiapkan batrai cadangan, reflektor, memory card dan lainnya untuk mengatasi permasalahan yang nantinya akan muncul ketika proses pemotretan. Sekian terimakasih dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua yaa.

Baca Juga : Macam Macam Teknik Fotografi Untuk Pemula

Tinggalkan komentar