Cara Lengkap Membongkar dan Membersihkan Lensa Kamera dari Jamur

Membersihkan Lensa Kamera Dari Jamur

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara memberiskan lensa kamera yang sudah terkena jamur yang sering kalin dialami oleh banyak sekali pengguna lensa atau kamera. Banyak sekali factor yang memepengaruhi sebuah lensa dapat terkena jamur antara lain suhu udara dan ruangan yang lembab, lensa terkena cipratan air, lensa terkena debu yang tidak segera di bersihkan sehingga dapat memicu tumbuhnya jamur pada lensa tersebut. maka dari itu perlu dilakukan usaha untuk membersihkan jamur tersebut supaya tidak semakin menyebar ke komponen yang lainya.

Cara memebersihkanya pun tidak boleh dengan cara yang asal atau menggunakan cara yang ekstrim, mengingat lensa yang berjamur ketika diberiskan maka akan mengikis element coating pada permukaan lensa yang berfungsi sebagai penyaring cahaya. Yang berakibat pada menurunnya kualitas lensa tersebut dan tentu akan mengurangi kualitas hasil gambar pada saat digunakan.
Lalu timbul sebuah pertanyaan “ Bagaimana Cara Membersihkan Lensa Yang Berjamur?”

Cara Membersihkan Lensa Kamera Dari Jamur

Lalu berkaitan dengan bagaimana cara membersihkan lensa yang berjamur, ada beberapa cara yang perlu kamu tahu sebelum kamu mencoba memberiskan lensa sendiri atau meminta kepada orang lain untuk membersihkan lensa kamu. Karena lensa merupahan sebuah benda yang sangat sensitive sehingga dalam perarwatanya tidak boleh dengan cara yang asal. Apalagi untuk kamu yang sedang pemula atau yang baru mempunyai kamera atau lensa baru. Tentu cara merawat sebuah lensa agar terhindar dari dari adalah hal yang wajib kamu ketahui.

Berikut adalah cara lengkap mengenai bagaimana cara membersihkan lensa kamera dari jamur. Antara lain sebagai berikut :

Untuk dapat memebersihkan jamur pada lensa tentu kalian harus menyiapkan beberapa alat yaitu tool kid, obeng plus kecil, dan sebuah penjepit atau pinset, lalu kain karbon khusus untuk membersihkan permukaan lensa dan cairan khusus permbersih.

1. jika semua alat sudah siap maka Langkah yang harus kalian lakukan adalah membuka bagian lensa dari sebelah ujung yang ditutup dengan stiker, dengan cara membuka stiker dengan penjepit secara perlahan, usahakan kalian tidak merusak stiker tersebut, karna stiker tersebut biasanya berkaitan dengan garansi pada lensa tersebut.

2. kemudian Langkah selanjutnya untuk memberishkan lensa kamera dari jamur yaitu dengan membuka layer pertama pada lensa, dan kalian dapat melepaskan 3 baut yang mengunci lensa tersebut. ingat hal ini harus dilakukan ditempat yang besih dan harus secara perlahan agar tidak menggores atau merusak lensa tersbut.

3. setelah melakukan Langkah ke 2, Langkah selanjutnya yaitu membuka layer ke 2, dengan cara membuka baut dan angkat lensa dari dudukanya dengan perlahan dan hati hati.

4. tahapan selanjutnya, kalian hanya perlu mengelap bagian permikaan lensa yang terkena jamur secara perlahan dan usahakan sampai bersih agar kedepanya tidak ditumbuhi jamur lagi.

5. saat kalian sedang melakukan proses pembersihan lensa dari jamur, kalian harus memastikan bahwa tidak ada jamur yang tersisa dan pastikan lensa yang selesai kalian bersikan tidak terdapat goresan atau debu yang menempel. Sehingga kualitas lensa tetap terjaga dan dapat berfungsi dengan baik.
Setelah proses pembersihan jamur sudah selesai, kalian dapat memasang kembali setiap bagian lensa yang sudah dibersihkan secara perlahan dan tetap memperhatikan urutan lensa yang di pasang, jangan sampai salah atau tertukar.

Dan jangan lupa untuk memastikan kembali bahwa penutup lensa juga bersih dari debu. Supaya pada saat penutup lensa digunakan tidak membekas pada bagian permukaan lensa.
Tentunya bagi para pengguna kamera dan lensa, hal seperti ini merupakan cara membersihkan lensa kamera dari jamur yang harus kalian perhatikan dan tidak biasa dianggap sepele karena dampak dari sebuah jamur kecil pada lensa dapat mempengaruhi hasil pada saat digunakan untuk memotret.

Penutup

Sekarang kita sudah tahu kan bagaimana cara membersihkan lensa kamera yang berjamur, kalipan dapat juag melalukannya sendiri namun tetap harus berhati-hati pada saat proses pelepasan komponen, pembersihan dan pemasangannya kembali. Dan juga jangan lupa untuk memastikan lensa kalian dalam keadaan yang baik dengan menyimpannya ditempat yang kering dan tidak lembab, kalian juga dapat menyimpannya dalam Dry Box agar dapat menjaga suhu teetap stabil dan terhindar dari jamur. Me ngingat sebuah lensa adalah hal yang sangat penting dari sebuah kamera tentu kita harus pandai dalam merawatnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *