Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Ngebut

Untuk kalian yang saat ini mempunyai masalah mengenai laptop yang lemot , berikut ini adalah beberapa cara mengatasi laptop lemot. Yuk langsung simak artikel dibawah ini.

Laptop yang lemot atau lamban ketika digunakan memang sangat mengganggu. Terlebih bagi kalian yang menggunakan laptop untuk berbagai pekerjaan penting dan dituntut cepat menyelesaikan pekerjaan. Laptop yang lemot akan membuat pekerjaan menjadi tertunda dan produktivitas pasti akan menurun. Apalagi disaat situasi pandemi seperti ini yang menuntut semua pekerjaan dilakukan secara online. Sehingga laptop yang cepat dan lancer ketika digunakan adalah sebuah kebutuhan saat ini.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi laptop lemot. Tahukah kalian penyebab mengapa laptop kalian bisa menjadi lemot. Beberapa faktor antara lain:

  1. karena terlalu banyak aplikasi yang digunakan. Sehingga kinerja perangkat terlalu berat untuk menjalankan semua aplikasi secara bersamaan.
  2. Hard Disk yang sudah teralalu lama, sehingga Kesehatannya sudah menurun dan tidak mampu bekerja secara maksimal. Meenyebabkan proses read and write menjadi lama.
  3. kapasitas Hard Disk atau SSD yang sudah penuh yang menyebabkan kinerja menjadi berat.
  4. aptop sudah terlalu tua.
  5. perangkat bagian dalam laptop yang kotor.
  6. terlalu sering menjalankan program atau aplikasi yang berat sehingga prosesor tidak kuat.

Demikian itulah beberapa faktor yang menyebabkan laptop menjadi lemot. Jika kalian sudah merasakan laptop yang digunakan sudah mulai lemot, alangkah baiknya kenali terlebih dulu penyebab laptop tersebut menjadi lemot, sebelum kalian mencari cara mengatasi laptop lemot. Ketika kalian sudah tahu apa penyebab nya, kalian bisa mengtasi masalah tersebut dengan tepat bukan menebak-nebak.

Cara Mengatasi Laptop Lemot.

Nah dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti untuk mengembalikan laptop kalian ke kinerja maksimalnya.

1. Gunakan Cooling Pad

Memakai cooling pad akan membantu menjaga suhu laptop tetap stabil dan tidak over heat. Karena suhu yang terlalu panas akan membuat laptop menjadi lemot. Sehingga cooling pad bisa kalian gunakan untuk membantu mengatasi laptop yang lemot.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Perlu

Menyimpan aplikasi terlalu banyak juga berdampak kepada laptop yang menjadi lemot. Dan terlalu banyak program yang berjalan membuat laptop terbebani dan kinerjanya menurun. Saya sarankan untuk menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting agar ruang penyimpanan menjadi lega dan kinerja laptop menjadi normal.

3. Hapus Cache Secara Rutin

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya dengan menghapus cache dengan cara: buka “file manager” lalu klik kanan pada ikon hard disk, kemudian klik properties lalu klik tab general, selanjutnya klik “disk cleab up” agar semua cache bersih dari laptop. Meski sudah menggunakan versi windows yang terbaru cache akan tetap ditemui.

4. Gunakan Mode Daya Tinggi

Laptop yang memiliki windows 10 sudah dibekali fitur yang canggih yakni bisa menentukan daya yang ingin digunakan. Mengatur daya kemudian memilih mode daya tinggi atau high performance dapat menjadi salah satu solusi cara mengatasi laptop lemot windows 10. Karena daya laptop ini yang mampu mengatur kinerja dari sebuah laptop.

5. Gunakan Thermal Paste di Prosesor

Suhu prosesor yang terlalu panas akan menyebabkan kinerja laptop menurut dan lemot. Thermal paste memiliki fungsi untuk memastikan suhu perangkat bagian dalam laptop tetap stabil saat pemakaian. Thermal paste ini lah yang nantinya akan mendinginkan suhu ketika sudah mulai overheat.

6. Pasang Antivirus

Virus yang terbawa pada saat kalian mentransfer file atau mengunduh file dari internet, dapat menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Menggunakan antivirus menjadi hal yang sangat wajib untuk menjaga laptop tetap aman dari virus.
Sebelum nginstal antivirus, kalian harus memastikan antivirus tersebut benar-benar efektif, dan saya sarankan menggunakan antivirus dari sumber yang resmi dan tidak bajakan guna menjaga laptop kalian dari serangan virus yang akan membuat kinerja laptop jadi menurun.

7. Instal Aplikasi Yang Sesuai Dengan Spesifikasi Laptop

Pastikan kalian mengetahui spesifikasi laptop yang kalian gunakan. Dengan demikian kalian akan paham aplikasi mana yang cocok dan tidak untuk laptop tersebut.
Apabila aplikasi tidak sesuai dengan spesifikasi laptop sudah pasti akan menyebabkan kinerja laptop menjadi berat dan lemot ketika digunakan. Penting sesuaikan aplikasi yang terinstal pada laptop dengan spesifikasi laptop tersebut.

8. Tambah Kapasitas Hard Disk

Untuk kalian yang membutuhkan banyak aplikasi dilaptop tentu harus mempertimbangkan ruang penyimpanan yang tersedia. Akibar ruang penyimpanan yang penuh sudah pasti akan menyebabkan laptop menjadi lemot. Salah satu solusinya yaitu dengan menambah kapasitas ruang penyimpanan supaya kinerja laptop kembali normal, dan kalian tetap bisa menginstal banyak aplikasi.

9. Tambah RAM

Kapasitas RAM yang kecil menjadi salah satu penyebab laptop lemot. RAM pada laptop memiliki fungsi penyimpanan sementara ketika kalian menunggunakan aplikasi tersebut. Apalagi bila kalian mempunyai file yang banyak salah satu cara mengatasi laptop lemot yakni dengan menambah kapasitas RAM.
Walau sudah pasti akan memakan biaya yang lumayan mahal. Namun, jika memang dibutuhkan tidak salahnya untuk menambah RAM. Jangan lupa untuk menyamakan spesifikasi RAM yang akan di beli dengan RAM yang sudah terpasang sebelumya di laptop.

10. Instal Ulang Windows

Cara selanjutnya yakni dengan melakukan instal ulang windows pada laptop. Beberapa dari kalian pasti memiliki laptop yang sudah dipakai sejak lama dan sering mengalami lag atau error saat digunakan. Namun, sebelum kalian menginstal ulang windows, adabaiknya backup dahulu seluruh file dan data yang ada di laptop ke hard disk atau flash disk.

11. Ganti HDD Dengan SSD

Laptop yang masih menggunakan HDD sebagai penyimpanan system dan aplikasinya akan memiliki kecepatan yang relatif lambat. Ada baiknya, kalian mengganti penyimpanan dari HDD ke SSD. Memang secara harga SSD jauh lebih mahal dibanding HDD. Namun kecepatan yang di berikan SSD akan membuat kalian terkejut karena akan laptop kalian akan jauh dari kata lemot dan lag.
Cara ini dijamin ampuh, karna akan membuat proses booting hanya beberapa detik saja dan laptop menjadi lebih rensponsif saat digunakan.

12. Gunakan Disk Deframent Tools

cara mengatasi laptop lemot yang satu ini mungkin jarang diketaui banyak pengguna laptop. Semakin banyak aplikasi yang terinstal dalam laptop maka akan semakin berat kerja laptop tersebut.
Kalian dapat memanfaatkan disk deframental tools yang terdapat pada control panel. Melalui tahapan analyze dan optimaze file kalian akan mengetahui seberapa banyak file junk atau sampah yang menyebabkan laptop kalian menjadi lemot.

Akhir Kata

Demikian lah beberapa cara mengatasi laptop lemot yang dapat kalian ikuti. Semua cara diatas sangat mudah untuk diikuti, dan sudah pernah saya lakukan dan terbukti ampung membuat laptop kembali ngebut. Namun, jika laptop kalian masih saja lemot maka sebaiknya membawanya ke service center resmi agar dilakukan pengecekan secara detail. Karena laptop yang lemot ada kemungkinan disebabkan karena adanya kerusakan yang tidak kalian sadari.

Apabila kalian ingin mencari artikel tentang bagaimana cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi , kalian bisa membaca artikel Cara mengatasi kamera tidak berfungsi di windows 10

Leave a Comment