Cara Cek Shutter Count Kamera Mirrorless dan Dslr Dengan Mudah dan Cepat

Apa itu Shutter Count?

Tahu kah kalian apa itu shutter count, shutter count adalah jumlah berapa kali tombol shutter kamera dipencet atau jumlah berapa kali kamera anda digunakakn untuk memotret. Lebih jelasnya berapa kali total tomboil shutter kamera anda ditekan atau di pencet untuk menghasilkan sebuah foto.

Hal ini sangat penting untuk anda ketahui, apalagi Ketika anda ingin membeli sebuah kamera DSLR atau Mirrorless. Dengan mengetahui berapa jumlah shutter anda dapat mengetahui kondisi kamera apakah masih bagus atrau sudah terlalu sering digunakan sehingga kondisinya sudah tidak bagus lagi.

Dan juga akan membantu anda mengetahui apakah kamera yang akan anda beli sudah terlalu Lelah atau terlalu sering digunakan, dari pengecekan shutter count tersebut anda akan mengetaui kinerja kamera tersebut apakah masih baik digunakan untuk jangka waktu yang lama atau tidak.

Mengapa penting mengecek jumlat shutter count sebelum membeli kamera DSLR atau Mirrorless?

1. sangat membantu kita Ketika kita akan membeli sebuah kamera DSLR atau Mirrorles bekas
Ketika kita membeli sebuahkmaera bekas memanglah mempunyai beberapa resiko, karena kita tidak akan tahu pengguna sebelumnya menggunakan kamera tersebut seperti apa dan seberapa sering. Tapi dengan melakukan pengecekan shutter count kita dapat mengetahui berapa jumlah kamera tersebut digunakan untuk mengambil gambar. Sehingga membantu anda mengetahui batas penggunaan kamera yang anda beli.

2. membantu anda untuk mengetahui batas waktu kamera yang akan anda beli bisa bekerja dengan baik. Sebaiknya anda menghindari ,membeli kamera yang sudah memiliki shutter count diatas 100.000. sebagai salah satu barang elektronik tentu sebuah kamera mempunyai batas waktu penggunaan. Bila sebuah kamera sudah mencapai batas jumlah shutter count yang ditentukan , maka kinerja kamera tersebut akan mulai menurun atau sering mengalami gangguan.

” Baca Juga : Ciri-ciri Lensa Kamera Yang Berjamur “

Berapa batas jumlah shutter count kamera DSLR dan Mirrorless?

1. jumlah shutter conut rendah: sebuah kamera memiliki jumlah shutter count rendah antara 0-10.000. kondisi kamera dengan jumlah shutter count ini masih lumayan bagus dan belum lama digunakan. Cocok untuk dibeli.
2. jumlah shutter count sedang: memiliki jumlah shutter count antara 10.000-30.000. kondisi kamera dengan jumlah shutter count seperti ini masih tidak terlalu buruk untuk di beli. Namun tetap harus lebih hati-hati pada saat mengunakan kamewra tersebut.
3. jumlah shutter count tinggi: memiliki jumlah 30.000 sampai tak terbatas atau melebihi 60.000 sudah dapat dikataka bahwa kamera tersebut sudah tidak layak untuk di beli. Karena kinerja kamerea tersebut tentu sudah sangat menurun dan kualitas gambar yang dihasilkan tentu sudah sudah berkurang.

Bagaimana cara cek jumlah shutter count kamera DSLR dan Mirrorless?

1. menggunakan EXIFTOOLS
Anda dapat dowmload program tersebut lalu extrak dan instal, setelah selsai proses penginstalan, jalankan program tersebut dan taik gambar dari hasil jepretan kamera anda agar dapat di proses.
Setelah itu program akan memebuat sebuah perintah Prompt dan muncul daftar informasi EXIF dari kamera anda.

2. gunakan EXIF Viewer
EXIF Viewer adalah sebuah web yang dapat anda gunakan untuk mengetahui informasi dari sebuah file atau foto RAW. Dalam sebuah file RAW memliki memliki banyak sekali informasi baiuk warna sampai jumlah shutter count pada kamera. Anda dapat membuka web dibawah ini untuk mencari seberapa banyak jumlah shutter count pada kamera anda dengan mengunggah file foto RAW anda.

http://regex.info/exif.cgi (gratis)

http://eoscount.com/ (berbayar)

http://nikonshuttercount.com/ (gratis)

http://camerashutter.com/ (gratis)

http://shuttercounter.com/ (gratis)

3. menggunakan PHOTOSHOP
Anda juga dapat menggunakan Photoshop untuk mengecek jumlah shutter count kamera. Caranya dengan membuka gambar di photoshop lalu klik fill kemudian klik file info. Lalu akan terbuka metadata utama dari gambar tersebut.

Kemudian untuk melihat jumlah shuttere count kamera, anda dapat kilk menu advance, lalu pilih https://ns.adobe.com/exif/1.0/aux lalu klik tombol + (tambah) lalu akan muncul tampilan jumlah shutter count kamera tersebut.

Kesimpulan

Hal yang paling penting sebelum membeli sebuah kamera bekas tentu anda harus melakukan berbagai pengecekan agar kamera yang anda beli tentu dapat berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan di kemuian hari. Maka dari itu melakukan pengecekan jumlah shutter count juga penting untuk mengetahui kondisi kamera tersebut apakah masih layak untuk di beli atau tidak. Semoah anda dapat menentukan kamera bekan yang akan anda beli dengan bijak dan teliti.

“Baca Juga : Cara Merawat Lensa Dan Sensor Kamera Agar Tidak Berjamur.
“Baca Juga : Cara Lengkap Membongkar dan Membersihkan Lensa Kamera dari Jamur “

 

2 thoughts on “Cara Cek Shutter Count Kamera Mirrorless dan Dslr Dengan Mudah dan Cepat”

  1. Pingback: URL

Leave a Comment