Ciri-ciri Lensa Kamera Yang Berjamur

Lensa kamera memang merupakan salah satu benda yang sangat penting untuk dapat mendukung kegiatan memotret sobat sehari-hari kamu. Apalah jadinya bila sobat memotret dengan kamera DSLR atau kamera Mirrorless kesayangan sobat tanpa menggunakan lensa kamera?

Lensa tentu memang tidak bisa lepas dari kamera. Hadirnya sebuah lensa pada sebuah kamera digital  ini, memang sudah merupakan suatu hal yang saling melengkapi dan tidak bisa dipisahkan. Jadi, apabila sobat tidak mempunyai lensa, maka sobat tidak dapat menggunakan kamera digital milik sobat. Tentu bila sobat bisa dapat memahami kalimat tersebut dengan baik dan benar, dapat dikatakan bahwa lensa kamera juga merupakan salah satu barang berharga, yang tentunya akan sangat terasa menyebalkan bila terjadi kerusakan atau hal-hal yang dapat mengganggu kerja lensa kamera kamu.

Kenapa Lensa Kamera Dapat Berjamur?

” Baca Juga : Cara Merawat Lensa Dan Sensor Kamera Agar Tidak Berjamur. “

” Baca Juga : Cara Lengkap Membongkar dan Membersihkan Lensa Kamera dari Jamur “

Ada salah satu penyebab kinerja lensa kamera tidak dapat maksimal dalam berfungsi yaitu dikarenakan adanya jamur yang hadir di optic lensa kamera sobat

Jamur pada lens aini sendiri dapat terjadi atau  muncul karena ada beberapa alasan. Dan alasan yang paling banyak dia alami sobat  tidak lain karena tingkat kelembapan tinggi yang ada di sekitar lensa kamera sobat. Jadi, apabila sobat menyimpan lensa kamera di tempat yang mempunyai kelembaban tinggi atau ditempat yang dingin dan  tidak cukup kering atau lembap, biasanya dalam beberapa  hari, sobat dapat langsung menemukan adanya sbuah titik atau bibit jamur pada lensa sobat.

Selain itu, bila kamera sobat pernah pernah terkena air pun bisa juga menjadi salah satu alasan mengapa lensa kamera sobat berjamur atau muncul bibit jamur. Oleh sebab itu, bila sobat akan membawa kamera ke tempat yang memiliki sumber air atau ketempat yang memiliki kelembaban yang tinggi, seperti halnya pantai, sungai, ataupun daerah air terjun yang berpotensi jerjadinya cipratan air kepermukaan lensa, usahakan sobat untuk menggunakan pelindung pada lensa serta kamera bila kamera sobat belum terdapat waterproof agar terlindung dari kelembaban dan cipratan air dari lingkuran sekitar.

Lalu, bagaimana cara mencari tahu lensa kamera yang berjamur?

Tentu ada hal yang paling mudah bagi sobat untuk merasakan  bahwa ada gangguan pada saat terdapat objek asing yang mengganggu pada lensa sobat dikala sobat sedang memotret  atau pada saat selesai memotret, sobat akan menemukan bahwa hasil foto yang sobat ambil nampak berbeda dari sebelumnya. Biasanya akan ditemukan blur pada bagiam gambar dan berkurangnya ketajaman gambar atau foto yang diambil.

Bila foto yang sobat ambil ternyata nampak tidak tajam pada saat di zoom pada layar, tidak selalu jamur yang menjadi penyebab kurang jelasnya gambar hasil foto sobat. Jadi, sobat perlu dapat mencoba beberapa Teknik potretan foto, dan sobat dapat langsung mengamati apakah terdapat bintik-bintik putih pada hasil foto sobat atau biasanya karena ada jamur pada lensa sobat dapat membuat hasil foto sobat nampak buram atau berkabut.

Jamur Membuat Kerja Fokus Lensa Menjadi Lebih Lambat?

Hal ini tentunya saja sangat mungkin terjadi pada kamera dan lensa sobat, karena jamur merupakan sebuah makhluk hidup yang dapat berkembang dan meluas yang sebenarnya yang seharusnya tidak berada di dalam lensa. Namun, karena ada bagiahndari lensa kamera yang lembab maka disitulah jamur dapat muncul dan berkembang. Bila jamur tumbuh di dekat ring fokus lensa, tentu saja akan dapat menghambat kerja fokus lensa sobat sehingga bisa menjadi lebih lambat dan kurang makasimal.

Jamur Juga Dapat Muncul di Viewfinder?

Saat sobat akan memotret dengan melihat pada jendela bidik atau biasa juga disebut sebagai viewfinder, sobat biasanya akan menemukan atau melihat bahwa pandangan sobat saat memotret akan  terganggu karena terhalangi oleh objek asing berupa jamur itu sendiri. Biaasanya jamur pada viewfinder ini tidak bisa dibersikan karena sangat rawan dan sulit untuk membongkar dan membersihkannya.

“Baca Juga : 3 Penyebab Lensa Macet Pada Kamera Digital Dan Kamera ” 

Kesimpulan:

Bila Jamur yang ada di lensa sobat masih dikategorikan cukup ringan, maka jamur tersebut dapat dibersihkan dengan cukup mudah, apalagi jika sobat sudah punya pengalaaman dalam hal membersihkan jamur pada lensa sobat, tapi lebih dirikomendasikan lensa sobar dibawa ke Service Center supaya lebih aman dan dapat berfungsi dengan normal. Namun, akan berbeda bila jamur yang terdapat pada lensa sobat sudah parah atau sudah banyak menutupi bagian permukaan lensa dan sudah mngereak.

Sobat , sekali lagi, tetap jaga lensa sobat supaya tetap kering dan selalu perhatikan tempat penyimpanan yang sobat pakai pastikan dalam keadaan kering. Dan jangan tunggu sampai jamur menginvasi lensa kamera sobat, dan bila jamur sudah terlihat muncul di lensa kamera sobat ke tangan yang berpengalaman.

9 thoughts on “Ciri-ciri Lensa Kamera Yang Berjamur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *