Cara Mengompress Video Dan Foto Dengan HP Android

Kalian ingin bagaaimana cara menghemat memori yang sudah penuh dengan foto dan video berkualitas besar?  Kalian dapat mencoba cara kompres video yang mudah melalui laptop dan HP kalian. Pastikan selalu caranya benar sehingga pada saat sudah di kompress kualitas videonya akan tetap bagus dan tidak mengalami penurunan. Ada beberapa cara yang tentunya dapat kalian pilih. Yaitu mulai secara online hingga dengan cara offline. Baik itu dengan menggunakan sebuah  aplikasi maupun tanpa aplikasi apapun.

Pada kesempatan kali ini, kami sengaja akan membahas beberapa Langkah-langkahnya agar kalian dapat mengompress foto atau video kalian dengan tetap mempertahankan kualitas gambar. Selamat menyimak teman-teman.

 

Cara Kompres Video dan Foto di HP

Cara yang paling termudah yang bisa kalian lakukan untuk mengompres  sebuah video dan foto  adalah dengan melakukannya dengan smartphone atau HP. Kalian dapat melakukannya dari HP android dan iPhonenyang kalian pakai, tergantung perangkat apa yang kalian gunakan saat ini.

Cara kompres video di android tanpa aplikasi (via situs online)

Ini adalah opsi pertama yang dapat kalian lakukan saat kalian ingin mengompres sebuah video dan foto dengan tetap mempertahankan kualitasnya adalah melalui situs online. Di internet terdapat banyak sekali situs online yang menyediakan layanan untuk mengompress sebuah video dan foto, di antaranya sebagai berikut:

  • Freeconverter.com.
  • Clideo.com.
  • Videi2edit.com.
  • Compress2go.com.
  • Mp4compress.com.
  • Fileconverto.com.
  • Clipcompress.com
  • Videocoverter.com, dll.

Dan masih banyak situs online lain yang dapat kalian manfaatkan dengan baik. Cara memanfaatkannya juga sangatlaj mudah dilakukan dan tidak memerlukan cara yang rumit. Cukup kalian dapat  menggunakan browser yang ada di HP android masing-masing kalian. Dan saran kami, kalian dapat pakail Google Chrome atau Mozilla Firefox agar lebih mudah pada saat mengompress foto dan video kalian. Lalu Saat situsnya sudah bisa terbuka, kalian tinggal memasukkan file yang akan kalian kompres. Artinya, sebelum kalian memulai proses pengompressan, usahakan file yang akan dikompress  sudah siap di galeri HP kalian ya. Jadi nanti pada saat memilih file, videonya sudah siap untuk dikompres dan tidak perlu untuk mengedit atau mecari videonya lagi.

Sebagai informasi tambahan, masing-masing  dari situs tersebut biasanya juga mempunyai batasan ukuran file yang dapat di kompress. Beberapa situs misalnya Freeconvert misalnya, yang memiliki ketentuan maksimal ukuran video yaitu 1 GB. Oleh sebab itu, kalian harus selalu memperhatikan ketentuan ini dengan baik agar bisa mengompres dengan tepat dan cepat.

Pakai aplikasi kompres video di android

Lalu apabila kalian mempunyai memori yang cukup besar di HP dan kalian tidak keberatan untuk memakainya buat menginstal beberapa aplikasi dari pihak ketiga, maka kalian dapat mencoba untuk menggunakan aplikasi kompres video atau foto  yang sudag banyak disediakan di Plasy Store. Beberapa aplikasi ini juga tersedia sangat banyak di Play Store. Dan salah satunya adalah Apliksi Video Compressor – Fast Compress Video & Photo. Sesuai dengan nama aplikasi tersebut, Aplikasi ini juga tidak hanya dapat dipakai mengompres video saja, tetapi juga dapat digunakan untuk mengompress foto. Tersedia juga beberapa fitur-fitur  untuk mengubah file ke MP4, lalu melakukan pemotonganpada video, dan hingga ekstraksi suara yang ada di sebuah video menjadi audio Mp3. Sebagai Intinya, aplikasi tersebut cukup multifungsi.

Terlebih juga bebrapa aplikasi ini penggunaannya juga sangat mudah. Kalian juga  dapat langsung memasukkan file, dan kemudian dalam sekali klik semuanya akan beres. Pengguna dapat memilih berapa ukuran file hasil kompresnya juga. Video Compressor ini juga mempunyai banyak review yang cukup bagus di Play Store. Bintang yang diperoleh lebih dari 4 dengan total unduhan yang lumayan banyak di Play Store.

Bila kalian akan mencoba aplikasi yang  lainnya, masih banyak beberapa opsi yang lain seperti:

  1. Video Compressor – Compact Video (MP4, MKV, MOV, AVI).
  2. Video Compressor & Converter – Fast Compress Video (selalu pertahankan kualitas).
  3. Video Compressor Panda: Resize & Compress Video.
  4. Tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan pribadi. Penyesuaiannya bisa berdasarkan jenis file videonya hingga kualitas yang dihasilkan dan fitur pendukungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *