3 Penyebab Lensa Macet Pada Kamera Digital Dan Kamera Poket. Waspada!

Lensa Kamera Digital Macet – Kamera digital kini memiliki berbagai bentuk yang ringkas dan simple dan tentunya ringan untuk diawa kemana-mana, tidak perlu menggunakan tas yang besar atau tempat yang besar untuk membawanya, dimasukan kedalam kantong baju pun juga bisa, artinya dengan berukuran seperti itu sangat mudah untuk dibawa kemana-mana dan tidak menyulitkan para pengguna untuk membawanya, walau ukurannya yang kecil tetapi kalian tidak bisa mengganggap remeh deengan hasilnya pada saat digunakan untuk memotret.

Pengguna kamera digital di era sekarang ini bisa terbilang sangatlah cukup banyak karena kebanyakan orang lebih menyukai tipe kamera yang nyaman dan mudah dibawa kemana pun mereka pergi tanpa memakan tempat yang banyak. Nah inilah salah satu nilai plus dari kamera digital yang berukuran kecil atau mini, meski sudah beredar banyak jenis kamera baru dan besar seperti dslr, mirrorless dan yang lainnya, namun tipe kamera kecil ini tetap banyak penggemarnya didunia fotografi terutama untuk kalian yang hobby traveling ketempat-tempat jauh kamera ini sangat nyaman untuk dibawa.

Dengan ukuran yang tentu lebih kecil bila dibandingkan dengan kmaer DSLR atau Mirorrless, hasil dari kamera ini juga tidak beda jauh dengan kamera pada era jaman sekarang yang mempunyai body lebih besar dan spesifikasin dan fitur-fitur nya pun juga banyak spek barunya.

Namun ada beberapa masalah yang sering terjadi pada lensa kamera digital yaitu terjadi pada lensanya sering macet pada saat kalian mulai menyalakan kameradan lensa  yang tidak bisa keluar atau pun masuk, sehingga ketika dinyalakan akan ada tulisan error yang tertera pada layer kamera. Hal ini biasa terjadi pada kamera yang waktu penggunaanya sudah terbilang cukup lama.

Arti error yang muncul di layer  tersebut memberi tahu bahwa ada sebuah masalah pada lensanya yang membuat lensa macet tidak bisa keluar, hal ini tidak akan bisa direset ataupun dimatikan untuk diganti baterai coba dimatikan ulang dan nyalakan lagi namun tetap saja lensa tetap tida bisa bergerak atau macet, masalah pemberitahuan errornya akan tetap terus keluar pada layar.

Untuk kalian yang sering mengalami dan mempunyai masalah seperti itu maka sebaiknya kalian langsung membawa kamera kalian ke teknisi servis khusus kamera atau lebih baik ke service center dari brand kamera tersebut.

 

Ada Beberapa Penyebab Dari Lensa Kamera Digital Yang Macet, Yaitu:

1. Ada Retakan Pada Lensa

Adanya sebua retakan atau ada salah satu kebl yang putus pada rangkaian bagian dalam yang menghubungkan antara lensa ke mesin utama yang mengakibatkan lensa tidak tersambung dan tidak bisa digerakan atau macet.

2. Kerusakan Motor Pada Lensa

Lalu dapat juga sebuah kerusakan pada motor lensa tersebut sehingga lensa akan berhenti bekerja walau kamera dalam keadaan hidup hal ini sering terjadi karena beberapa factor yaitu: umur kamera yang sudah terlampau lama, terdapat banyak seklai kotoran yang terdapat didalam lensa, beberapa factor tesebut sering kali menjadi sumber masalah, mengapa motor lensa mengalami kerusakan.

3. Terdapat Jamur Yang Parah Pada Lensa

Selanjutnya, ini tentunya juga snagat penting bagi kalian yang menggunakan barang elektronik atau menggunakan kamera dan lensa apapun. Kalian harus selalu waspada dengan factor yang satu ini yaitu: jamur pada lens ini sering dialami oleh banyak sekali pengguna kamera atau lena diluar sana, bila terus dibiarkan begitu saja maka yang akan gterjadi adalah jamur tersebut semakin menyebar kebagian lensa yang lain, bahkan yang paling buruh bila jamur tersebut sampai menyebar ke bagian sensor pada kamera kalian, akan lebih sulit dibersihkan bila jamur ini sudah tumbuh pada jenis kamera digital yang lensanya tidak bisa diganti-ganti karena untuk proses pembersihan jamur ini akan lebih rumit kaeran harus membongkar bagian kamera dan lensa. Usahakan kalian menyimpan kamera kalian dalan ruangan yang kering dan tidak lembab.

Kesimpulan:

Tiga masalah tersebut yang selama ini banyak  dihadapi dan sering terjadi pada para pengguna kamera, jadi untuk kalian yang pernah mengalami masalah ini, kalian bisa langsung membawanya ke tempat service atau ke Service Center.

2 thoughts on “3 Penyebab Lensa Macet Pada Kamera Digital Dan Kamera Poket. Waspada!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *