Cara Membersihkan Kamera Depan Hp Yang Buram Dan Tergores

Pada jamaan sekarang kamera pada sebuah hp merupakan komponen yang sangat penting. Bahkan kamera pada smartphone saat ini sudah dibekali berbagai fitur yang setara dengan kamera digital pada umunya. Namun, kamera hp ternyata tidak luput dari masalah debu, kotoran dan buram goresan yang bisa mempengaruhi hasil jepretan. yuk langsung simak ulasan cara membersihkan kamera depan hp yang buram dam tergores dibawah ini.

Ponsel yang sudah lama dipakai biasanya akan mempunyai bekas pemakain seperti goresan pada body dan pada kameranya. Goresan pada kamera tentu akan membuat hasil foto menjadi buran dan tidak jelas. Hal ini sangat mungkin terjadi apabila anda tisak bisa menjaga lensa kamera hp dengan baik, yang menyebabkan kualitas hasil foto menurun.

Lalu bagaimana cara membersihkan kamera depan hp yang buram supaya tetap dapat mengasilkan foto yang baik. Kali ini ischakfotografi.com akan memberikan penjelasan mengenai penyebab kamera depan buram dan cara membersihkan lensa kamera depan yang buram dan tergores.

Penyebab Kamera Depan Hp Menjadi Buram

1. Debu Didalam Lensa

Salah satu penyebab yang utama yakni debu, hal ini sering terjadi karena anda sering meletakan smartphne di sembarang tempat, sehingga kotoran dan debu sekitar masuk kedalam kamera depan dan mengotori lensa kamera depan. Tentu anda harus sering memperhatikan dan menjaga kebersihan kamera depan hp anda.

2. Tergores

Akibat penggunaan hp yang tidak ramah tentu akan membuat ponsel mengalami banyak goresan, goresan pada kamera juga sangat berpengaruh pada hasil gambar yang diambil. Kami sarankan untuk selalu menggunakan casing tambahan untuk melindungi kamera depan hp anda supaya tidak mudak tergores ketika di letakan di tempat yang datar.

3. Kamera Berembun

Lingkungan yang dingin dan berembun juga menjadi penyebab kamera depan hp menjadi buram, kamera depan yang tertrutupi mebun tentu membuat hasil foto menjadi buram dan tidak jelas. Ruangan yang ber ac dan lereng gunung juga sering menjadi penyebab masalah ini.

4. Terkena Air

air yang tidak sengaja masik kedalam kamera depan hp akan menyebabkan lensa kamera menjadi buram dan tertutupi air, sehingga berdmpak pada hasil foto yang terlihat buram dan blur.

5. Minyak Dan Sidik Jari

Cara Membersihkan Kamera Depan HP Yang Buram

Pada saat anda ingin melakukan pembersihan kamera depan hp yang buram, maka perlu dilakukan secara hati-hati. Supaya kualtias kamera teteap terjaga dan tidak malah menimbulkan goresan baru. Dibawah ini penjelasan mengenai cara membersihkan kamera depan hp yang bran dengan benar. Yuk simak ulasanya berikut ini.

1. Memakai Pasta Gigi atau Odol

Cara ini mungkin terdengar cukup aneh, namun car aini terbukti ampuh mengatasi kamera depan hp yang buram dan tergores. Langah ini bisa membantu mengembalikan kamera depan hp yang buram menjadi bersih dan jelas kembali. Usahakan anda menggunakan pasta gigi berwarna putih agar hasilnya maksimal. Berikut cara membersihkan kamera depan hp yang buram dan tergores:

  • pertama-tama siapkan pasta gigi warna putih dan kain halus
  • selanjutnya anda oleskan sedikit saja pasta gigi ke kain halus tersebut
  • kemudian usapkan secara perlahan kain yang sudah dioles dengan pasta gigi tersebut ke kamera depan hp anda.
  • usapkan secara perlahan dengan Gerakan memutar lalu diamkan beberapa menit
  • apabila sudah selsai lalu bersihkan menggunakan tisu basah dan diamkan hingga benar-benar kering

2. Menggunakan Minyak Kayu Putih

Cara kedua membersihkan kamera depan hp yang buram dengan mengoleskan minyak kayu putih.
Minyak kayu putih tanpa anda sadari ternyata mampu berfungsi untuk membersihkan goresan dan debu pada kamera. yuk simak cara dibawah ini:

  • masih sama dengan cara yang pertama siapkan kain halus dan minyak kayu putih
  • lalu teteskan sedikit minyak pada permukaan kain
  • upsap bagian kamera depan yang tergores dengan kain secara perlahan dan hati-hati
  • pastikan benar-benar bersih. Kemdian bersihkan sisa minyak dengan tisu atau kain halus yang kering.

3. Menggunakan Alkohol

Cairan alkohol juga mampu membersihkan kamera depan hp yang buram, cara kerjanya hampir sama dengan minyak kayu putih. Yakni membersihkan permukaan kamera yang kotor dan kembali jernih. Dibawah ini cara membersihkannya:

  • siapkan cairan alkohol dan kain tisu
  • alu basahi sedikit bagian tisu lalu gosok secara perlahan permukaan kamera depan yang buram.
  • kemudian bersihkan sisa alkohol dengan tisu kering, maka secara perlahan kamera depan akan kembali jernih

4. Bersihkan Dengan Selotip

Trik membersihkan selanjutnya menggunakan selotip. Selotip yang mempunyai sitem perekat mampu mengangkat kotoran dan debu yang menyebabkan kamera depan hp menjadi buram. Berikut ini cara menggunakanya:

  • pertama siapkan dulu selotip secukupnya
  • potong sekitar 5 – 10 cm
  • lalu tempelkan selotip pada permukaan kamera dan pastikan menempel dengan sempurna.
  • selanjutnya cabut selotip tersebut secara perlahan sampai kamera depan hp anda bersih kembali

Anda dapat mengulang cara ini beberapa kali sampai kamera depan dinilai sudah bersih dari kotoran debu dan goresan. dan usahakan pada saat anda menempelkan selotip tangan anda tidak menempel pada bagian perekatnya. Apabila tangan anda menempel pada bagian perekatnya maka akan semakin mengotori kamera depan hp anda.

5. Memakai Cairan Pembersih

Jika dirumah anda memiliki cairan pembersih atau antiseptic. Maka dapat anda gunakan untuk memberssihkan kamera depan hp yang buram, namun teliti dahulu bahan cairan tersebut apakah mengandung bahan aditif atau tidak yang malah bisa merusak coating lensa kamera hp anda.

Cara melakukanya masih sama, yakni gunakan kain halus atau microfiber kemudian semprotlkan sedikit saja pada kain, lalu usapkan pada permukaan kamera secara perlahan sampai bersih, kemudian keringkan dengan kain microfiber.

6. Ganti Penutup Lensa

Apabila anda sudah melakukan cara-cara diatas namun kamera depan masih buram. Anda bisa mengganti bagian penutup lensa, dengan menlepas bagian penutup dengan silet atau pinset, anda harus sangat hati-hati ketika sedang melepas lapisan penutup lensa. Jangan sampai malah menimnulkan goresan baru pada perbukaan lensa. Cara ini bisa anda lakukan sendiri dirumah dengan mudah.

Apabila kalian ragu untuk malkukannya sendiri, lebih baik membawanya ke tukang service. Sengan begitu anda tisak perlu menggantinya sendiri dan tentu akan lebih aman ditangan ahlinya.

Akhir Kata

Demikian penjelasan dari Ischakfotografi.com mengenari cara membersihkan kamera depan hp yang buram, usahakan selalu rutin membersihkam kamera depan hp anda agar terhindar dari masalah yang lebioh serius. Semoga artikel diatas dapat berguna dan membantu mengatasi masalah kamera depan ponsel anda. Sekian dan terimakasih.

apabila kalian ingin membaca artikel tentang cara membersihkan goresan pada kamera DSLR. kalian bisa simak artikel Cara Menghilangkan Goresan Pada Lensa Kamera Dslr

Dan terimakasih sudah membaca artikel di web ischakfotografi.com

Tinggalkan komentar