Cara Menghilangkan Goresan Pada Lensa Kamera Dslr

Cara Menghilangkan Goresan Pada Lensa Kamera Dslr-Anda sering mengeluhkan hasil foto kamera dslr yang selalu buram, padahal kamera anda merupakan kamera dengan kualitas terbaik. Kemungkinan ada yang bermasalah dengan lensa kamera anda.  entah itu kotor, berjamur, atau tergores (baret) sehingga sensor kamera kesulitan untuk memfokuskan objek dan menghasilkan foto yang yang tidak tajam.

Penyebab goresan ini pun bermacam-macam, bisa jadi karena terbentur, atau tergores sesuatu saat dimasukan kedalam tas atau tempat penyimpanan. Adapula baret yang diakibatkan karena gesekan dengan objek yang sangat kecil. Missal, pasir dan debu mikro.

Lalu bagaimana cara menghilangkan goresan pada lensa kamera dslr. Berikut ini adalah cara yang dapat anda lakukan untuk mengilangkan goresan pada lensa kamera dslr anda.

Cara Menghilangkan Goresan Pada Lensa Kamera Dslr

Untuk bisa menyelsaikan masalah ini.  anda harus menyiapkan beberapa peralatan yang dapat membantu membersihkan lensa kamera dari goresan.  peralatan ini sangat mudah didapatkan karena banyak dijual di toko-toko kamera terdekat, peralatan yang digunakan yakni.

  1. Blower
  2. Brush
  3. Lenspen
  4. Microfiber Cloth
  5. Cairan Pembersih

Langkah Membersihkan Goresan Lensa Kamera Dslr

Goresan pada lensa umunya terletak pada permukaan bagian luar lensa.  sehingga masih memungkinkan anda untuk membersihkan tanpa perlu membongkar lensa tersebut. anda hanya perlu kehati-hatian dan konsentrasi supaya tidak menimbulkan gorean pada permukaan yang lain. Yuk simak caranya dibawah ini.

1. pertama.  tiupkan blower pada permukaan lensa untuk memastikan tidak ada debu atau kotoran yang masih tertinggal dipermukaan lensa. Usahakan posisikan lensa menghadap kesamping atau kebawah, supaya debu atau kotoran yang tertiup tidak menempel di permukaan yang lain. Lakukan cara ini sampai benar-benar tidak ada kotoran dan debu yang menempel.

2. kedua.  gukankan brush untuk menyapu kotoran dan debu yang susah terangkat dengan blower, usapkan secara melingklar dan perlahan agar permukaan lensa tetap terjaga.

3. yang ke tiga.  gunakan lenspen untuk mengusap bagian permukaan lensa yang tergores dengan Gerakan memutar dari bagian tengah perlahan kebagian luar.

4. yang terakhir gunakan cairan pembersih. semprotkan cariran pembersih pada peremukaan lensa ( usakan memberi jarak semprot 20cm).  jangan terlalu banyak agar tidak meluber mengenai bagian belakang lensa. kemudian gunakan kain microfiber cloth untuk membersihkan cairan pembersih yang disemprotkan tadi. usakan usap secara perlahan dengan Gerakan memutar sampai benar-benar bersih dan kering.

Akhir Kata

Setelah anda sudah mengikuti cara membersihkan goresan pada lensa kamera dslr.  kemudian diamkan sejenak hingga permukaan lensa kering sempurna dan bersih dari goresan. usahakan penuh kehati-hatian karena lensa kamera adalah barang yang tidak murah.
Selalu jaga dan rawat kamera dan lensa anda.  karena goresan sekecil apapun apabila tidak segera di tangani akan berdampak lebih besar di kemudian hari. semoga artikel mengenai cara membersihkan goresan pada lensa kamera dslr ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terimakasih.

apabila kalian ingin membaca artikel tentang cara membersihkan lensa kamera berjamur. kalian bisa simak artikel Cara Merawat Lensa Dan Sensor Kamera Agar Tidak Berjamur.

Dan terimakasih sudah membaca artikel di web ischakfotografi.com

Tinggalkan komentar