Cara Memperbaiki Ic Audio Iphone 6/7/8 Series

Kasus speaker rusak dimana suara ringtone normal, namun ketika digunakan untuk telfon dll tidak ada suara, dan icon loudspeaker telfon berwarna abu-abu tidak bisa dipencet. Sehingga dapat di prediksi ada maslaah pada IC audio. Nah, langsung saja simak ulasanya mengenai cara memperbaiki ic audio iphone 7 series.

Speaker iphone yang tiba tiba mengalami kerusakan memang kadang membuat anda bingung. Apalagi ketika anda sengan ingin menggunakanya untuk telfon atau mendengarkan musik. Saat ini banyak terjadi kerusakan speaker iphone yang dikaibatkan dari beberapa faktor, diantaranya sering terjatuh, terbentur, dan penggunaan speaker aktif yang menyerang Ic audio iphone.

Kasus ini ternyata terjadi pada hamper semua seri iphone yang beredar dipasaran. Kerusakan ini sangat mengukin terjadi karena penggunaan speaker aktif yang asal-asalan dan penggunaan yang tidak hati hati.

Cara Memperbaiki Ic Audio Iphone 7 Series.

1. Bongkar iphone

Langkah pertama yakni, bongkar iphone untuk memastikan apakah kerusakan bersumber pada IC audio atau bukan.

2. Lepas Komponen IC Audio

Kemudian, pisahkan bagian IC audio dari dudukan iphone, supaya anda bisa lebih mudah melakukan pengecekan pada IC audio

3. Perbaiki Solderan Ic Audio

Selanjutnya, buka bagian hitam yang menutupi IC audio dan periksa solderan kaki IC dibawahnya, apabila terlihat solderan kaki terlepas atau tidak menempel, anda bisa memanaskan IC dengan blower untuk memperbaiki solderan kaki IC dibawahnya.

4. Tambahkan Flux

Jangan lupa untuk menggunakan Flux agar panas blower dapat merata.

5. Panaskan Ic

Lalu, gunakan blower untuk memanaskan IC sehingga timah kaki IC bisa digeser-geser

6. Cek dan Bersihkan Board

Jangan lupa untuk membersihkan bekas flux dan dinginkan ic audio tersebut, lalu cek posisi komponen untuk memastikan tidak ada yang short.

7. Rakit Kembali Ic Audio

Apabila sudah selesai, selanjutnya rakit kembali dengan teliti.

8. Nyalakan Iphone Dan Cek Audionya

Cek sound satu persatu, dan cobalahn untuk menelpon dan memutar music

Akhir Kata

Itu tadi cara memperbaiki ic audio iphone 7 yang rusak, cobalah untuk memperbaikinya sendiri sebelum mebawanya ke tukang service untuk mengganti ic audio yang baru. Dengan cara sederhana tadi saya harap anda bisa memperbaikinya sendiri dan lebih berhati-hati ketika anda menghubungkan iphone dengan speaker eksternal. Usahakan selalu menghubungkan via Bluetooth agar meminimalisir kerusakan pada ic audio. Sekian dan terimakasih. Semoga artikel kali ini bermafaat bagi anda.

apabila kalian ingin membaca artikel tentang cara memperbaiki kamera bergetar iphone. kalian bisa simak artikel Cara Mengatasi Kamera Iphone Bergetar Iphone 6/7/8

Dan terimakasih sudah membaca artikel di web ischakfotografi.com

Tinggalkan komentar