Cara Membersihkan Kacamata Yang Buram Dan Tergores Serta Penyebabnya

Kacamata yang buram dan banyak goresan pasti membuat penglihatan menjadi tidak enak. Pada kesempatan ini Ischakfotografi.com akan membagikan tips mengenai cara membersihkan kacamata yang buram dan tergores. Agar dapat kembali nyaman dipakai. Simak saja penjelasan di bawah ini ya.

Lensa kacamata yang buram di sebabkan oleh beberapa faktor yakni, debu yang melekat, terjatuh, tidak pernah dibersihkan, dan bekas air yang mengering bisa membuat kacamata anda menjadi buram dan sanghat menggangu pengelihatan.

Kebiasaan membersihkan kacamata yang tidak benar juga bisa menjadi penyebab lensa kacamata menjadi buran dan tergores. Mungkin anda sering meniup lensa dengan uap mulut dan menggosok lensa dengan baju atau kasin yang kasar. Tentu hal itu akan membuat kacamata menjadi buram dan tergores. Karena cara tersebut hanya akan membuat lensa kacamata menjadi rusak dan tidak enak ketika di pakai melihat.

Kali ini ischakfotografi.com akan memberi penjelasan lengkap mengenai penyebab lensa kacamata buram dan cara membersihkan kacamata yang buram. Anda bisa membaca poin-poin di bawah ini untuk menemukan cara membersihkan kacamata anda.

Penyebab Kacamata Buram Dan Tergores

Kacamata meruapakan barang yang rentan tergores dan kotor, hal ini akan sangat mungkin terjadi apabila anda tidak mengerti cara merawat dan penyebab apa saja yang membuat kacamata anda gampang tergores dan buram. Yuk simak apa saja penyebabnya di bawah ini.

1. Terjatuh

karena kacamata merupakan barang yang ringan makan sangat mudah sekali terjatuh ketidak tisak sengaja tersenggol, apalagi jika terjauh di tempat yang kasar atau keras sudah pasti aka membuat kacamata tergores dan kotor.

2. Bekas Sidik Jari

Pasti anda sering menjumpai lensa kacamata yang anda gunakan terdapat bekas sidik jari yang menempel di lensa. dan anda  merasa tidak nyaman ketika mengenakannya. Usahakan untuk tidak menyentuh bagian lensa kacamata supaya tidak ada bekas  sidik jari yang tertinggal, yang akan menyebabkan kacamata menjadi buram

3. Mengantongi Kacamata

Sebagian orang memang tidak terlalu perduli dengan cara menimpan kacamata yang baik dan benar. Sering di dapati mereka asal memasukan kacamata kedalam kantong celana atau baju yang sempit. Tentu cara ini akan membuat lensa menjadi tergores, apabila kebiasaan ini sering dilakukan. Usahakan untuk membawa kotak kacamata supaya kacamata anda berada di tempat yang sesuai dan aman dari goresan.

4. Bekas Air Yang Mengering

Anda mungkin sering lupa melepas kacamata ketika sedang mandi atau berenang, bekas air yang tersisa di kacamata setelah anda selesai mandi atau berenang akan mengering dan meninggalkan bekas pada lensa kacamata. Bekas ini sedikit susah untuk di bersihkan, anda harus menggosok menggunakan kain halus untuk bisa membersihkan bekas air yang mengering ini.

5. Terkena Cipratan Minyak

Penyebab yang satu ini pasti banyak di rasakan orang-orang ketika sedang memasak atau sedang makan-makanan kuah yang mengandung minyak. Terkadang cipratan dari kuah makanan sering terkena lensa kacamata dan membekas ketika di usap dengan kain atau tangan. Pasti sangat menggangu bukan. Untuk membersihkanya anda perlu mencuci kacamata dengan sabun dan keringan kan dengan kain kering.

Cara Membersihkan Kacamata Yang Buram Dan Tergores

Apabila anda sudah peham mengenai penyebab kacamata buram dan tergores, selanjutnya anda harus mengerti cara membersihkan noda buram dan goresan pada lensa kacamata. Supaya hal ini tidak terjadi lagi pada kacamata milik anda. Yuk langsung simak caranya dibawah ini.

1. Rendam Dengan Sabun Cuci Piring

Cara ini terbukti ampuh menghilangkan bekas goresan dan buram pada kacamata. Cara yang tidak gampang untuk anda praktekan sendiri dan juga menggunakan bahan yang gampang di dapatkan. Berikut ini cara membersihkannya:

  • tuangkan sedikit sabun cuci piring kedalam wadah yang terisi air
  • kemudian rendam kacamata selama 5 menit
  • lalu bersihkan lensa kacamata menggunakan tisu basah, usahakan usap secara perlahan lensa bagian depan dan belakang
  • selanjutnya bilas kacamata mengunakan air mengalir sampai benar-benar bersih

2. Menggunakan Baking Soda

Bahan yang biasa di gunakan untuk membuat kue ini ternyata mampu menghilangkan bekas goresan dan buram pada lensa kacamata. Dengan cara mencampurkan air dengan baking soda, kemudian gunakan kapas yang sudah di basahi carian baking soda tadi untuk membersihkan bekas goresan pada lensa kacamata anda.

3. Menggunakan Pasta Gigi

Pada sebuah pasta gigi memang terdapat bahan yang berfungsi untuk memutihkan dan membersihkan gigi. Namun, pasta gigi juga bisa anda gunakan untuk membersihkan bekas goresan pada lensa, dengan cara mencampurkan sedikit pasta gigi kedalam air, lalu basahi kain atau tisu dan usap secara perlahan pada lensa yang tergores. Setelah itu bilas kacamata dengan air mengalir.

4. Gunakan Cairan Pembersih Kaca

Cairan permbersih ini tak hanya berguna untuk membersihkan kaca jendela saja. Tetapi bisa juga digunakan untuk kacamata. Cairan pembersih kaca ini mampu memberikan kelembaban pada lensa dan mampu menghilangkan goresan-goresan pada lensa. Anda bisa meneteskan sedikit cairan ini pada kain halus kemudian usap secara perlahan pada lensa kacamata anda. Setelah selesai bilas dengan air mengalir sampai benar-benar bersih.

5. Gunakan Kain Microfiber

Ini adalah cara yang paling cepat di lakukan, anda hanya membutuhkan sehelai kain microfiber untuk membersihkan kacamata yang buram. Hanya dengan mengusap lensa secara perlahan dengan Gerakan memutar sampai kotoran pada lensa hilang dan lensa kembali jernih.

Kapan Harus Membersihkan Kacamata

Untuk mengindari kotoran dan goresan yang sulit di bersihkan. Sebaiknya anda setiap hari membersihkan kacamata. Karena hampir setiap hari debu, kotoran, sidik jari dan minyak akan menempel pada lensa kacamata anda. Apabila tidak segera dibersihkan maka kotoran yang menumpuk akan menimbulkan kerak, yang biasanya sering terlihat pada bagian pinggir lensa.

Maka dari itu, sebaiknya anda membersihkan kacamata setiap sore hari setelah selesai digunakan beraktivitas.

Akhir Kata

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai cara membersihkan kacamata yang buram dan tergores serta penyebabnya. Sekarang anda harus lebih berhati-hati dan lebih rutin merawat kacamata anda. Walau merupakan barang yang kecil dan tidak terlalu berharga. Namun, lebih baik kita mulai merawat kacamata supaya tetap awet dan nyaman dipakai. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan membantu anda mengatasi masalah kacamata yang buram dan tergores. Sekian dan terimakasih.

apabila anda mencari artikel mengenai cara mengatasi camera failed di google meet. silahkan anda simak artikel Cara Mengatasi Camera Failed Di Google Meet

Tinggalkan komentar