Cara Mengatasi Hp Iphone Panas Dan Boros Baterai

Untuk kalian para pengguna iphone pasti sudah tidak asing dengan hp yang cepat panas. Nah kali ini saya akan membagikan beberapa cara mengatasi hp iphone panas, buat kalian yang penasaran yuk langsung simak artikel dibawah ini.

Hp iphone bisa cepat panas bukan tanpa penyebab. hal ini bisa terjadi karena ada masalah pada ponsel tersebut. Walau dikalangan pengguna smartphone, IOS adalah system operasi yang sangat Tangguh dan jarang mengalami masalah. Namun, beberapa tipe iphone apalagi model lama bisa mengalami panas berlebih. Dikarenakan iphone sudah tidak mampu bekerja dengan ringan, karena aplikasi pada jaman sekarang yang berukuran besar dan menampilkan kualitas grafik yang tinggi. Sehingga iphone harus bekerja sangat keras dan berefek pada hp cepat panas.

Iphone yang cepat panas memiliki berbagai penyebab yang penting untuk kalian ketahui. Penyebab iphone yang cepat panas biasanya menandakan sebuah masalah yang dibarengi dengan pengisian daya yang melambat atau sering berhenti, kepala charger panas, dan sering mengalami lag atau lemot saat digunakan.

Penyebab Iphone Panas

Kondisi iphone yang menjadi cepat panas biasanya dipicu oleh pengguna yang tertalu berlebihan menggunakan hp tersebut. selain itu iphone cepat panas bisa jadi tanda bahwa ada masalah pada baterai.

Inilah beberapa penyebab iphone panas yang harus kalian ketahui, sebelum terjadi masalah yang lebih serius pada iphone kalian.

1. Kerusakan Pada Baterai

Baterai iphone yang sudah rusak akan mudah cepat panas dan tidak bertahan lama ketika digunakan. Jika memang ini akar penyebab dari iphone panas, maka segera matikan dan perbaiki. Karena pada system IOS memiliki peringatan jika suhu diatas batas standar, peringatan ini akan selalu muncul bila iphone dirasa sudah mencapai overheat. IOS akan meminta kalian untuk mematikan Iphone sementara sampai suhu kembali normal.
Solusi dari masalah ini yakni dengan melakukan penggantian baru dan hindari menggunakan iphone sambal di cas.

2. Menggunakan Iphone Sambil Mengisi Daya

Penyebab iphone cepat panas yang lainya adalah menggunakan iphone ketika sedang mengisi daya. Pada saat sambal digunakan, batrai akan mengisi daya lebih lambat dari biasanya. Meski tidak berdampak seketika itu juga. Namun, penggunakan seperti itu secara terus-menerus akan memicu iphone cepat panas.

3. Kinerja Prosessor Terlalu Berat

Jika kalian memakai iphone untuk bermain game grafis, editing video dan merender video 4K, kalian akan melihat baterai akan cepat terkuras dan bagian belakang iphone akan terasa sangat panas. Hal ini disebabkan karena iphone tidak memiliki pendingin atau kipas untuk mendinginkan prosessornya. Selalin itu juga, casing iphone yang terbuat dari logam tidak mampu mengeluarkan panas dengan sendirinya.

4. Menggunakan Iphoen Ditempat Panas

Menggunakan iphone dibawah sinar matahari yang terik dan menyimpan iphone didalam mobil merupakan sebuah hal yang harus kalian hindari. Hal ini akan menyebabkan panas berlenihhan pada iphone. Usahakan untuk selalu menyimpan iphone ditempat yang teduh atau ditempat yang tertutup. Paparan sinar matahari yang cukup lama secara tidak langsung akan mempengaruhi Kesehatan baterai dari waktu ke waktu. Saat iphone terlalu panas, menyebabkan baterai tidak mampu menyimpan energi secara baik, sehingga kalian akan merasa kelambatan ketika menggunakan Hp.

5. Memakai GPS Terlalu Lama

Mengaktifkan navigasi GPS yang terlalu lama akan membuat prosessor selalu dalam puncak kinerja maskimalnya. Sehingga menyebabkan iphone manjadi panas, karena jumlah daya yang dipakai saat pemrosesan yang memakan banyak daya. Menggunakan aplikasi yang membutuhkan sambungan GPS juga akan membuat iphone panas.

6. Live Streaming Dan Bermain Game Terlalu Lama

Ketika kalian sedang live streaming di sosial media secara langsung, sudah pasti akan membuat layar terus menyala sementara CPU dan GPU bekerja secara terus-menerus. Hal ini akan berdampak pada konsumsi daya meningkat dan iphone menjadi panas.

Cara Mengatasi Hp Iphone Panas Dan Boros Baterai

1. Nonaktifkan GPS

Menggunakan GPS jika bebar-benar diperlukan saja. Apabila kalian sering menggunakan aplikasi yang meminta sambungan GPS, tolak saja. Agar lebih menghemat daya untuk menghindari GPS selalu aktif di latar belakang.

2. Tutup Aplikasi Yang Tidak Perlu

Selalu matikan aplikasi bila kalian selesai menggunakanya. Supaya kinerja prosessor tidak terlalu berat karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Biasanya aplikasi sosmed dan messenger, meski tidak di pakai tapi selalu muncul notif bila ada pesan masuk.

3. Uninstal Aplikasi Tidak Penting

Terlalu banyak menginstal aplikasi akan membuat ruang penyimpanan menjadi boros dan RAMmenjadi berat. Ini akan berakibat HP menjadi lemot atau lag ketika digunakan.

4. Kurangi Kecerahan

Mengehemat daya dapat dilakukan dengan mengurasngi kecerahan layar iphone kalian. Kecerahan diatas 60% atau lebih akan membuat iphone menjadi panas dan daya menjadi cepat terkuras.

5. Gunakan Mode Pesawat

Koneksi jaringan yang buruk atau lemah akan membuat baterai menjadi cepat habis dan Hp menjadi panas. Kalian harus pindah ke area yang lain untuk mendapatka sinyal yang kuat. Atau gunakan mode pesawat untuk mencegah pengurasan baterai dan panas yang terus meningkat.

6. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Cara yang paling praktis dilakukan yakni mengaktifkan mode daya rendah. Cara ini akan menghentikan aplikasi yang tidak perlu terus-menerus bekerja di latar belakang dan secara otomatis meredupkan layar ponsel. Biasanya fitur ini akan otomatis aktif ketika daya tersisa 20%.

Kesimpulan

Demikian artikel mengenai cara mengatasi hp iphone panas yang dapat kalian coba. Kalian dapat menggunakan aplikasi monitoring CPU dan baterai untuk memantau kondisi iphone tersebut. sehingga kalian akan tahu kapan waktu untuk berhenti sejenak menggunakan ponsel.

Jika baterai dan CPU ternyata sudah bermasalah maka segera bawa ke service center agar segera diperbaiki. Namun jika yang bermasalah adalah software nya. Maka, saran terbaik yaitu melakukan Reset Iphone atau Update IOS ke-versi yang terbaru.

Apabila kalian ingin mencari artikel tentang bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot, kalian bisa membaca artikelĀ Cara Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Ngebut.

Tinggalkan komentar