Panduan Cara Mencuci Film Kamera Analog Sendiri

Panduan Cara Mencuci Film Kamera Analog Sendiri – Beberapa tahun terakhir, kamera analog kembali naik daun. Kamera yang sudah muncul sejak tahun 1981 ini pertama kali dirintis oleh Sony Mavica.

Mavica sendiri merupakan singkatan dari Magnetic Video Camera. Kamera analog dikenal juga sebagai kamera yang bisa merekam sinyal piksel sebagai mesin perekam video.

Tahukan anda apa hal yang membedakan kamera analog dan digital? Perbedaannya ada pada media penyimpanannya. Jika pada kamera digital anda dapat menyimpan hasil foto di sebuah memori card.

Maka dibutuhkan film untuk menyimpan hasil foto kamera analog. Sehingga untuk mendapatkan gambarnya, anda perlu mencucinya terlebih dahulu, lalu baru bisa mencetaknya.

Selanjutnya hal lain yang membedakan kedua kamera ini adalah, kamera analog tidak dapat menangkap warna yang dipantulkan oleh matahari. Inilah sebabnya, hasil foto dari kamera analog lebih khas dan punya kesan vintage.

Biasanya juga resolusi gambar dari kamera analog lebih besar daripada kamera digital.

” Baca Juga : Jenis -Jenis Roll Film Kamera Analog Terbaik “

Alat Mencuci Film Kamera Analog

Anda sudah mempunyai kamera analog ? Sudah tahukan anda cara mencuci film nya?. Jika pada kamera digital anda bisa dengan mudah mencetak hasil fotonya.

Maka untuk kamera analog anda perlu mencuci filmnya terlebih dahulu. Berikut langkah – langkah untuk mencuci film kamera analog sendiri.

Sebelum anda mencuci roll film kamera analog, ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan, diantaranya :

  1. Air mineral / air sumur
  2. Developer / minigrain
  3. Dua buah nampan dengan warna yang berbeda
  4. Gunting
  5. Tabung pencuci
  6. Gelas pengaduk
  7. Kertas positif atau kertas foto
  8. Kaus hitam
  9. Ember
  10. Air 3 ¼ nampan
  11. Stopwatch

Cara Mencuci Film Kamera Analog

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, anda juga perlu menyiapkan rungan gelap khusus. Kemudian di bawah ini adalah langkah – langkah atau proses cuci film kamera analog :

1. Ambil Gambar Dan Larutkan Minigrain

Sebelum mulai mencetak, anda perlu memastikan kamera filmnya telah habis dan roll film nya tidak terkena cahaya. Hal ini bertujuan agar hasil foto jepretan anda tidak berubah. Maka hati – hatilah kerika memindahkan roll film nya.

Setelah itu siapkan campuran larutan minigrain/developer dengan air 3 ¼ di dalam nampan. Masukkan larutan tersebut perlahan – lahan hingga larut.

Kemudian biarkan campuran tersebut hingga saat roll film dimasukkan ke dalam tabung pencuci.

2. Pasangkan Film Ke Tabung Pencuci

Film yang sebelumnya telah anda keluarkan dari dari kamera, di masukkan ke dalam tempat pencuci. Putar bolak balik tempat pencuci hingga habis.

Proses ini harus di lakukan di dalam ruangan gelap. Atau jika anda memiliki changing bag akan lebih baik.

Kemudian masukkan tempat pencuci ke dalam tabung pencuci. Posisikan bagian bonggol di bagian bawah, dan tutup tabung pencuci rapat – rapat.

Selanjutnya isi tabung pencuci hingga penuh dengan larutan developer/minigrain yang sebelumnya sudah di siapkan. Putarlah tabung searah jarum jam selama 12 menit.

Setelah itu, buang larutan tersebut dan masukkan air mineral ke dalam tabung. Kocok tabung untuk membersihkan sisa larutan developer/minigrain.

3. Pembilasan Dan Pencetakan

Langkah selanjutnya yaitu, mengeluarkan roll film dari tabung dan bilas dengan air mengalir hingga kesat. Kemudian jemur roll film hingga kering menggunakan penjepit secara perlahan.

Hal ini karena saat dalam keadaan basah, roll film menjadi sangat lembut. Apabila ada film yang terbakar, ini menandakan bahwa ada cahaya yang masuk ketika proses pemasangan film ke tabung.

Setelah roll film tersebut kering, maka anda baru bisa memindai dan mencetak hasil dari jepretan kamera analog.

Itulah beberapa langkah – langkah cara mencuci roll film kamera analog. Meskipun cara cuci foto analog terbilang rumit jika di lakukan sendiri.

Tetapi ada kepuasan yang tidak bisa di dapatkan jika mencuci menggunakan jasa orang lain.

” Baca Juga : Rekomendasi Kamera Analog Murah Terbaik “

Berapa Lama Cuci Roll Film?

Proses cuci film kamera analog memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apalagi jika anda masih baru belajar mencuci film kamera analog sendiri.

Pada dasarnya, proses mencuci film kamera analog terbagi menjadi tiga jenis, diantaranya :

  • pertama, Cuci colour (berwarna)
  • kedua, Cuci black and white
  • ketiga, Cuci silde (positif)

Jika anda tinggal di Jakarta, anda dapat mencoba mencuci film kamera analog anda di sebuah laboratorium bernama Soup N Film. Proses mencuci film disini menjadi lebih simpel karena sudah menggunakan alat.

Tetapi untuk cuci film black and white dan slide (positif) masih di kerjakan secara manual. Untuk lamanya waktu yang di butuhkan saat mencuci film colour di laboratorium ini bisa menghabiskan waktu satu jam.

Biasanya dalam satu jam dapat mencuci 30 roll film sekaligus. Sedangkan untuk mencuci film negatif harus di lakukan di kamar gelap secara manual.

Hanya boleh menggunakan cahaya kemerahan dalam batas aman untuk membantu penglihatan di dalam kamar gelap. Umumnya, proses cuci film black and white membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam.

Karena 2 jam awal di gunakan untuk pendinginan meain manual. Selanjutnya membutuhkan waktu 30 menit hingga 1 jam untuk proses memasukkan chemical.

Untuk mengindari warna yang berantakan, pastikan takaran dan waktu terpaan chemical telah sesuai dan pas.

” Baca Juga : Cara Memulai Bisnis Fotografi Untuk Pemula “

Kesimpulan

Demikianlah Panduan Cara Mencuci Film Kamera Analog Sendiri. hingga waktu yang di butuhkan untuk mencuci film.

Di era teknologi yang sudah canggih ini. Kamera analoh justru semakin di gandrungi kalangan anak muda saat ini.

Mencuci film kamera analog juga seperti sedang melatih kesabaran dan ketelatenan. Selain itu juga, menikmati prosesnya yang panjang dapat memberikan kepuasan tersendiri bagi anda yg hobi di bidang fotografi menggunakan kamera analog.

 

Tinggalkan komentar