Mengenal Konsep Smart City Dan Penerapannya di Indonesia serta Negara Lain

Konsep Smart City saat ini sangat ramai di perbincangkan oleh negara-negara maju maupun berkembang untuk memakai Metode Smart City ini dalam membangun kota-kota besar mereka, juga sebagai solusi untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan berkembangnya industri.

Apa itu Smart City?

Yang dimaksud dengan Smart City yaitu sebuah kota yang menerapkan metode teknologi informasi dan komunikasi dengan tujuan meningkatkan efisiensi dalam operasional sebuah kota. Memudahkan pemerintah juga dalam meingkatkan kualitas layanan dan kesejahteraan dengan menerapkan metode Smart City ini.

“Baca Juga : 7 Negara Yang Sudah Bebas Masker. Yukk Simak!!!!”

Apa Tujuan Smart City?

Sebagai dasar kdaru tujuan Smart City digunakan untuk mengoptimalkan fungsi kota dan mendoroong peningkatan pertumbuhan ekonomi yang akan berimbas keapada kualtas kehidupan warga yang semakin sejahtera dengan menggunakan Smart Teknologi dan Analisis Data, supaya dapat terwujud sebuah Smart City.

Dinegara kita saat ini, di Sebagian kota-kota besar juga sudah mulai menerapkan Smart City Indonesia, seperti yang sudah dilakukan oleh negara-negara maju lainya, Smart City Indonesia tentu akan sangat membantu petumbuhan kota-kota besar di Indonesia guna mempercepat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

kota di Indonesia yang menerapkan Smart City:

Smart City GunungKidul

Sebagai salah satu contoh kota Smart City di Indonesia yang sudah menerpakan metode ini adalah Gunung Kidul, salah satu kabupaten di provinsi Yogyakarta ini terkenal dengan Kawasan perbukitan dan pesisir pantai dengan keindahan alam yang bagus tentu sangat menunjang ddiciptakanya Smart City GunungKidul

Smart City Kulon Progo

Salah satu kota ini dapat dijuluki Smart City Kulon Progo karena masyarakat kota Kulon Progo Bersama dengan Pemeerintah daerah mampu menghasilkan produktifitas yang tinggi pada sector barang dan jasa yang memberikan kesejahteraan ekonomi yang tinggi bagi masyarakat kota Kulon Progo

Smart City Semarang

Kota Semarang yang sudah terkenal dengan traffic industry nya yang cukup tinggi dan terdapat banyak pabrik dan industry besar yang melakukan kegiatan ekonominya di kota ini, tentu berdampak juga dengan perekonomian masayarakat di kota semarang, diimbangi dengan berbagai industry yang semakin berkembang maka perekonomian masyarakatpun ikut mengalami peningkatan. Sehingga Smart City Semarang sepatutnya juga di contoh oleh kota-kota yang lainya.

Mengapa Konsep Smart City Harus Diterapkan?

Melihat saat ini perkembangan penduduk yang semakina banyak dan perpindahan masyarakat dari desa menuju ke kota yang di sebut dengan urbaninasi mejadi salah satu alasan perlunya penerapa Smart City di Indonesia, meningkatnya populasi penduduk di Indonisa ini berakibat pada tingginya tantangan dan kesulitan dalam pengelolaan kota.

Supaya pertumbuhan penduduk dapat seimbang maka pertumbuhan ekonomi juga harus ikut ditingkatkan, maka dari itu sebagai solusinya dengan pengintegrasian Teknologi dalam mewujudkan konsep Smart City di Indonesia.

Penerapan konsep Smart City ini dinilai mampu membantu menikatkan beberapa indikator kualitas hidup utama seperti kesejahteraan, pangan, Kesehatan, dan keamanan. Dan mampu mengatasi tata wilayah kota yang terlalu padat dan tidak tertata dengan baik.

“Baca juga: Management Trainee dan 10 Keuntungan Mengikutinya”

Bagaimana Penerapan Teknologi Dalam Smart City?

Salah satu contoh penerpan tekonlogi pada Smart City dengan menggunakan perangkat Internet of things (IoT) .

Internet of Things merupakan sebuah perangkat komputasi yang saling berkaitan antara mesin mekanik, digital, objek, hewan, dan manusia. Dengan kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan tanpa perlu interaksi antar manusia atau manusia dengan komputer.

Namun, Smart City juga memerlukan analitik big data supaya dapatdi terapkan di sebuah kota. Sebagai layanan Smart City, IoT akan mengumpulkan big data kemudian di analisis  dan di proses untuk di implementasikan.

Contoh Penerapan Internet of Things pada Smart City antara lain smart parking, smart lighting, smart water management, dan smart city service. Dengan demikian Internet of things yang terhubung dengan Smart City akan meningkatkan kualitas, kinerja \dan interaksi ativitas di dalam kota.

Contoh Kota Yang Sudah Menerapkan Smart City di Negara Lain

Seperti yang sudah di jelaskan tadi. Konsep Smart City mulai diterapkan oleh negara-negara lain.nah, berikut adalah beberpa negara yang menerapkan Smart City di kota-kota mereka.

Torono

Penerapan Smart City kota di Kanada, sangat terlihat pada tata kelola perkotaanya serta dukungan dari pemerintah , membuat kota ini menjadi lebih modern dan banyak menggunakan teknologi masa kini dalam berbagai infrastruktur  kota di Kanada ini.

Seoul

Selanjutnya adalah Seol, salah satu kota di negara Korea Selatan ini telah menggabungkan data sinyal LTE dan data public dari pemerintah un tuk menghasilkan Daily Pupolation Data yang dapat berguna untuk menganalisis data listrik komersial, kegiatan marketing, tingkat kesejahteraan masyarakat, dan transportasi.

Singapura

Sebagai salah satu denagar yang terbilang maju di bidang teknologi, sudah pasti negara Singapura menerapkan konsep Smart City.

Singaputra juga menggunakan system One Monitoring yang berguna untuk mengakses informasi lalu lintas yang dipantai dari kamera yang di pasang di jalan, adan sangat berguna untuk wardga yang ingin mengakses informasi lalu lintas di kota tersebut.

Setra parking Guide System juga diterapkan di Singapura untuk memberikan informasi reak time mengenai ketersediaan parkir, dan konsep Smart Bins sebagai salah satu program untuk mengolah limbah secara cerdas agar tidak mencemari lingkungan.

New York

Kota ini bisa dibilang sebagai kota paling maju di dunia, karena hampir segala teknologi nmengenai tata kelelola kota sudah diterapkan di kota ini. Sebagai bagian dari konsep penerapan Smart city, kota New York Menerapkan System Automated Meter Reading untuk mengukur seberapa banyak konsumsi air yang dipakai warganya.

Untuk memastikan kota ini selalu bersih dari sampah, kota New York juga meluncurkan tempat sampah pintar yang menggunakan tenaga surya atau matahari, yang fungsi uuntuk memantau seberapa ban yak sampah yang sudah di tamping dan jadwal pengambilan secara teratur.

Penutup

Meski dinegara Indonesia belum banyak kota yang menerapkan konsep Smart City ini, namun besar harapan kita agar pemerintah dapat lebih meratakan segala teknologi yang sudah di pakai di kota-kota besar supaya kemajuan daerah dapat berjalan secara Bersama – sama. Dengan begitu tingkat kualitas hidup masyarakat akan meningkat dan membaik secara Bersama-sama.

“Baca Juga : Tips Investasi Pasar Modal untuk Pemula”

Leave a Comment