Cara Daftar Komponen Cadangan Pertahanan Neraga Lewat Aplikasi Komcad Play Store

Apa itu Komponen Cadangan Negara?

Kementrian Pertahanan atau biasa di singkat Kemhan sekarang membuka seleksi untuk pendaftaran program komponen cadangan (komcad) untuk 2.500 masyarakat sipil. Seleksi pendaftaran ini akan berlangsung di bulan Juni mendatang.

Bagi para komcad yang berhasil lolos dari berbagai seleksi akan langsung menerima pelatihan. Pelatihan ini akan di laksanakan selama tiga bulan dan bertempat di Pulau Jawa. Terdapat target yang paling cepat, pelatihan akan di laksanakan dalam waktu bulan Juni sampai September 2021 mendatang.

Seluruh proses perekrutan akan dilaksanakan oleh Kemhan sendiri. Sedangkan bagi pelatihannya akan dilaksanakan oleh TNI.

Menurut pernyataan resmi dari Humas Kemehan seleksi penerimaan akan dilakukan di minggu pertama, kedua, dan ketiga di bulan Juni 2021. Sementara untuk pendidikan pelatihan dasar kemiliteran akan di lakukan selama 3 bulan. Pelatihan tersebut akan di mulai pada minggu ke 4 bulan Juni hingga September 2021.

Meskipun demikian, sebelum Anda memiliki niatan untuk mendaftar menjadi bagian dari komcad ini, sebaiknya perlu mengetahui seluruh persyaratan yang berlaku.

Syarat Pendaftaran Komcad

Secara umum, seleksi guna menjadi anggota komcad meliputi beberapa persyaratan, yaitu persyaratan umum dan persyaratan kompetensi. Selain itu, juga melalui menetapkan beberapa aspek fisik dan aspek psikis. Tentunya sesuai dengan ideologi Pancasila dan loyalitas terhadap NKRI.

Pada Peraturan Pemerintah atau PP No 3 Tahun 2021 mengenai Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No 23 Tahun 2019 mengenai Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara menyebutkan beberapa ketentuan dalam pendaftaran komcad yakni sebagai berikut ini:
• Pembentukan Komponen Cadangan dari unsur warna negara diklasifikasikan menjadi beberapa komponen. Komponen tersebut antara lain Komponen Cadangan matra darat, Komponen Cadangan matra udara, dan Komponen Cadangan matra laut.
• Pembentukan Komponen Cadangan sendiri meliputi atas tahapan pendaftaran, tahapan seleksi, pelatihan dasar kemiliteran, dan terakhir penetapan.
• Untuk seleksi pembentukan calon Komponen Cadangan terdiri dari seleksi administratif dan seleksi kompetensi.
• Seleksi administratif adalah proses dalam melakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan administrasi dan uji keabsahan berkas atau dokumen. Sedangkan, seleksi kompetensi adalah proses uji kesehatan, uji kemampuan, uji pengetahuan atau wawasan serta uji sikap calon Komponen Cadangan.
• Jika berhasil lolos, selama mengikuti pelatihan dasar kemiliteran, Komponen Candangan memiliki hak untuk memperoleh uang saku. Selain itu, akan memperoleh perlengkapan perorangan lapangan, perawatan kesehatan, serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Sedangkan, bagi persyaratan secara umum sudah di sampaikan oleh Juru Bicara Menteri Pertahanan Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar Lembaga. Yaitu Bapak Dahnil Anzar Simanjuntak pada tanggal 12 Maret yang lalu, beberapa persayaratan yang beliau sampaikan antara lain:
• Merupakan Warga Negara Indonesia yang berusia 18 hingga 35 tahun, yang dengan secara sukarela ingin menjadi komcad. Masyarakat di izinkan untuk mendaftar menjadi komcad di Komando Rayon Militer (Koramil) setempat.
• Sehati baik jasmani maupun rohani dan tidak mempunyai catatan kriminal yang dikeluarkan tertulis oleh Polri.
• Mahasiswa sampai ASN dapat mendaftarkan diri menjadi komcad. Setelah selesai pelatihan bisa kembali lagi ke profesi masing-masing.

Cara Daftar Komponen Cadangan

Berikut ini cara daftar komponen cadangan negara lewat aplikasi komcad Kemhan di PlayStore.
1. Unduh aplikasi Komcad melalui PlayStore.
2. Jika sudah bukalah aplikasi tersebut dan buat akun pendaftaran. Isikan semua data diri yang di minta lalu klik Daftar.
3. Selanjutnya lakukanlah verifikasi Email melalui login ke akun email yang Anda daftarkan.
4. Setelah berhasil verifikasi, pendaftar dapat langsung melakukan login akun.
5. Kemudian, pendaftar dapat menekan tombol “Daftar Menjadi Komponen Cadangan” guna mengisikan semua data di form pendaftaran personel komponen cadangan.
6. Berikutnya, pendaftar akan di minta kembali untuk mengisi data diri pribadi. Apabila data tersebut telah terisi tekan tombol Selanjutnya.
7. Setelah data diri, beralihlah ke kolom pendaftaran data pendidikan terakhir. Jika sudah klik tombol Selanjutnya.
8. Mengisikan data pribadi, apabila pendaftar pernah mendapat prestasi maka bisa di cantumkan. Lalu tekan tombol Selanjutnya.
9. Mengisi data profesi. Pendaftar di haruskan untuk mengisikan data profesi. Apabila sudah di isi, tekan tombol Selanjutnya.
10. Setelah itu, pendaftar juga akan di minta untuk mengisikan data organisasi jika ada. Tekan tombol Selanjutnya.
11. Unggahlah beberapa dokumen yang di minta, antara lain:
• Surat Lamaran
• KTP
• Kartu Keluarga
• Surat Keterangan dari Lurah atau Kepala Desa
• SKCK
• Surat Keterangan Sehat
• Ijazah Pendidikan Terakhir
• Daftar Riwayat Hidup
12. Apabila sudah, lanjutkan dengan menekan tombol Simpan guna mengirimkan dokumen.
13. Jika proses pendaftaran selesai, Anda akan memperoleh tampilan pesan Pendaftaran Berhasil beserta dengan nomor peserta.

Penutup

Itulah cara daftar komponen cadangan negara lewat aplikasi komcad Kemhan di PlayStore. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *