Cara Meminta Surat Lunas Shopee Paylater

Cara Meminta Surat Lunas Shopee Paylater – BI Checking memang sedang menjadi topik yang popular di kalangan masyarakat. Apalagi untuk masyarakat yang sedang mengajukan pinjaman KUR, Kredit

Kepemilikian Rumah (KPR), dan kartu kredit. Hal ini dikarenakan BI Checking menjadi tolak ukur apakah seseorang berhak mendapatkan persetujuan pinjaman.

BI Checking ini akan menunjukkan aktivitas kredit semua calon peminjam. Aktivitas kredit ini bisa diketahui melalui skor kredit BI Checking. Berikut ini rincian skor kredit berdasarkan BI Checking.

1. Skor 1 : kredit lancar, yang artinya debitur selalu membayar cicilan beserta bunganya tepat waktu tanpa pernah menunggak cicilan

2. Skor 2 : kredit DPK, yang artinya kredit berada dalam perhatian khusus karena debitur tercatat menunggak cicilan kredit dalam kurun waktu 1-90 hari

3. Skor 3 : Kredit tidak lancar dimana debitur telah tercatat menunggak pinjaman pada range waktu 91-120 hari

4. Skor 4 : Kredit diragukan karena debitur sudah tercatat menunggak cicilan 121-180 hari

5. Skor 5 : kredit macet karena cicilan sudah tidak dibayar lebih dari 180 hari

Dari lima skor kredit di atas, maka kalian akan kesulitan mengajukan pinjaman ke bank jika skor kredit BI checking di atas atau sama dengan skor 2. Biasanya pihak bank akan meminta surat lunas pinjaman untuk membuktikan bahwa kalian tidak memlikik pinjaman yang belum dilunasi.

Seperti yang telah banyak dibicarakan di media sosisal, bahwa shopee paylater masuk BI Checking juga. Sehingga untuk bisa mendapatkan pinjaman dari bank kalian membutuhkan surat keterangan lunas shopee. Lantas bagaimana cara meminta surat lunas shopee paylater ? Simak penjelasannya di bawah ini yaa.

Cara Meminta Surat Lunas Shopee Paylater 

Pada dasarnya pengajuan pinjaman ke bank tidak sesulit yang dibicarakan di media sosial. Hanya saja semakin berkembangnya teknologi fintech ini, membuat segala aktivitas kita mudah dicari tahu. Apalagi saat ini sedang banyak sekali kasus terkait menunggak pembayaran pinjaman bahkan ada yang sampai mengganti nomor telponnya.

Oleh karena itu kredit analis bank bekerja lebih detail lagi untuk menghindari orang orang yang skor kreditnya tidak layak mendapatkan pinjaman bank. Sehingga sebagai bentuk verifikasi dibutuhkan surat keterangan lunas shopee untuk kalian yang sudah pernah menggunakan shopee paylater.

Sejauh ini keteranvan lunas hanya dapat kalian lihat di aplikasi shopee saja, karena pihak shopee memang tidak pernah mengeluarkan surat keterangan lunas shopee. Sehingga kalian hanya bisa memberikan bukti screenshoot pada aplikasi shopee ke pihak bank.

Namun sayangnya pihak bank ini kebanyakan tidak meu menerima surat keterangan lunas hanya dari screenshoot aplikasi saja.

Sebenarnya pihak shopee juga tidak pernah mau mengeluarkan surat keterangan lunas shopee paylater, karena sudah merasa cukup informasinyang tertera pada aplikasi.

Tetapi kalian tidak perlu cemas, sebagai gantinya pihak shopee mau memberikan surat pernyataan bahwa kalian sudah tidak memiliki kredit lagi di shopee paylater.

Bagaimana mendapatkan surat pernyatan tersebut ? Berikut ini caranya.

  1. Buka apilkasi shopee dan pastikan kalian login dengan akun shopee yang pernah menggunakan shopee paylater
  2. Pilih menu “Saya” di bagian pojok kanan bawah, lalu scroll ke menu paling bawah dan pilih “chat dengan shopee”
  3. Kemudian klik “chat dengan CS shopee” dan pilih kategori sebagai “pembeli” serta selanjutnya pilih kategori “shopee paylater dan spinjam”
  4. Selanjutnya akan muncul beberapa pilihan pertanyaan tamplate, kalian pilih saja “chat dengan customer service”
  5. Lalu kalian diminta untuk menunggu sesaat untuk sampai ada chat dari CS
  6. Disini kalain jelaskan maksud dan tujuan kalian, karena shopee tidak mau memberikan surat lunas kama kalian bisa mencoba meminta surat prrnyataan bahwa kalian telah melunasi semua spaylater dan sudah tidak memiliki cicilan aktif lagi.
  7. Selanjutnya jika CS akan meneruskan permintaan kalian ke tim terkait dan disini kalian akan diminta untuk mengisi alamat email aktif, nomor telpon, dan alasan keperluan meminta surat lunas.
  8. Setelah itu kalian tinggal menunggu emali dari pihak shopee yang berisi pernyataan bahwa kalian telah melunasi cicilan terakhir dengan menyebutkan nominal dan tanggal pembayarannya.

Waktu yang dibutuhkan untuk kalian mendapatkan email dari pernyataan lunas dari pihak shopee minimal 3 hari kerja. Nah itu dia cara meminta surat lunas shopee paylater yang bisa kalian coba sendiri.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Limit Shopee Paylater Yang 0

Contoh Surat Lunas Shopee Paylater

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa shopee tidak pernah mengeluarkan surat lunas paylater, karena bukti lunas sudah ada di aplikasi dan bukan dalam bentuk fisik.

Sehingga kami menyarankan agar kalian mencoba meminta surat pernyataan saja dari shopee. Surat pernyataan ini pun hanya berupa email yang berisikan beberapa point sebagai berikut.

  • Bukti pembayaran tagihan paylater tersedia di halaman utama spaylater dan tidak diberikan dalam bentuk fisik
  • Bukti yang tersedia diaplikasi dapat digunakan apabila user shopee tidak memiliki tagihan spaylater yang sedang berjalan
  • Pihak shopee memberikan nominal pinjaman terakhir yang telah dilunasi pada tanggal pembayaran
  • Pihak shopee menyatakan bahwa pelunasan tersebut telah dilaporkan ke OJK dan akan di proses pada pelaporan SLIK selanjutnya

Kira – kira seperti itulah contoh surat lunas shopee paylater dalam bentuk surat pernyataan yang akan kalain terima melalui email.

Baca Juga : Cara Mengurangi Limit Shopee Paylater

Akhir kata

Demikianlah ulasan singkat cara meminta surat lunas shopee paylater hingga contohnya, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang membutuhkan.. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya yaa.

Tinggalkan komentar