Rahasia Algoritma Youtube 2021 Terbaru dan Dapat Views Jutaan

Algoritma Youtube 2021 -Membuat konten video YouTube yang bagi Anda menarik saja sebenarnya tidaklah cukup. Anda juga perlu paham betul tentang algoritma YouTube 2020 dan cara kerjanya. Tujuannya tak lain supaya channel milik Anda mempunyai banyak penonton dan pastinya agar menjadi semakin terkenal.

Bukan rahasia lagi bahwa algoritma YouTube lumayan memengaruhi sebagian besar dari kinerja video. Contohnya seperti jumlah penonton, subscriber, sampai bisnis yang meningkat.

Akan tetapi, masih cukup sulit bagi sebagian orang untuk mengetahui dengan tepat cara kerja algoritma YouTube ini.

Padahal bagi Anda yang merupakan pembuat konten dan aktivis pemasaran YouTube, mempelajari algoritma YouTube adalah suatu keharusan!

Alasannya karena 70% konsumen mengatakan bahwa mereka merasa aman membeli suatu produk setelah melihatnya pada YouTube.

Apa itu algoritma YouTube?Apa fungsinya dan bagaimana pengaruhnya terhadap bisnis? Pada artikel ini, Anda akan menemukan berbagai informasi tentang algoritma YouTube yang pasti akan membantu Anda lebih mengoptimalkan bisnis Anda.

Sebelum membahas lebih jauh, penting bagi Anda untuk mengerti tentang tujuan utama algoritma YouTube.

Pengertian Algoritma Youtube

Algoritma YouTube adalah sistem yang mengevaluasi apakah suatu video berkualitas baik dan bisa di rekomendasikan guna lebih banyak penonton. Selain itu, algoritma YouTube juga dapat melakukan penyesuaian pribadi terkait dengan jenis dan kategori dari suatu video.

Algoritma YouTube terus mengalami update setiap tahunnya karena terdapat banyak faktor. Jadi, Anda harus selalu mengetahui pembaruan ini untuk menerapkan strategi konten video yang benar.

Meskipun algoritma YouTube terus berubah, setidaknya ada dua faktor utama yang selalu dicari YouTube, yaitu keterlibatan. YouTube menilai berapa banyak pemirsa yang berkomentar, menyukai, dan membagikan video Anda. YouTube juga akan memeriksa seperti apa keterlibatannya. Apakah itu bersifat positif ataupun negatif?

Faktor selanjutnya adalah metadata. Selain keterlibatan, YouTube juga harus memastikan bahwa metadata yang Anda berikan, dari judul, kata kunci, sampai deskripsi, memenuhi persyaratan pengguna YouTube.

Tujuan Utama Algoritma YouTube

Ada lebih dari 300 jam video diunggah ke YouTube setiap menit. Artinya, algoritma YouTube harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan penonton.

Sama halnya seperti Google, YouTube juga bertindak sebagai mesin pencari. Jadi, orang-orang di balik algoritma YouTube harus bekerja keras guna memastikan penonton memperoleh konten yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mempelajari 4 bagian dari algoritma Youtube ini

Untuk dapat lebih memaksimalkan kinerja video milik Anda di YouTube, maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Sangat penting untuk Anda perhatikan bahwa ini akan memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia di YouTube. Fungsi ini mempunyai keterkaitan yang erat dengan algoritma YouTube. Di bawah ini adalah 4 bagian dari algoritma YouTube yang perlu Anda pelajari.

1. Search

Fungsi pencarian, atau search, merupakan salah satu fungsi dari YouTube yang dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan pencarian suatu video. Fitur ini bekerja dengan meminta pengguna memasukkan kueri penelusuran untuk video tersebut. Beberapa video kemudian akan muncul di hasil pencarian yang relevan dengan kueri tersebut. Lewat algoritma YouTube video teratas yang di tampilkan mempunyai relevansi, keterlibatan, dan kualitas terbaik dan terkait dengan kueri yang di permasalahkan

2. Trending

Fungsi trending adalah fungsi dari algoritma YouTube yang dapt pengguna gunakan untuk melacak video paling populer pada titik waktu tertentu. Video terpopuler untuk di masukkan ke bagian trending berbeda-beda pada setiap negara. Algoritma YouTube selalu melakukan update pada video paling populer setiap 15 menit.

Ada beberapa hal yang di rujuk algoritma YouTube untuk menilai apakah video tersebut sedang tren. Yang pertama adalah berapa kali video itu penonton lihat. Selanjutnya, ini akan memberi tahu Anda seberapa cepat video penonton lihat. Lalu berapa usia video dalam hal waktu unggah, dan bagaimana kinerja video di bandingkan dengan video lain saat ini.

3. Subscription

Jika Anda menyukai video dari saluran YouTube tertentu, Anda dapat menggunakan fitur langganan untuk menemukan lebih banyak konten video dari saluran itu. Tombol berlangganan ada di bagian bawah video dan disorot dengan warna merah. Jika Anda mengikuti atau berlangganan saluran tertentu, setiap video baru akan muncul di beranda YouTube Anda. Aktivitas ini adalah salah satu algoritma YouTube.

4. Home dan Recommended Videos

Di beranda atau home padaYouTube Anda, algoritma YouTube akan menampilkan video yang di rekomendasikan berdasarkan preferensi Anda. Video yang di rekomendasikan ini berdasarkan pada sejumlah faktor seperti riwayat penelusuran Anda dan saluran yang Anda ikuti atau langganan. Terlepas dari dua hal ini, algoritma rekomendasi video YouTube berdasar pada aktivitas pengguna lain apakah mereka menonton video terkait sampai akhir. Jika demikian, ini adalah tanda video berkualitas tinggi dan juga di rekomendasikan.

Faktor Yang Memengaruhi Algoritma Youtube

Meski algoritma YouTube selalu berubah-ubah, setidaknya ada dua faktor utama yang selalu dicari YouTube, yakni
Faktor pertama adalah komitmen. YouTube menilai berapa banyak pemirsa yang berkomentar, menyukai, dan membagikan video Anda. YouTube juga akan memeriksa seperti apa keterlibatannya. Apakah itu positif atau negatif?

Faktor selanjutnya adalah metadata. Selain keterlibatan, YouTube juga harus memastikan bahwa metadata yang Anda berikan, dari judul, kata kunci, hingga deskripsi, memenuhi persyaratan pengguna YouTube.

Algoritma YouTube 2020

Informasi terbaru di YouTube adalah adanya regulasi baru terkait konten untuk anak.
Peraturan tersebut menyatakan bahwa konten yang di buat oleh kreator anak-anak cenderung membuat channel YouTube-nya tidak menerima monotise atau iklan dari setiap video yang mereka tayangkan.

Beberapa fungsi lain seperti notifikasi dan komentar dapat pengguna nonaktifkan hingga nanti. Oleh karena itu, pembuat konten dapat memastikan apakah konten tersebut di tujukan untuk anak-anak atau tidak sebelum menguploadnya.

Peraturan baru ini di berlakukan oleh YouTube karena YouTube di denda $ 170 juta oleh Federal Trade Commission (FTC) di New York.

Jika Youtube telah melanggar Peraturan Perlindungan Data Online Anak (COPPA) dengan mengumpulkan informasi anak tanpa memberitahu orang tua dan menayangkan iklan di YouTube, itu menunjukkan bahwa anak tersebut sedang menonton.

Oleh karena itu, pembuat konten anak harus sebisa mungkin menghindari pelanggaran aturan ini sehingga mereka dapat terus menerima iklan atau berpotensi beralih ke konten lain.

Berikut ini merupakan cara kerja algoritma YouTube di setiap tahun, yang menarik untu Anda ketahui.

Algoritma Youtube 2019

Pada tahun 2019, YouTube berhenti merekomendasikan tayangan video berikutnya, yang memiliki konten yang sama dengan konten yang Anda lihat.
Saat Anda menonton video di YouTube, tidak ada rekomendasi lain untuk menonton video dengan diskusi yang sama.

Tujuannya adalah untuk membatasi dan mengurangi konten berbahaya yang penonton lihat dan untuk mengisi celah bagi pembuat konten berbahaya di saluran YouTube. Algoritma YouTube tahun 2019 tidak sama dengan tahun sebelumnya.

Algoritma YouTube 2018

Sejak awal 2018, YouTube mulai mengubah cara kerja algoritmanya. Perubahan Awal tahun ini, YouTube mulai mengurangi jumlah saluran YouTube yang harus di pantau oleh suatu grup.

Algoritma YouTube 2017

Pada 2017, YouTube mulai mengubah cara kerja algoritmanya dengan lebih memperhatikan konten berkualitas. Semoga algoritma ini dapat mengurangi dan mencegah konten yang berkaitan dengan penistaan agama atau bahkan kepentingan kekuasaan.

Algoritma YouTube 2012-2016

Pada 2012, YouTube mulai mengubah cara kerja algoritmanya. Tujuannya adalah untuk mendukung video sesuai dengan panjang video dan panjang tampilan.
Cara ini menciptakan taktik baru dalam proses produksi. Seperti, pembuat konten mengurangi bagian-bagian yang kurang penting dalam video, tetapi hanya fokus pada pembuatan konten yang menarik dan bagus.

Algoritma untuk YouTube 2012 ke bawah

Sebelum memasuki tahun 2012, algoritma YouTube adalah memberi peringkat pada video berdasarkan jumlah penayangan berapa pun durasinya. Tahun itu totalnya hanya 4 miliar jam per bulan.
Walaupun cara kerja ini dapat memberi penghargaan pada video berperingkat teratas dan menghadirkan video paling populer kepada pemirsa, ternyata juga dapat menyebabkan masalah clickbait.

Cara mengoptimalkan YouTube untuk meningkatkan traffic organik

Sekarang setelah Anda mengetahui algoritma YouTube 2021 dan tahun sebelumnya, Anda perlu mengetahui cara mengoptimalkan dan meningkatkan traffic organik.

1. Gunakan bahasa atau kata kunci yang sesuai saat membuat judul

Langkah pertama dalam mengupload video ke YouTube tentunya Anda perlu memasukkan judul yang sesuai dengan konten video tersebut.
Pasalnya, YouTube juga merupakan mesin pencari seperti Google. Oleh karena itu, menggunakan kata kunci dapat mengoptimalkan pencarian Anda.

2. Masukkan transkrip atau terjemahkan dialog video

YouTube tersebar luas di seluruh dunia. Jika Anda ingin memperluas target audiens Anda, ada baiknya jika Anda memberikan terjemahan.
Dengan Anda memasukkan transkrip ke dalam video Anda, mereka yang menonton dan menonton video tanpa suara dapat merasa nyaman. Tidak hanya itu saja, namun mereka juga dapat memahami konten video Anda.
Menerapkan metode ini pasti akan membantu Anda dalam meningkatkan jumlah penonton. Alasan untuk ini adalah karena suara yang tidak terlihat atau mereka yang menonton video tanpa suara juga cukup banyak.

3. Gunakan bagian deskripsi

Bagian ini juga sangat penting jika Anda ingin mengoptimalkan pencarian video Anda di YouTube. Tulis deskripsi yang menarik dan mudah dipahami tentang konten video yang ingin Anda upload.
Uraian di bagian pertama sangat penting untuk mendapatkan peringkat di mesin pencari. Di bagian Deskripsi, Anda dapat memberikan deskripsi tentang subjek dan konten video menggunakan kata kunci.

4. Berikan Thumbnail khusus

Kata kunci dalam judul dan deskripsi sangat penting untuk mengoptimalkan video Anda di mesin pencari YouTube. Namun, sebenarnya juga ada bagian yang tidak kalah pentingnya, lho.
90% dari video terbaik di YouTube tidak hanya menggunakan kata kunci tetapi juga gambar mini atau thumbnail khusus. Anda juga harus mengingat hal ini agar dapat meningkatkan traffic organik pada video yang Anda upload.

5. Ingatkan pemirsa untuk berlangganan saluran Anda

Anda dapat mendorong pemirsa untuk melakukan langganan atau melakukan subscribe pada channel YouTube Anda. Semakin banyak penonton yang melakukan subscribe, maka akan semakin banyak juga penonton yang akan video Anda jangkau.

6. Beriklan di luar YouTube

Anda dapat mempromosikan saluran Anda di luar YouTube, contohnya seperti di Instagram, Facebook, dan Twitter. Selain itu, jangan pernah merasa malu untuk mempromosikan saluran YouTube ke teman-teman Anda.

7. Gunakan alat SEO YouTube

Sekarang setelah Anda tahu seperti apa algoritma YouTube tahun ini. Anda juga dapat memanfaatkan alat SEO YouTube untuk meningkatkan kinerja konten dan peringkat tinggi di halaman YouTube.
SEO YouTube akan memungkinkan Anda untuk membuat video yang sedang tren di internet. Beberapa alat SEO ini misalnya seperti Google Trend, YouTube Analytics, SERPstat, dan lain sebagainya.
Di sinilah Anda juga dapat mencoba mempelajari lebih lanjut tentang artikel SEO YouTube dan manfaatnya.

8. Buat video secara konsisten

Buat video secara teratur dan cobalah membuat video seri atau berkelanjutan. Ini membantu mesin YouTube mengarahkan pemirsa ke video berikutnya.
Anda juga dapat mengelompokkan video terkait dan memasukkannya ke dalam playlist. Ini dapat mengurangi kemungkinan pemirsa Anda beralih ke saluran lain.

9. Interaksi dengan subscriber lebih disukai oleh algoritma Youtube 2021

Salah satu hal yang dapat meningkatkan kualitas atau nilai konten video YouTube adalah interaksi langsung dengan pelanggan. Ada beberapa cara untuk berinteraksi. Pertama, berinteraksi terlebih dahulu dengan membalas komentar di bagian komentar video Anda. Kemudian Anda juga dapat mengunggah aktivitas Anda menggunakan fungsi komunitas, yang dengannya Anda dapat berinteraksi dan bertukar pesan dan pesan.

10. Tambahkan rekomendasi video untuk layar akhir

Salah satu kiat untuk meningkatkan jumlah penayangan video dalam jangka waktu lama adalah dengan menempatkannya di layar rekomendasi video akhir. Fitur ini memberikan rekomendasi kepada penonton untuk video yang mungkin terkait atau tidak dengan video yang pernah mereka tonton sebelumnya.

Penutup

Jika Anda serius ingin membuat channel YouTube dan mencari nafkah darinya, mengetahui algoritma YouTube 2020 sangat penting. Selain itu, Anda juga harus mengetahui cara-cara untuk meningkatkan traffic organik.

Terakhir, jika Anda ingin membuat konten, yang terpenting adalah memastikan Anda berkomitmen untuk terus melakukannya.

3 thoughts on “Rahasia Algoritma Youtube 2021 Terbaru dan Dapat Views Jutaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *