10 Investasi Syariah Terbaik Serta Keuntungan dan Resikonya

Penting Untuk Ketahui Investasi Terbaik Syariah Sesuai Dengan Anda.

Melakukan investasi sedini mungkin merupakan salah satu jalan yang paling baik untuk dapat mencapai kebebasan finansial. Untuk Anda yang memiliki rencana akan memulai melakukan investasi, ada salah satu jenis investasi yang bisa Anda pertimbangkan. Investasi yang kami maksud yaitu investasi syariah.

Apakah Anda telah mengetahui apa itu investasi syariah? Secara sederhananya, investasi syariah merupakan investasi yang berdasarkan pada prinsip-prinsip Islam. Jadi, investasi ini tidak bertentangan dengan ajaran yang ada di agama Islam.

Pada investasi yang berbasis syariah ini, hal-hal yang bertentangan dengan prinsip Islam tidak akan menjadi sumber keuntungan. Hal-hal tersebut antara lain seperti alkohol, riba, rokok, judi, dan pornografi.

Bagi Anda yang merasa tertarik untuk menanamkan uang di investasi syariah, simak artikel ini sampai habis ya. Karena di bawah ini terdapat 10 investasi syariah untuk investor pemula beserta keunggulan dan resikonya yang dapat Anda pilih.

Investasi Syariah Terbaik

1. Investasi Saham Syariah

Yang pertama Anda dapat mencoba investasi saham syariah. Contoh dari saham syariah bisa Anda temui di Indeks Saham Syariah Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat menemukannya di Jakarta Islamic Index dan Jakarta Islamic Index 70. Perusahaan tersebut berisi kumpulan emiten atau perusahaan terbuka yang mempunyai bisnis yang tidak bertentangan dengan syariat Islam.

2. Reksa Dana Syariah

Jenis investasi syariah yang lain yaitu Reksa Dana Syariah. Di reksa dana syariah, perusahaan manajer investasi yang mengumpulkan dana dari para investor akan menginvestasikan uangnya di instrumen seperti saham. Tidak hanya itu, mereka juga akan melakukan investasi pada instrumen obligasi dan pasar uang. Pastinya semua itu sesuai dengan prinsip syariah yang berlaku.

3. Obligasi Syariah

Bentuk investasi syariah berikutnya yakni Obligasi Syariah. Obligasi syariah ini tidak berbeda dengan obligasi yang konvensional. Keduanya merupakan surat utang dalam jangka panjang. Yang menjadi perbedaan yakni hanya obligasi syariah di terbitkan sesuai dengan prinsip syariah. Di Indonesia sendiri, obligasi syariah ini sering orang sebut dengan nama sukuk.

4. Deposito Syariah

Deposito syariah adalah produk tabungan yang memiliki jangka. Di terbitkan oleh bank dan dalam pengelolaannya sesuai dengan prinsip prinsip syariah yang berlaku. Sekarang ini ada banyak bank syariah yang menerbitkan produk jenis ini.

5. Investasi Emas Syariah

Emas merupakan investasi yang halal dan tentunya sesuai dengan syariah Islam. Bahkan, sudah lama orang-orang Islam telah menjadikan emas sebagai alat tukar.

Pada era saat ini, kita juga telah mengetahui tentang investasi emas digital. Jika kita lihat dari sisi syariah, investasi jenis ini juga tergolong halal. Namun, dengan beberapa syarat di antaranya yaitu tidak memakai skema yang berbahaya, contohnya seperti ponzi. Selain itu, emas yang di investasikan juga harus benar-benar ada.

Salah satu penyedia investasi emas yang tergolong pada kategori di atas yaitu Tokopedia Emas. Tokopedia Emas ini bekerjasama dengan institusi resmi yaitu PT Pegadaian.

1. Investasi Properti

Investasi pada bidang properti adalah pilihan alternatif untuk Anda yang memiliki keinginan untuk melakukan investasi tanpa melanggar prinsip syariah.

Anda bisa melakukan pembelian rumah, apartemen, ataupun kondominimum. Selama yang Anda pakai untuk membeli properti halal dan properti tersebut tidak di pakai dalam kepentingan yang bertentangan. Maka investasi properti ini bisa masuk dalam kategori sebagai investasi syariah.

2. P2P Lending

Peer to Peer Lending merupakan konsep pendanaan yang bisa mempertemukan antara pihak yang memberikan pinjaman dan pihak yang mencari pinjaman.

Beberapa P2P Lending yang ada di Indonesia sudah mempunyai produk syariah. Di mana pendanaan yang kita lakukan dapat di pastikan bagi kegiatan yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah Islam. Contonya seperti pendanaan usaha.

3. Investasi Asuransi Syariah

Asuransi syariah saat ini telah menjadi salah satu jenis investasi yang banyak orang terutama umat Islam gemari. Tentunya karena sesuai dengan syariat Islam dan juga memberikan keuntungan lain bagi setiap nasabahnya.

Investasi asuransi syariah ini mengutamakan prinsip saling membantu antara nasabah asuransi. Dan bukan di tanggung seluruhnya oleh perusahaan asuransi seperti halnya asuransi konvensional.

4. Exchange Traded Fund Syariah

Adalah efek beragun aset yang portofolionya terdiri atas aset keungan yang berupa piutang pembiayaan atau aset keuangan lainnya. Akad serta cara pengelolaannya sesuai dengan prinsip syariah pada pasar modal.

5. Dana Investasi Real Estat Syariah (DIRE Syariah)

DIRE Syariah adalah efek syariah yang menghimpun dana dari investor. Kemudian selanjutnya di investasikan di aset real estat, aset yang berhubungan dengan real estat dan/atau kas dan setara kas yang tentunya sesuai dengan prinsip syariah di pasar modal.

Keunggulan Investasi Syariah

Sistem dari Bank Syariah disebut lebih menguntungkan daripada sistem Bank Konvensional. Sekarang kesadaran masyarakan telah tinggi berkaitan pentingnya investasi guna menabung sedini mungkin. Dan juga guna mempersiapkan masa yang mendatang. Sehingga membuat investasi syariah ini sudah banyak di lirik oleh seluruh kalangan muslim hingga non-muslim.

Kemudian, apa saja keunggulan yang investasi syariah ini miliki? Berikut ada beberapa keuntungan dari investasi syariah yang perlu Anda ketahui.

1. Bebas dari Riba

Keuntungan dari investasi syariah pertama yang bisa Anda dapatkan yaitu bebas dari riba. Tentunya telah sangat jelas bahwa investasi syariah mempunyai keunggulan yang satu ini., karena adanya prinsip Islam yang dimilikinya.

Pastinya riba memiliki hubungan yang sangat erat dengan bunga yang pihak bank berikan kepada pihak nasabahnya. Hal tersebut justru malah bertentangan dengan prinsip investasi syariah. Keunggulan pertama inilah yang menjadi alasan bagi banyak orang mengapa mereka melirik investasi syariah.

2. Minim Resiko

Masing-masing jenis usaha tentu mempunyai resiko. Kemudian apakah bedanya dengan investasi syariah? Investasi ini memakai perhitungan yang berdasar pada unsur kekeluargaan. Jadi, dapat meminimalisirkan kemungkinan resiko yang akan terjadi.

3. Manajemen Islami

Keunggulan yang investasi syariah miliki berikutnya yaitu seluruh proses dan pengelolaan di bank syariah harus berdasarkan pada syariat Islam. Pastinya nasabah akan merasa lebih aman dan nyaman ketika memilih untuk melakukan investasi syariah ini.

4. Halal

Investasi syariah juga di sebut sebagai investasi halal. Alasannya karena pengelolaan investasinya menjamin halal seluruhnya dari hasil yang di peroleh. Prinsip syariah yang investasi ini jalani dapat membawa berbagai manfaat untuk dunia. Tentunya juga bisa di pertanggungjawabkan di mata agama Islam sendiri.

6. Mengutamakan Kegiatan Sosial

Keunggulan yang investasi syariah miliki lainnya yakni investasi jenis ini juga di pakai sebagai sarana aktivitas kegiatan sosial. Keuntungan dan manfaat ini tidak hanya dapat para nasabah rasakan, namun juga bagi orang lain. Sekaligus juga dapat menjadi penggerak kualitas pada bidang ekonomi. Dan nantinya akan mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia.

 

Resiko Investasi Syariah

1. Resiko Kehilangan Modal

Ketidakpastian yang ada di masa mendatang menjadikan pendapatan investasi dapat menjadi untuk juga dapat menjadi rugi. Apabila menguntungkan, maka harta yang nasabah investasikan secara otomatis juga akan bertambah. Akan tetapi, apabila sebaliknya yang terjadi, maka tentu nilai harta yang nasabah investasikan juga akan menurun secara otomatis.

2. Resiko Ketidakpastian Return

Resiko investasi syariah berikutnya yakni terdapatnya resiko ketidakpastian di keuntungan dari berbagai sarana investasi yang tersedia. Resiko ini masih berkaitan dengan resiko yang sebelumnya. Akan tetapi, lebih fokus di keuntungan yang akan nasabah dapatkan dari instrumen investasi yang berbeda-beda.

3. Sulit Ketika Menjual Produk Investasi

Yang paling menjadi ketakutan ketika orang melakukan investasi yakni pada saat produk investasi yang nasabah beli sulit untuk di jual atau di uangkan kembali. Oleh sebab itu, ada banyak orang yang lebih memilih emas sebagai produk investasinya. Karena mereka menganggap lebih mudah untuk di jual kembali.

Akhir Kata

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan mengenai 10 investasi syariah untuk investor pemula beserta keunggulan dan resikonya. Semoga investasi syariah dapat menjadi pilihan yang paling baik bagi Anda yang akan melakukan investasi dengan jenis ini.

Semoga informasi ini berguna dan dapat menambah pengetahuan Anda. Semoga berhasil.

2 thoughts on “10 Investasi Syariah Terbaik Serta Keuntungan dan Resikonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *