Cara Menutup Tabungan Emas Pegadaian

Cara Menutup Tabungan Emas Pegadaian – Tahukah kalian kalau kita bisa menabung emas di pegadaian secara online? Menabung emas di pegadain secara online, dapat dilakukan melalui pegadaian digital.

Pegadaian digital adalah sebuah situs atau aplikasi yang dibuat oleh PT Pegadaian sebagai pelayanan finansial, yang memberikan fasilitas berinvestasi dalam bentuk tabungan emas kepada nasabah.

Setiap nasabah yang melakukan pembelian emas, nominalnya akan dihitung secara akurat sesuai dengan harga emas yang berlaku pada saat itu. Ketika dalam kondisi darurat, nasabah juga bisa menjual langsung emas tersebut, dan hasil penjualannya akan langsung di transfer ke rekening bank. Tak hanya itu saja, emasnya pun bisa digadaikan tanpa harus datang ke kantor pegadaian.

Sayangnya masih banyak orang yang belum tahu cara mencairkan tabungan emas pegadaian. Padahal investasi emas sangat menggiurkan, mengingat nilai emas cenderung naik setiap tahunnya. Kalaupun harganya menurun, masih dalam penurunan yang perlahan dan stabil.

Keuntungan Membuka Tabungan Emas Di Pegadaian

Ada beberapa keuntungan dari menabung emas di pegadaian. Berikut ini beberapa alasan mengapa kalian harus memilih investasi emas.

1. Harga Emas Stabil

Setiap tahunnya track record harga emas cenderung mengalami kenaikan. Meskipun terkadang mengalami penurunan, penurunannya tidak terlihat begitu signifikan. Selain itu juga, tak menutup kemungkinan beberapa tahun ke depan harganya akan terus mengalami kenaikan.

2. Risiko Tidak Terlalu Besar

Harga emas yang stabil inilah yang membuat investasi emas minim risiko jika dibandingkan dengan investasi saham, reksa dana, deposito, maupun investasi lainnya. Sebagai contoh, ketika kalian membeli emas 1 gram di tahun ini, maka beberapa tahun ke depan harganya cenderung stabil. Bahkan bisa jadi harganya lebih tinggai dibadingkan saat kalian beli. Berbeda dengan membil HP di tahun ini, beberapa bulan kedepan harga HP tersebut akan menurun.

3. Mudah Dicairkan

Investasi emas yang ada di akun kalian, bisa dijual langsung dan uangnya akan di transfer ke rekening kalian. Semakin tidak bisa dipungkiri bahwa likuiditas yang dimiliki oleh investasi emas lebih tinggi dibandingkan instrumen investasi lainnya.

4. Dapat Dimulai Dengan Harga Terendah

Jangan takut memulai investasi karena harus mengeluarkan uang yang banyak secara langsung. Investasi emas dapat dilakukan dengan modal yang begitu rendah yaitu mulai dari 0,01 gram. Ketika kalian telah mempunyai tabungan emas, kalian bisa menambah saldonya secara fleksibel.

Cara Menutup Tabungan Emas Pegadaian

Itulah beberapa keuntungan yang bisa kalian rasakan dari menabung emas di pegadaian. Lalu bagaimanakan cara mencairkan atau menjual kembali emas yang telah ditabung?

1. Menjual Kembali Emas Ke Pegadaian

Ada kalanya kita membutuhkan uang dan harus bisa mendapatkannya dalam waktu singkat. Maka mencairkan tabungan emas bisa menjadi solusinya.

Kalian bisa menjual langsung emas ke pegadaian, dan harga jualnya mengikuti harga jual yang ada di pasaran. Namun, perlu diingat bahwa untuk bisa menjual kembali emas , pastikan saldo kalian senilai 1 gram emas.

2. Cetak Tabungan Emas Menjadi Fisik

Cara kedua untuk mencairkan tabungan emas di pegadaian adalah mengajukan cetak emas dari rekening tabungan emas. Pengajuannya pun tidak sulit, karena bisa melalui aplikasi pegadaian digital.

Atau jika kalian dekat dengan outlet pegadaian, kalian bisa langsung datang ke outlet pegadaian tempat kalian membuka rekening. Jangan lupa untuk menyiapkan uang untuk membayar biaya cetak emas pegadaian.

Perlu kalian ketahui juga, bahwa biaya cetak emas pegadaian sangat variatif. Biaya cetak emas pegadaian disesuaikan dengan berat fisik emas yang akan di cetak.

Beberapa berat cetak emas di pegadaian mulai dari :

  • 1 gram
  • 2 gram
  • 5 gram
  • 10 gram
  • 25 gram
  • 50 gram
  • 100 gram

Kemudian emas yang telah dicetak akan dkirim ke alamat kalian.

Baca Juga : Pengalaman Menabung Emas Di Pegadaian

Syarat Menutup Tabungan Emas DI Pegadaian

Lalu jika sudah tidak menggunakan aplikasi pegadaian digital, apakah akunnya dapat dihapus ? Sayangnya, saat ini akun pegadaian dan data diri yang sudah tersimpan belum bisa dihapus. Namun, nasabah masih bisa menutup rekening tabungan emas.

Ada beberapa syarat yang perlu disiapkan sebelum melakukan penutupan akun rekening tabungan emas, diantaranya :

  • Nama lengkap
  • NIK KTP
  • KTP
  • Email
  • Nomor HP
  • Alamat surat menyurat
  • CIF Pegadaian
  • Rekening tabungan emas
  • Foto selfie
  • NPWP
  • Pastikan rekening tidak ada saldo
  • Alasan penutupan akun pegadaian

Selanjutnya, berikut ini cara menutup rekening tabungan emas pegadaian.

  1. Datanglah ke lokasi pegadaian terdekat
  2. Security akan menanyakan kepentingan kalian, dan kalian akan diarahkan ke customer service
  3. Di customer service kalian akan diberikan dan diminta untuk mengisi formulir pembatalan rekening pegadaian
  4. Selanjutnya serahkan formulir beserta tabungan emas, KTP, dan siapkan uang senilai Rp.30.000 untuk biaya administrasi
  5. Jika masih terdapat saldo pada rekening, maka saldo akan dicairkan mengikuti harga emas pada saat itu.

Jadi, apakah kalian tertarik untuk memulai investasi emas di pegadaian digital? Atau malah ingin mencairkan tabungan emas ?

Penutup

Demikianlah artikel terkait emas pegadaian digital, semoga bisa menjawab semua pertanyaan kalian yaa. Sampai berjumpa pada artikel selanjutnya.

Leave a Comment