Cara Mengatasi Layar Hp Gerak Sendiri

Cara Mengatasi Layar Hp Gerak Sendiri – Kalian sering mengalami eror pada layar hp atau layar hp gerak sendiri. Tenang saja, artikel ini akan memberikan informasi seputaran cara mengatasi layar hp gerak sendiri.

Layar hp atau dalam bahasa inggris disebut ghost touch. Apabila layar kalian bergerak sendiri, biasanya masalahnya ada di layar LCD hp android, touchscreen eror dan sering mengklik sesuatu dengan sendirinya.

Masalah ini sangat merepotkan ketika kita sedang melakukan aktivitas chatting di hp. Nantinya akan sering terjadi kesalaha ketik atau misstyped (typo), yang membuat kalimat yang sudah kita ketik jadi berantakan dan acak – acakan.

Tak hanya itu saja, masalahnya bisa mengeser sendiri layarnya. Entar bergeser ke atas, bawah, samping dan kemanapun secara random.

Kejadian yang lebih parah lagi ketika touchscreen sudah tidak dapat digunakan lagi. Pasti jika sudah seperti ini kalian akan panik.

Cara Mengatasi Layar Hp Gerak Sendiri

Namun tenang dan jangan khawatir karna ada cara mengatasi layar hp gerak sendiri di bawah ini:

1. Kalian Bisa dinginkan hp dahulu

Biasanya temperatur hp yang terlalu panas, nantinya akan memunculkan berbagai masalah pada hp. Kita kadang suka lupa waktu dan lupa jika hp yang kita pegang itu sudah panas.

Kondisi ini akan menyebabkan performa dari hardware turun. Terlebih lagi bisa menyebabkan hp kalian terrestart atau mati sendiri.

Hp yang panas juga bisa berpengaruh pada layar. Karna reaksi dari panas tersebut bisa mengurangi respon pada layar sehingga kejadian layar gerak sendiri bisa terjadi.

2. Ganti Batrai Kalian

Batrai juga bisa menjadi pemicu layar bergerak sendiri. Apalagi jika batrai sudah aus dan juga rusak, maka akan mengakibatkan touchscreen juga eror.

Hal ini disebabkan karna tegangan dalam batrai tidak stabil dan kapasitas batrai juga sudah tidak normal lagi. Maka solusinya kalian bisa mengganti batrai dengan yang baru.

Lebih baik lagi ketika kalian mengganti dengan batrai yang original. Agar kapasitas ral dan tegangannya bisa stabil.

3. Gantilah charger dan juga kabelnya

Tegangan juga bisa menjadi masalah dan penyebab pada layar yang bergerak sendiri. Untuk itu penggunaan charger yang buruk bisa juga berdampak negatif pada IC hp.

Maka dari itu gunakanlah charger yang asli atau ori agar awet. Jangan gunakan charger tang sembarangan.

Selalu gunakanlah kabel daya yang ori. Jika kalian tidak memilikinya, bisa juga menggunakan kabel data yang sudah sering dipakai atau tidak ada masalah.

4. Cek pelindung layar kalian

Pada setiap hp pasti ada pelindung layar. Pelindung layar ini biasanya semacam anti gores, tempered grass dan lain sebagainya.

Biasanya layar akan bergerak sendiri ketika mungkin dalam pelindung layar kalian ada kotoran. Bisa juga kalian memasang pelindung layar tidak sesuai atau pas.

Sebaiknya jika sudah terjadi seperti itu, lepaslah pelindung layar yang lama. Kemudian gantilah dengan pelindung layar yang baru.

5. Bersihkan layar hp kalian

Apabila kalian tidak menggunakan pelindung layar, maka sangat disarankan apabila kalian harus sering – sering membersihkan layar kalian. Karna kotoran dilayar yang menempel, seperti air dan minyak bisa membuat kerja layar tidak gesit dan bisa tidak bekerja dengan normal.

Cara membersihkannya tidak susah kok. Kalian hanya cukup bersihkan dengan tisue yang dibasahi dengan sedikit air, ingat sedikit air saja.

6. Servicelah hp kalian

Langkah ini menjadi langkah akhir apabila kalian sudah mencoba semua cara, namun tetap belum berhasil juga. Bawalah hp kalian ke tempat service agar kalian tahu apakah yang harus diperbaiki atau pun diganti.

Apabila kalian disarankan untuk mengganti touchscreen atau LCD maka kisaran range harga mulai dari 200 ribu sampai dengan 700 ribu. Tergantung dengan merek hp android kalian. Belum lagi di tambah dengan jasa atau biaya pemasangannya.

Apabila kalian mengalami hal ini, sebenarnya kalian bisa perbaiki dengan sendiri. Asalkan sumber masalah bukan berasal dari masalah komponen hp. Jika sudah bermasalah terkait dengan komponen bawalah ke tempat service hp terdekat di kota kalian.

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi layar hp gerak sendiri. Selamat membaca!

Baca Juga : Cara Membersihkan Kamera HP yang Berdebu di Dalam

Tinggalkan komentar