20 Game Asah Otak Untuk Melatih Kecerdasan

Game Asah Otak Untuk Meningkatkan Daya Ingat- Situasi pandemi membuat sebagian orang bekerja dari rumah terkadang dapat melelahkan pikiran dan tubuh dengan mudah. Tidak ada salahnya jika beristirahat dari pekerjaan kantor dengan bermain game asah otak. Game tidak hanya dapat mengatasi kebosanan, tetapi juga dapat meningkatkan kreativitas Anda dan membangkitkan kembali semangat Anda.

Kegunaan Game Asak Otak Bagi Daya Ingat

Tak sedikit orang memakai permainan semacam itu untuk merangsang dan mencegah penuaan otak. Walupun penelitian menunjukkan hubungan keduanya masih rumit untuk di jelaskan, mengasah otak dengan permainan sederhana dapat membantu melatih konsentrasi. Selain itu juga bisa meningkatkan daya ingat serta kemampuan berpikir secara logis.

Berikut ini beberapa game asah otak yang menarik untuk Anda coba.

1.  Hello Cats

Bagi para pengguna Android, game asah otak ini memang sangat digemari. Sayangnya, Hello Cats belum tersedia untuk pengguna iOS. Game tersebut mungkin membuat Anda penasaran, meskipun misi dari game ini cukup sederhana, yaitu menyelamatkan kucing. Namun, untuk menyelamatkan kucing, Anda perlu menggambar beberapa hal yang akan dibutuhkan kucing.

2. Roll The Ball – Slide Puzzle

Walaupun cukup sederhana, namun game asah otak ini lumayan menantang. Roll The Ball – Slide Puzzle yang dikembangkan oleh BitMango dapat diunduh oleh pengguna Android dan iOS. Tujuan dari permainan ini adalah meminta anda untuk menggulirkan bola dengan menghubungkan pipa-pipa yang belum tersambung.

3. Unblock Me Free

Game yang satu ini merupakan game latihan konsentrasi karena menantang kita untuk lebih fokus dan juga memiliki logika yang kuat. Untuk memainkannya, yang harus Anda lakukan adalah membiarkan balok merah keluar. Namun, balok coklat akan mengganggu sehingga Anda harus memindahkan blok coklat supaya jalur blok merah tidak terhalang.

4. Brain Dots

Untuk memainkannya, yang perlu Anda lakukan hanyalah menggambar jalur agar bola bertabrakan dengan bola lain. Pada tahap awal kamu akan menggambarnya dengan sangat mudah, namun saat level mulai meningkat akan sangat sulit.

5. Math Duel

Game Math Duel merupakan game asah otak yang bentuknya serupa dengan game kartu dan catur. Bedanya Game ini berisi soal matematika yang harus Anda selesaikan supaya dapat memenangkan pertandingan.

6. Quick Brain

Game Quick Brain mempunyai time out cepat yang membantu otak berkembang, kritis, dan berpikir cepat. Selain seru dan menegangkan, kamu akan dipuaskan dengan tampilan game ini yang enak di pandang.

7. Kahoot

Permainan asah otak ini tidak hanya dapat meningkatkan daya ingat Anda tetapi juga membantu Anda memperluas pengetahuan Anda. Kahoot merupakan game kuis dengan berbagai macam soal yang berhubungan dengan matematika, ilmu sejarah, bahkan pertanyaan umum.

8. Peak

Peak adalah game asah otak untuk kamu coba. Di dalam aplikasi Peak, Anda dapat memainkan 45 permainan seru yang meningkatkan keterampilan dalam pemecahan masalah dan daya ingat. Serta dapat Anda pakai sebagai game untuk melatih konsentrasi.

9. Memorado

Memorado adalah permainan asah otak lain yang secara ilmiah diklaim dapat membantu meningkatkan aktivitas kognitif dan IQ Anda. Berisi 24 asah otak dengan berbagai tingkat kesulitan. Memorado tidak hanya mampu mengurangi kelelahan. Namun, juga merupakan permainan pelatihan konsentrasi yang dapat di pakai dalam mengembangkan keterampilan berpikir, berhitung, dan mengingat.

10. Praia Bingo

Permainan ini berfokus pada peluang keberuntungan dan daya pikir pemain guna meningkatkan konsentrasi. Di dalam game ini juga ada fitur obrolan yang bisa pemain pakai untuk melakukan interaksi dengan antar pemain.

11. Tricky Test 2

Tricky Test 2 adalah game asah otak yang menampilkan beberapa permainan rumit untuk melihat betapa hebatnya Anda.
Ada berbagai game puzzle kuis untuk mengasah otak Anda di game ini. Jika Anda memainkan permainan asah otak ini secara teratur, Anda benar dapat melatih keterampilan berpikir kritis yang terfokus untuk kreativitas Anda.

12. Sudoku

Untuk memainkan permainan ini Anda harus mengisi setiap kotak yang tersedia bernomor 1 sampai 9 dalam kotak 3×3. Namun, perhatikan bahwa tidak setiap baris, kolom, atau kotak dapat berisi nomor yang sama. Walaupun terlihat sederhana, game ini cukup menantang dan mengasah logika.

13. Lumosity: Brain Training

Lumosity: Brain Training melatih otak Anda dengan cara yang menyenangkan dan interaktif dan belajar cara berpikir.
Sebelum memulai permainan, Anda akan di minta melakukan quick test terlebih dahulu agar dapat menentukan program latihan yang sesuai dengan prioritas Anda. Tidak hanya membuat otak Anda berpikir, tetapi juga diyakini bahwa bermain game ini akan membantu meningkatkan kemampuan daya ingat, perhatian, fleksibilitas, kecepatan pemrosesan pengetahuan, dan pemecahan masalah. Lumosity: Brain Training dapat diunduh dari Play Store dan App Store.

14. Brain out

Memainkan game ini akan menguji kemampuan otak Anda dalam memberikan jawaban yang sama sekali tidak terduga. Kelihatannya mudah, tapi percayalah, Brain Out tidak akan membawa Anda ke level berikutnya semudah itu. Anda harus melalui serangkaian pertanyaan ajaib yang akan membuat Anda menggelengkan kepala.
Walaupun cukup pusing, game ini penuh dengan guyonan jadi tetap asyik saat dimainkan. Brain Out dapat dimainkan secara offline dan tersedia di platform Android dan iOS.

15. Kuis Gamber Saku

Kuis Gambar Saku adalah game yang dikembangkan oleh pengembang Indonesia, Touchten. Game ini akan mengasah otak Anda untuk menebak kombinasi kata berdasarkan gambar yang diberikan. Tebakannya juga bervariasi dari kosa kata sehari-hari hingga membuat pemain harus berpikir keras karena mengasah imajinasi mereka.
Game ini bisa di unduh melalui platform iOS atau Android. Di kemas dengan tampilan yang menarik dan unik yang akan membuatmu semakin menantang untuk menyelesaikan setiap level.

16. Math vs Undead

Di dalam game ini kamu akan merasa tegang karena harus menyelesaikan soal matematika yang di berikan oleh zombie.
Pada saat soal matematika yang perlu kamu selesaikan muncul, zombie yang berwarna tubuh hijau kebiruan juga muncul.
Untuk menyelesaikan masalah dengan cepat, Anda perlu berkonsentrasi dan berkonsentrasi penuh.

17. DO: Draw One Part

DOP: Draw One Part adalah permainan di mana pemain harus menjawab pertanyaan dan perintah dengan menggambar. Yang mana, sebelum menggambar, Anda perlu menebak terlebih dahulu bagian mana yang kurang dari gambar yang ditampilkan.
Di awal permainan, Anda akan diberikan instruksi yang sangat sederhana. Semakin tinggi level yang Anda lewati, semakin sulit petunjuk yang diberikan. Jadi, tidak heran jika game ini benar-benar meningkatkan kreativitas pemain.

18. Infinity Loop

Game asah otak yang bisa dimainkan di tiga platform berbeda yakni Android, iOS dan Windows ini memiliki gaya permainan yang unik. Karena di beberapa level permainan Anda harus menggabungkan semua balok agar tidak bersentuhan.
Namun, di level lain Anda harus membuat semua blok yang terhubung dan bersentuhan dengan Anda. Oleh sebab itu, game yang dikembangkan oleh developer Infinity Loop ini dianggap sebagai game yang dapat meningkatkan logika dan pemikiran kritis para pemainnya.

19. 2048

Siapa di antara kamu yang tidak kenal dengan game 2048? Populer antara tahun 2016 hingga 2018, game asah otak ini menghadirkan game dengan tampilan yang penuh angka.
Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena permainan ini tidak mengharuskan Anda menghitung angka untuk mencapai 2048. Yang harus Anda lakukan adalah menggabungkan angka yang sama untuk mendapatkan skor tertinggi.
Kombinasi angka-angka ini juga sangat sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah memindahkan angka ke kanan, kiri, atas dan bawah.
Setiap pergerakan yang Anda lakukan membawa angka-angka baru. Jadi, Anda perlu memiliki strategi agar angka-angka tersebut tidak memenuhi seluruh bidang.
Pasalnya, jika semua kotak terisi dengan nomor baru yang tidak bisa kamu gabungkan dengan nomor lain, otomatis kamu kalah dalam permainan. Karenanya, game 2048 ini bisa digolongkan sebagai game yang susah-susah gampang.

20. Jigsaw Pazzle

Game ini dapat mengasah memori jangka pendek orang yang memainkannya. Dalam permainan ini Anda harus memilih serangkaian potongan kecil yang terdiri dari berbagai warna dan bentuk yang saling terkait untuk membuat gambar yang lengkap.

Penutup:

Itu tadi beberapa game asah otak yang menyenangkan, populer, dan menantang. Tidak hanya menghibur, game-game ini dapat mengembangkan pemikiran dan keterampilan logis Anda. Anda dapat memainkannya ketika istirahat makan siang atau hanya untuk sementara waktu di antara jam kerja. Namun, jangan terlalu lama sampai pekerjaan Anda terganggu.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *