Mengenal Problem Solving Dan Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Apakah Kamu Tahu Kemampuan Problem Solving Dan Seberapa Pentingkah?

Problem Solving adalah kemampuan untuk menganalisa sebuah masalah untuk menemukan sebuah solusi yang efektif dengan mengidentifikasi apa penyebab dari masalah tersebut. Kemampuan Problem Solving sangat berkaitan erat dengan skill atau potensi yang ada pada diri kita seprti kemampuan meendengar, menganalisa, menentukan penyebab masalah, dan mencari solusi terbaik serta pengambilan keputusan yang tepat dengan mempertimbangkan factor apa saja yang akan terjadi selanjutnya. Hal ini juga dapat berdampak positif pada kakrir mu di pekerjaan bila kamu dapat menjadi seorang Problem Solving ditempat kamu bekerja.

Kali ini kita akan belajar beberpa hal yang bisa dilakukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau menjadi Problem Solving, kamu dapat menerapkan 5 cara berikut:

1. Cari Tahu dan Pahami Masalah

yang pertama kamu harus dapat memahami situasi dimana sebuah masalah itu terjadi, lalu kamu harus mencari tau apa akar masalah yang terjadi, dan pastikan apakah petunjuk yang kamu tyemukan merupakan penyebab dari masalah itu atau bukan. Jangan sampai kamu terpaku dengan gejala dari masalah yang sebenarnya

Misalkan kamu dan rekan kerjamu sedang mengalami penurunan hasil pekerjaan sehingga banyak pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu. Maka kamu harus cari tahu apa penyebab masalah tersebut. Mungkin karena jam kerja yang terlalu banyak atau tugas yang terlalu pendek waktu nya. Masalah ini lah yang harus kamu selesaikan.

2. Mendefinisikan Masalah

Yang selanjutnya yaitu mengidentifikasi masalah yang sedang terjadi, bukan hanya sekedar melihat pada gejala masalah tersebut, namun kamu juga harus melihat dari berbagai prespektif masalah tersebut dan menganalisa akar dari masalah sebenarnya. Karena banyak hal yang dapat melatarbelakangi sebuah masalah itu sebabnya kamu harus melihat masalah tidak hanya drai satu sudut pandang saja.

3. Mengembangkan Solusi Alternatif

Setelah tahu akar masalahnya. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan solusi apa yang dapat segera di lakukan untuk mengatasi masalah dengan segera, untuk dapat melakukanya kamu memerlukan kreativitas dan kemampuan berpikir kritiis dan logis dan mempertimbangkan segala kemungkinan yang dapat terjadi.

Sebagai contoh: ketika membandingkan pendapatan penjualan kamu yang sedang menurun dengan jumlah karyawan yang ada, apakah kamu harus melakukan pengurangan karyawan atau justru menambah karyawan untuk kembali mendongkrak penjualan dari bisnismu. kamu perlu menambah semangat karyawan dengan memberikan target dan bonus bila karyawanmu dapat mencapai target yang di tetapkan. Dengan demikian karyawan akan lebih semangat bekerja dan produksi akan semakin meningkat.

4. Menentukan Solusi Terbaik

Lalu mencari solusi yang teebaik untuk masalah yang sedang terjadi, setelah kamu mempertimbangkan apa saja yang akan terjadi dan sudah menentukan solusi alternatif yang dapat segera di lakukan, coba kamu tentukan solusi yang mana yang dinilai paling tepat dilakukan dengan segera yang penerapannya tidak berpotensi menyebabkan masalah yang lainya.

5. Menerapkan Solusi Dan Mengevaluasi

Ini yang paling menentukan dari tahapan penyelesaian masalah, kamu harus membuat rencana dan menindaklanjuti solusi yang telah di sepakati, tidak lupa kamu juga meminta pandangan dari beberpa teman kerja atau atasan kamu yang akan terlibat dalam evaluasi mengenai masalah tersebut dan cara penerapan yang di sepakati.

Teknik problem solving

Selain dari beberapa hal yang sudah kami jelaskan tadi, ada Teknik Problem Solving yang dapat berguna di tempat kamu bekerja.

• Berpikir Lurus

Sebuah pemecahan masalah pada dasarnya cukup sederhana. Teknik ini lebih menekankan “mengapa” masalah tersebut dapat terjadi, dengan terus bertanya “mengapa” maka kamu akan menemukan akar dari permasalahan tersebut. Lalu dapat segera menyusun strategi dan solusi penyelesainan masalah yang tepat.

• Menggambarkan Hasil Pemikiran

Menerapkan Teknik ini maka kamu harus melakukan perbincangan atau bertanya secara lebih men dalam dan lebih dekat terhadap user. Dengan melakukan pendekatan maka akan dapat terjawab apa akar dari masalah tersebut. Lalu buatlah seuah gambaran yang dapat menjelaskan tentang solusi yang akan di pakai dan cara penerapanya.

• Berfikir Menentukan Solusi

Selanjutnya berfikir bagaimana mencari solusi guna memcahkan masalah dengan apa yang sebenarnya sudah berhasil, Sebagian orang kadang menyelesaikan masalah dengan focus pada apa yang mereka harapkan harus tercapai.

Bagaimana Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving?

Dalam sebuah pekerjaan tentu sangatlah penting adanya sebuah Problem Solving, maka akan sangat berguna bila kamu dapat terus meningkatkan kemampuan Problem Solving kamu.

Karena, dengan terus mengasah kemampuan Problem Solving ini, kamu akan lebih mudah menemukan akar masalah, menentukan solusi, dan menyelesaikan masalah tersebut. Dan akan sangat berguna dalam mengatsi masalah di kehidupan sehari-hari maupun di pekerjaan. Berikut akan kami jelaskan cara meningkatkan kemampuan Problem Solving:

1. Perbanyak Pengetahuan

Memperluas pengetahuan teknis dan non teknis dalam bidang pekerjaan akan sangat berguna untuk kamu. Dengan pengetahuan yang luas tentu akan dapat membantu kamu menyelesaikan masalah juga lebih mudah dalam menentukan solusi yang tepat mengenai masalah yang di hadapi.

Kamu juga dapat mengikuti pelatihan sesuai dengan bidang profesi kamu untuk terus menguatkan skill dan menambah pengetahuan di bidang pekerjaan yang kamu lakukan..

2. Ubah Pola Pikir

Ubah pola pikira yang kamu miliki supaya dapat meingkatkan kemampuanmu dalam memecahkan sebuah masalah. Jangan melihat masalah sebagai beban tapi ubah pola pikirmu dengan melihatnya sebagai hal yang menarik dan perlu di selelsaikan.

Dengan demikian kamu akan lebih mudah meenghadapi masalah dan dapat berpikir secara lebih ringan untuk menentukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut, dan membuat kamu semakin padai dan disenangi oleh atasan kamu.

3. Latihan Menyelesaikan Masalah

Dengan rutin berlatih kamu dapat meningkatkan kemampuanmu, dengan membaca buku mengenai cara Problem Solving atau kasus scenario kasus Problem Solving. Berlatih memecahkan masalah dikehidupan sehari-hari juga sangat berguna mengasah pola pikirmu bagaimana menentukan solusi atau jalan keluar dari masalah itu. Dengan demikian kamu akan lebih ketika mengalami masalah di tempat kerja tanpa bingung menyelesaikan masalah tersebut.

4. Gunakan Metode Mind Mapping

Belajarlah menggunakan metode ini saat kamu ingin menyelsaikan masalah. Metode ini mebantu memetakan informasi yang kamu miliki sehingga kamu akan lebih mudah menganalisa apa penyebab dari masalah utama. Metode ini juga membantu melatih otak untuk meninghkatkan kemampuan berfikir dan memfokuskan pikiran dan dapat menemukan banyak ide.

5. Lihat Cara Orang Lain Menyelesaikan Masalah

Pasti kamu mempunyai rekan kerja di kantormu. Nah, kamu dapat mencoba mengamati cara orang yang lebih senior dan perpengalaman tersebut menyelesaikan masalahnya. Dengan demikian kamu akan mendapat pengetahuan baru dan menambah skill Problem Solving kamu.

6. Ikut Terlibat Dalam Berbagai Proyek

Kamu harus berani mencoba hal baru untuk mendapat pengalaman baru dan kemampuan Problem Solving kamu terus berkembang. Dengan begitu akan membantu kamu mengasah kemampuan. Salah satu contoh mengajukan diri terlibat dalam organisasi tertentu atau proyek tertentu.

7. Main Game Untuk Mengasah Otak

Bermain game juga dapat membantu kamu untuk mengasah kemampuan berfikir otak. Dan membantu meningkatkan daya ingat serta kemampuan menyelesaikan masalah.

8. Fokus Pada Solusi, Bukan Pada Masalah

Cobalah kamu focus mencari solusi pada suatu masalah jangan teralihkan dengan masalah yang sedang terjadi. Ketika kamu berfokus pada masalah maka otak akan secara spontan menimbulkan emosi negative dan kepanikan sehingga kamu akan sulit berfikir dengan tenang.

9. Melatih Kemampuan Komunikasi

Melatih kemampuan komunikasi sangatlah penting dalam membantu proses iidentifikasi sebuah masalah bila melibatkan orang lain. Bila kita mempunyai cara komunikasi yang baik, maka kita akan dapat dengan mudah menggali informasi dari orang yang terkait.

Akhir Kata:

Itu tadi beberapa hal yang harus kamu tahu untuk meningkatkan kemampuanmu dalam menyelesaikan sebuah masalah. Bila kamu dapat menerapkannya satu persatu kami yakin kemampuanmu dalam Problem Solving akan semakin meningkat dan tentu akan sangat berguna dimanapun kamu berada.

 

2 thoughts on “Mengenal Problem Solving Dan Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *