Penyebab Akun Shopee Dibatasi Karena Paylater Yuk Simak

Akun Shopee Dibatasi karena Paylater – Shopee menjadi salah satu aplikasi belanja online yang sudah banyak memberikan manfaat untuk penggunanya.

Apalagi tampilan aplikasi yang mudah dimengerti oleh siapapun, dan kemudahan dalam berbelanja yang diberikan oleh shopee. Salah satu inovasi shopee yang telah banyak dimanfaatkan oleh penggunanya adalah shopee paylater.

Shopee paylater telah banyak memberikan manfaat untuk penggunanya. Dimana pemilik akun shopee yang telah mengaktifkan paylater akan mendapatkan limit belanja. Nominal limit yang diberikan ini akan berbeda – beda untuk setiap akun.

Namun, fungsinya tetaplah sama yaitu kalian bisa berbelanja produk sekarang dan bayar nanti, serta prosesnya cepat dan instan.

Pengguna shopee paylater bisa belanja barang di shopee dan membayarnya di bulan depan atau bisa juga dengan memilih tenor pembayaran mulai dari 3 hingga 12 bulan.

Tentu saja adanya shopee paylater ini, pemilik akun juga harus memperhatikan syarat dan ketentuan yang diberlakukan pihak shopee. Hal yang kerap sekali terjadi adalah banyak sekali pengguna yang telat membayar shopee paylater.

Padahal keterlambatan pembayaran spaylater ini bisa berdampak terhadap akun kalian. Tahukah kalian jika akun shopee tidak bisa digunakan karena telat bayar shopee paylater? Atau saat ini kalian sedang mengalaminya?

Nah, kali ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai apa saja yang menjadi penyebab akun shopee dibatasi karena terlambat bayar paylater dibawah ini.

Penyebab Akun Shopee Dibatasi Karena Paylater

Seperti yang telah kita bicarakan pada bagian sebelumnya, bahwasannya penyebab akun shopee dibatasi karena paylater ini adalah diakibatkan karena keterlambatan pembayaran.

Akun shopee biasanya mulai dibatasi aktivitasnya jika kalian telat membayar tagihan spaylater lebih dari dua bulan.

Namun, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah hal yang akan kalian dapatkan jika telat membayar tagihan.

  • Jika telat membayar spaylater dalam jangka waktu satu bulan, kalian akan dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5% per bulan dari total tagihan.
  • Pembatasan aktivitas akun shopee dimana kalian akan kesulitan mengelola akun dan terbatas menggunakan voucher shopee.
  • Nama kalian akan tercatat di slik OJK yang menyebabkan kesulitan mendapatkan pembiayaan dari bank.
  • penyebab akun shopee dibatasi karena paylater selanjutnya Ditagih langsung ke rumah kalian.

Hal – hal tersebut pasti sudah kalian ketahui sejak awal, karena di awal pengajuan paylater telah tertulis di perjanjian pinjaman dengan jelas oleh pihak shopee.

Biasanya akun shopee akan mulai dibatasi jika kalian telah telat membayar spaylater lebih dari dua bulan. Biasanya akan muncul perigatan “ GAGAL (A02)” dengan tulisan “Akun Anda telah dibatasi dari aktivitas pembelian dan penjualan karena telah melanggar kebijakan shopee / dikarenakan keterlambatan pembayaran tagihan spaylater”

Sehingga dapat disimpulkan penyebab akun shopee tidak bisa digunakan adalah adanya keterambatan pelunasan tagihan spaylater lebih dari dua bulan.

Jika lebih dari dua bulan biasanya akun shopee tidak hanya dibatasi saja, nama kalian akan terbacklist pada slik OJK dan ada penagiahan langsung ke rumah.

Cara Mengatasi Akun Shopee Dibatasi Karena Paylater

Pembatasan akun yang dilakukan oleh shopee, pasti alasannya tak jauh – jauh dari pengguna yang telah melakukan pelanggaran. Pelanggaran yang dilakukan dapat terkait dengan spinjam, spaylater, etika penjual dan pembeli.

Kali ini kita akan membahas terkait akun shopee dibatasi karena telat bayar shopee paylater. Lantas bagaimana cara mengatasi permasalahan ini jika nanti kalian mengalaminya? Simak caranya di bawah ini.

Hanya ada satu cara mengatasi akun shopee dibatasi atau dibekukan, yaitu dengan mangajukan banding pemulihan akun ke pihak shopee.

Pengajuan banding ini dapat dilakukan maksimal 30 hari setelah kalian mendapatkan email bahwa akun shoppe telah dibekukan.

Syarat Memulihkan Akun Shopee Yang Dibatasi

Namun, tentu saja pengajuan banding ini harus memenuhi syarat – syarat yang tentukan oleh shopee. Syarat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

  • Menyiapkan identitas diri yang digunakan daat mendaftar shopee yaitu KTP
  • Bukti pembelian terakhir sebelum akun dibekukan, dapat berupa resi pengiriman atau foto produk (jika kalian ingin naik banding sebagai pembeli)
  • Fotocopy surat ijin usaha jika kalian naik banding sebagai penjual atau pemilik toko.
  • Bukti pengiriman produk, dapat berupa resi (banding sebagai penjual)
  • Bukti bahwa kalian memiliki produk tersebut (contohnya faktur supplier, atau nomor resi)
  • Informasi terkait bisnis kalian di shopee
  • Mengajukan banding tidak lebih dari 30 hari setelah menerima email bahwa akun shopee dibekukan atau dibatasi

Cara Memulihkan Akun Shopee Yang Dibatasi Karena Paylater

Jika syarat di atas telah kalian miliki, selanjutnya adalah mengisi formulir banding pada halaman https://help.shopee.co.id/ dan cari formulir banding, atau kalian bisa membukanya melalui email notifikasi pembekuan akun.

1. Isilah data diri berupa : Nama lengkap, Username akun shopee, Alamat email, dan nomor handphone yang dapat dihubungi. Pastikan kalian telah mengetik semua identitas diri dengan benar dan tidak ada typo.

penyebab akun shopee dibatasi karena paylater
penyebab akun shopee dibatasi karena paylater

2. Selanjutnya isi kendala yang menjadi penyebab dengan detail dan jelas, lalu upload foto atau bukti akun shopee dibatasi karena telat bayar shopee paylater. Kemudian isi kolom alasan mengapa akun kalian harus diaktifkan kembali.

penyebab akun shopee dibatasi karena paylater
penyebab akun shopee dibatasi karena paylater

3. Cara mengatasi akun shopee dibatasi karena paylater selanjutnya dengan upload dokumen pendulung yang diminta seperti gambar berikut ini

penyebab akun shopee dibatasi karena paylater
penyebab akun shopee dibatasi karena paylater

Setelah kalian mengisi formulir pengajuan banding akun dengan lengkap dan benar, maka kalian dapat mengirim form tersebut. Selanjutnya kalian harus menunggu hasil banding akunnya, jika kalian terbukti tidak melanggar aturan yang berlaku, maka akun akan diaktifkan kembali.

Ciri – Ciri Akun Shopee Dibatasi Karena Paylater

Selain itu kalian juga perlu memahami apa saja yang menjadi ciri-ciri aku shopee dibatasi ini. nah dibawah ini kami telah merangkum beberapa ciri yang harus kalian ketahui :

  • Salah satu hal yang paling mudah diketahui yakni dengan munculnya notifikasi dari pihak shopee dengan ditandai munculnya kode A02 shopee dibekukan.
  • Anda tidak bisa lagi bertransaksi lagi karena akun anda telah dibekukan sementara oleh pihak shopee.
  • ciri selanjutnya anda akan mendapat email yang berisi tentang pemberitahuan bahwa akun shopee anda telah melakukan pelanggran dan dikenakan sanksi pembatasan.
  • Anda tidak bisa menggunakan limit paylater untuk membeli atau membayar kebutuhan lewat aplikasi shopee.

Jika sudah begini, kalian tidak dapat melakukan transaksi apapun di shopee karena ingin login pun sudah tidak bisa. Sehingga disini kalian harus mengajukan banding akun jika ingin akun diaktifkan kembali.

Kenapa Akun Shopee Dibatasi Padahal Sudah Bayar

Untuk menjawab pertanyaan kenapa akun shopee dibatasi padahal sudah bayar yang peing tepat yaitu penyebab akun dibatasi bukan hanya karena kalian telat membayar spaylater.

Berikut ini beberapa penyebab akun shopee dibatasi selain telat membayar spaylater :

  1. Kalian menggunakan identitas diri yang sama untuk mendaftarkan lebih dari 5 toko
  2. Terjadi aktivitas mencurigakan di akun kalian seperti potensi peretasan akun, sehingga untuk menjaga keamanan maka akun kalian dibatasi oleh shopee
  3. Memalsukan informasi penjualan
  4. Menyalahgunakan adanya promosi, voucher belanja dan free ongkir
  5. Melakukan penipuan
  6. Akun shopee disalahgunakan (spam)
  7. Mengunggah produk duplikat
  8. Membuat pesanan palsu
  9. Membuat informasi yang berisi agar pembeli melakukan transaksi di luar shopee
  10. Melanggar aturan syarat layanan
  11. Terus mengupload produk yang telah dihapus sebanyak 20 kali oleh shopee
  12. Melanggar kebijakan logo pada profil foto
  13. Mengupload produk jasa dan digital tidak sesuai dengan sub kategorinya

Itulah tadi penyebab Kenapa Akun Shopee Dibatasi Padahal Sudah Bayar. Jika kalian telah membayar tagihan spaylater, namun menemukan akun kalian dibekukan, itu artinya penyebab akun kalian dibekukan bukan karena telat membayar spaylater. Melainkan salah datu dari point di atas yang mungkin telah kalian lakukan.

Bagaimana Jika Akun Shopee Dibatasi Tapi Masih Ada Tagihan ?

Selain menjelaskan tentang penyebab dan cara mengatasi akun shopee paylater dibatasi, kami juga menambahkan informasi terkait dibawah ini.

Hal ini biasanya hanya membatasi aktifitas tertentu saja apalagi jika kalian masih memiliki tagihan. Tagihan spaylater uang belum dilunasi akan terus dikenakan denda dan tagihan yang akan segera jatuh tempo juga akan tetap dibebankan ke kalian.

Case disini yang dibatasi bukan akun kalian, melainkan spaylater kalian yang akan dibekukan. Untuk mengaktifkan kembali spaylater, kalian harus melunasi tagihan yang telah lewat jatuh tempo beserta bunganya.

Selanjutnya untuk mengaktifkan kembali paylater yang telah dibekukan, maka kalian harus mengubungi CS shopee. Waktu yang dibutuhkan untuk mengatifkan spaylater biasanya 3 hari kerja sehingga kalian bisa menggunakan kembali limit spaylater.

Baca Juga : Cara Membayar Shopee Paylater Jika Akun Hilang

Sampai Kapan Akun Shopee Dibatasi Karena Paylater ?

Pembatasan akun shopee dibagi menjadi dua jenis, yaitu pembatasan sementara dan permanen. Pembatasan akun shopee sementara dapat kalian akttifkan lagi dalam waktu 1X24 jam.

Untuk pembatasan akun shopee permanen, akun baru bisa dipilihkan jika kalian melakukan banding. Lamanya pembatasan akun shopee ini juga bergantung kepada kalian.

Akun shopee dibatasi karena tunggakan cicilan dapat diaktifkan kembali setelah kalian mengajukan permohonan banding. Permohonan banding ini dapat dilakukan maksimal 30 hari setelah kalian menerima email pembatasan akun.

Jika telah melewati 30 hari dari menerima email notifikasi, maka akun shopee akan dihapus secara permanen oleh pihak shopee.

Baca Juga : Cara Melaporkan Penjual Di Shopee Nakal Dan Penipu

Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan terkait pembatasan akun shopee dikarenakan telat membayar shopee paylater.

Semoga infomasi ini dapat bermanfaat untuk kalian yang sedang mengalami akun shopee dibatasi karena shopee paylater. Sampai jumpa kembali di artikel selanjutnya.

Tinggalkan komentar