Cara Live Streaming dengan Kamera DSLR

Cara Live Streaming dengan Kamera DSLR – Di era kemajuan teknologi yang semakin canggih, banyak sekali hal – hal yang bisa dipelajari walaupun hanya secara online. Salah satunya melalui live streaming.

Bagi anda yang sering melakukan live streaming dengan berbagai tujuan, bisa meningkatkan kualitas gambar di live streaming menggunakan kamera DSLR. Tentu saja ini menjadi kabar baik bagi pengguna kamera DSLR, karena kamera DSLR bisa untuk live streaming.

Apakah Kamera DSLR Bisa Untuk Live Streaming?

Jika anda ingin menggunakan kamera untuk live streaming, maka webcam pada laptop atau PC anda akan digantikan oleh kamera DSLR untuk live streaming. Lalu anda perlu mendownload software EOS Webcame Utulity Beta yang dirilis oleh Canon. Kemudian tidak lupa untuk

menyiapkan juga kabel USB yang akan menghubungkan kamera DSLR ke PC ataupun laptop anda.

Software beta tersebut akan memberikan penampilan video yang lebih jelas dengan kualitas yang tinggi. Namun, karena software tersebut masih berstatus beta, mungkin anda akan menemukan bug selama penggunaan. Selain itu juga software baru tersedia untuk sistem OS Windows 10 64-bit.

Bagaimana Cara Live Streaming Dengan Kamera DSLR?

Jangan khawatir karena ischakfotografi.com akan memberikan tips yang mudah dipahami. Berikut ini cara live menggunakan kamera DSLR.

Ada beberapa perangkat yang perlu anda siapkan, sebelum menggunakan kamera untuk live streaming. Berikut adalah perangkat yang perlu disiapkan.

  1. Laptop atau PC
  2. Kamera DSLR (atau kamera mirrorless, bisa juga menggunakan camcorder, kamera aksi maupun kamera saku)
  3. Elgato Cam Link 4K (pastikan kamera yang anda gunakan kompatibel dengan Elgato Cam Link 4K)
  4. Kabel micro HDMI to HDMI
  5. Tripod
  6. Lampu LED (ini opsional, jika anda merasa ruangan live streaming kurang terang)
  7. Baterai Dummy yang sesuai dengan tipe kamera untuk live streaming
  8. Software OBS Studio

Jika anda sudah menyiapkan perangkat yang dibutuhkan, berikut ini tahap – tahap yang harus dilakukan untuk live streaming dengan kamera DSLR.

1. Sambungkan kamera DSLR untuk live streaming dengn baterai dummy. Mengganti baterai kamera dengan baterai dummy dilakukan untuk menghindari kamera kehabisan daya saat live streaming. Selanjutnya sambungkan baterai dummy ke colokan listrik.

2. Setelah kamera dan baterai dummy siap, pasang kamera pada tripod. Jika anda merasa ruangan untuk live streaming kurang cahaya, maka gunakan lampu LED untuk mendapatkan cahaya maksimal.

3. Selanjutnya, hubungkan kamera ke perangkat Elgato Cam Link 4K menggunakan kabe HDMI to HDMI. Kemudian tancapkan Elgato Cam Link 4K ke dalam port HDMI PC maupun laptop.

4. Jika semua telah terhubung, anda bisa menyalakan kamera. Jangan lupa untuk menonaktifkan opsi output info display pada menu setting kamera.

5. Pastikan laptop atau PC anda sudah terinstal aplikasi OBS studio. Software ini dapat diunduh secara gratis.

6. Jika anda ingin melakukan live streaming di youtube, maka masuklah ke kanal youtube creator studio anda melalui browser. Pada bagian depan youtube creator studio, pilih create and Go Live. Lalu pilih streaming.

7. Pastikan anda telah melengkapi semua info terkait ativitas streaming yang akan anda lakukan. Kemudian scroll ke bawah, hingga menemukan menu encorder setup. Pada menu ini akan ada dua kolom, yaitu server URL dan stream name or key yang di sembunyikan. Klik opsi reveal untuk mencopy sandi yang nantinya harus di masukkan ke OBS Studio.

8. Pada OBS studio, anda harus masuk ke menu setting yang terletak pada bagian bawah kanan layar. Klik opsi stream, pada stream type pilihlah streaming service. Selanjutnya di bagian service, pilihlah youtube atau youtube gaming . Pada menu server pilih primary youtube ingest server. Kamudian pada kolom stream key, paste sandi yang sudah anda copy pada tahap sebelumnya. Pilih apply dan klik OK.

9. Jika anda ingin melakukan siaran langsung, klik menu source pada OBS Studio. Klik tanda (+) dan pilih opsi video capture device serta isi nama perangkat. Pada bagian device, pilih cam link 4K. Setelah itu anda bisa memilih resolusi video untuk siaran langsung. Jika merasa koneksi internet anda kencang dan stabil, maka pilih opsi 4K untuk kualitas terbaik. Klik OK.

10. Ketika semua sudah siap, sebelum anda menekan tombol start streaming pastikan audio dan video sudah sinkron. Apabila menemukan delay, pada bagian kolom mixer anda bisa mengontrol sync offset sampai video dan audio sinkron.

11. Jika audio dan video sudah sinkron, anda bisa memulai streaming dengan menekan start streaming. Akhirnya anda bisa menggunakan kamera DSLR untuk live streaming.

Itulah tahap – tahap yang harus di lakukan jika menggunakan kamera DSLR untuk live streaming.

Cara Live Streaming Multi Camera

Selain kamera DSLR bisa untuk live streaming, anda juga bisa menggunakan beberapa kamera untuk live streaming. Hal ini di kenal dengan live streaming multi camera.

Selanjutnya bagaimana cara live streaming multi camera? Nah, ada beberapa perangakat yang harus di siapkan untuk melakukan live streaming multi camera.

1. Anda perlu menyiapkan beberapa kamera, di sarankan menggunakan kamera dengan tipe yang sama untuk menghindari perbedaan kualitas video yang di hasilkan.

2. Siapkan switcher yang akan berfungsi untuk memindah tayangan dari kamera satu ke kamera lainnya.

3. USB Grabber / Cam Link yang akan di gunakan untuk mentransfer video dari kamera ke dalam laptop atau PC anda, sehingga bisa di tampilkan ke aplikasi live streaming yang anda pilih.

4. PC ataupun Laptop yang akan menjadi control center berjalannya live streaming.

5. Koneksi internet yang kencang dan stabil, agar live streaming anda menampilkan kualitas gambar yang jelas dengan resolusi tinggi.

Jika kelima hal di atas sudah anda siapkan, anda sudah bisa melakukan live streaming, misalnya di platform youtube. Nah, Berikut adalah beberapa hal yang perlub anda perhatikan.

1. Pastikan anda telah mempunyai akun youtube yang telah terverifikasi.

2. Fitur live streaming pada akun youtube sudah aktif dan tersedia (statusnya enabled)

3. Chanel youtube anda harus sudah menjadi partner verified.

Live streaming multi camera biasanya di lakukan untuk event yang persiapannya sudah di rencanakan dengan matang. Hal ini di karenakan video yang di tampilkan harus profesional, oleh sebab itu di butukan beberapa perangkat kamera.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan terkait cara live streaming dengan kamera DSLR dan cara live streaming multi camera. Artikel ini juga telah menjawab pertanyaan anda bahwa kamera DSLR bisa untuk live streaming. Semoga artikel ini menambah wawasan anda dalam hal live streaming.

Artikel Terkait : 

Tinggalkan komentar