Cara Menghubungkan Kamera DSLR ke OBS Studio

Cara Menghubungkan Kamera DSLR ke OBS Studio – Apakah Anda sebelumnya pernah melakukan live streaming menggunakan komputer atau laptop? Masihkan Anda mengandalkan webcam yang terdapat di bawaan laptop saat streaming maupun zoom meeting? Pasti kualitas video yang ditampilkan tidak sebagus seperti menggunkan lensa pada kamera DSLR.

Apabila Anda ingin menggunakan kamera DSLR sebagai pengganti kamera webcam, ada beberapa cara yang bisa di gunakan untuk menghubungkan kamera ke perangkat komputerAnda. Berikut ini ada tiga cara untuk menghubungkan kamera DSLR ke komputer :

Cara Menghubungkan Kamera DSLR ke OBS Studio

1. Menggunakan kabel USB

  • Siapkan software SparkoCam atau bisa juga EOS Utility yang merupakan software bawaan dari canon, serta jangan lupa siapkan juga kabel data USB (untuk canon 80D menggunakan kabel USB tipe mini)
  • Pastikan Anda sudah menginstal kedua software yang telah disebutkan di poin pertama ( EOS Utility include driver kamera)
  • Hubungkan kabel USB dari kamera ke komputer. Secara otomatis komputer mendeteksi perangkat baru dan memasang driver otomatis
  • Jika perangkat baru telah teridentifikasi, selanjutnya buka aplikasi SparkoCam
  • Selanjutnya Anda bisa mengaktifkan tipe kamera pada tab device. Dan akhirnya Anda bisa merekam maupun live streaming menggunakan kamera canon
  • Software SparkoCam pada tampilannya ada watermark yang hanya bisa di hilangkan dengan membeli serial number seharga $70 dollar USD
  • Kemudian buka aplikasi EOS Utility dan pilih remote setting dan lalu live view shot. Dengan begitu kamera yang terhubung bisa di setting melalui komputer
  • Software bawaan ini memiliki kelemahan karena perangkat kamera yang terhubung dengan komputer tidak terbaca sebagai media capture yang mengakibatkan tidak terdeteksi di video conference, apk recording atau live streaming

2. Menggunakan HDMI

  • Persiapkan HDMI capture, kabel HDMI, dan HDMI converter untuk jack ke kamera
  • Software yang digunakan bernama OBS (Open Broadcaster Software)
  • Kekurangan dari cara ini adalah tidak bisa melihat tampilan di kamera langsung (harus melalui layar komputer) dan sleep screen akan menghilangkan tampilan. Anda bisa menekan tombol start untuk memunculkannya lagi

3. Menggunakan Wifi

  • Pastikan komputer dan kamera Anda memiliki fitur wifi.
  • Pasang EOS Utility di komputer Anda
  • Buka setting wireless communication setting dan aktivkan wifi/NFC
  • Pada wifi function pilihlah remote control, lalu “review/change setting”, terkahir pilih “change set”
  • Pilihlah metode “easy connection”, disini akan tertera SSID (nama wifi pada kamera)
  • Setelah itu kembali ke komputer, buka wifi connection dan hubungkan dengan SSID dari kamera tersebut
  • Jika sudah terhubung, “pairing over wifi/lan” dan pilih connect. Lalu konfirmasi koneksi di kamera Anda.
  • Kalau sudah terhubung, pilih “live view shoot”
  • Komputer dan kamera Anda sudah terhubung.
  • Kekurangan dari koneksi wifi yakni video delay dan kurang smooth

Itulah tiga cara yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dan kamera guna live streaming. Dari ketiga cara tersebut pilihan menggunakan HDMI yang paling sering digunakan. cara ini juga bisa digunakan sebagai cara menyambungkan kamera Hp ke lapttop.

Hal ini dikarenakan software OBS merupakan perangkat open source, yang artinya dapat digunakan secara gratis di berbagai perangkat.

“Baca Juga :  Cara Nonton Live Streaming Bola Online Unlimited Gratis “

Penjelasan Apa Itu OBS ?

Pengertian OBS (open broadcaster software) menurut The Broodle, di jelaskan sebagai perangkat lunak yang dapat meningkatkan kualitas video ketika live di berbagai platform. OBS sering kali di gunakan untuk live di instagram, youtubue, dan twitch. Tujuannya untuk mengoptimalkan video dan kualitas streaming secara real time.

Terlebih lagi OBS termasuk perangkat open source yang dapat di gunakan free untuk berbagai perangkat. Software ini dapat di install di perangkat minimal versi Windows 7, Mac OS X 10.10, Ubuntu 14.04. Beberapa fitur yang di miliki OBS yang di kutip dari situs resminya adalah sebagai berikut :

1. Mendukung adanya multicam ketika live

Apabila Anda pernah melihat acara live di televisi, maka Anda pasti melihat bahwa ada beberapa kamera yang di gunakan untuk merecord show talent. Record aksi tersebut di siarkan secara bergantian.

OBS mampu melakukan hal serupa di atas, karena Anda dapat memasukan beragam scene ke dalam aplikasi ini. Selanjutnya scene tersebut dapat di tayangkan dengan bergantian.

Fitur ini memberikan kemudahan bagi Anda yang aktif menggunakan media sosial untuk live streaming.

2. Mixer audio bawaan

Mixer audio bawaan menjadi salah satu fitur unggulan, karena dengan fitur ini Anda dapat mengatur audio dari setiap scene agar tetap enak di dengar.

Selain itu juga, Anda dapat memasukan audio dari scene tertentu, tetapi scene yang di tampilkan secara live berganti – ganti. Fitur yang sangat bisa di andalkan ketika Anda cukup banyak menggunakan mic eksternal.

3. Dapat melakukan perekaman layar

Pertama kali di kemunculan software ini, para gamer telah banyak yang menggunakan perangkat lunak ini untuk merekam layar secara real-time. Sehingga dapat memainkan game dan memperlihatkan permainannya di live youtube maupun instagram.

Jadi, fitur satu ini memberikan Anda kemudahan untuk merekam proses live yang Anda lakukan.

4. Menyisipkan teks ketika live

Pada saat melakukan live, biasanya ada beberapa hal harus ditulis di layar live. Disini Anda dapat menambah running text ketika live menggunakan OBS. Bagi Anda yang ingin melakukan live di instagram, dapat dengan mudah menyiarkannya via instafeed.me atau yellowduck.

Cukup copy link dari kedua website tersebut dan masukan linknya ke OBS. Kemudian live Anda sudah dapat di siarkan.

“Baca Juga : Cara Menyambungkan Kamera HP Ke Laptop “

Cara Live Streaming Zoom Di Youtube Dengan OBS

Setelah mengetahui apa itu OBS dan beberapa keunggulan fiturnya, apakah Anda tertarik mencoba live streaming menggunakan OBS ? Jika tertarik, maka ada beberapa perangkat yang perlu di siapkan, di antaranya :

  • Laptop atau PC
  • Elgato Cam Link 4K
  • Kamera mirrorless atau DSLR, atau jika tidak ada bisa menggunakan camcorder, kamera saku, ataupun kamera aksi (cukup pastikan saja kamera Anda kompatibel dengan Elgato Cam Link 4K
  • Tripod
  • Kabel mikro HDMI to HDMI
  • Lampu LED / studio lighting (optional)
  • Baterai dummy (yang sesuai dengan kamera Anda)
  • Software OBS Studio

Berikut ini langkah – langkah Cara Menghubungkan Kamera DSLR ke OBS studio :

1. Siapkan kamera yang Anda miliki (mirrorless, DSLR, camcorder maupun kamera aksi)

2. Gunakan baterai dummy untuk menghindari kehabisan baterai saat live. Baterai ini menggantikan baterai kamera, sambungkan kabel baterai dummy ke colokan listrik

3. Kemudian Pasang kamera ke tripod dan gunakan tambahan lampu LED jika ruangan yang di gunakan minim cahaya.

4. Selanjutnya Gunakan kabel HDMI to HDMI untuk menghubungkan kamera ke Elgato Cam Link 4K. Pasangkan Elgato Cam ke port HDMI di PC atau laptop

5. Setelah itu Kemudian Pastikan semuanya terhubung dan di menu setting nonaktifkan opsi output info display HDMI

6. Setelah itu Pastikan PC atau laptop Anda sudah terinstal OBS Studio

7. lalu Login ke youtube Anda melalui browser. Di halaman depan pilih create and go. Lalu klik opsi live streaming

8. Kemudian Lengkapi dan isinsemua info terkait aktivitas live streaming yang akan di lakukan, lalu scroll ke bawah hingga menemukan menu encorder setup. Disini Anda dapat melihat dua kolom yang berisi server URL dan stream name yang disembunyikan. Klik opsi reveal untuk melihat kata sandi dan salin kata sandi ke OBS studio.

9. Selanjutnya masuk ke menu setting pada OBS studio di bagian bawah kanan layar, dan pilih opsi stream. Pada stream type pilihlah streaming service. Kemudian pilih youtube atau youtube gaming, dan primary youtube ingest server. Di kolom stream key, isi dengan kata sandi yang sudah di salin dari youtube. Klik apply dan oke.

10. Selanjutnya, Klik menu sources di OBS untuk memulai siaran langsung. Klik tanda (+) dan pilih opsi video capture device, isilah nama perangkat dan ada bagian device pilih Cam Link 4K. Pilih juga resolusi video untuk siaran langsung. Jika merasa jaringan internet Anda stabil dan kencang pilih opsi 4K untuk mendapatkan kualitas terbaik.

11. Apabila semua sudah siap. Pastikan audio sinkron dengan video yang di tampilakan. Jika ada delay atau lag, Anda bisa menngatir sync offset hingga suata sinkron dengan video di bagian kolom mixer.

12. Klik tombol start untuk memulai live streaming.

Itulah langkah – langkah yang harus di ikuti untuk melakukan live streaming di youtube menggunakan OBS studio.

“Baca Juga : Cara Agar Kamera Zoom Tidak Mirror “

Akhir Kata

Demikianlah informasi tentang Cara Menghubungkan Kamera DSLR ke OBS Studio.  dan tutorial melakukan live streaming di kanal youtube menggunakan kamera DSLR ataupun mirrorless via OBS studio.

Tetaplah bijak menggunakan berbagai kemajuan teknologi yang dapat membantu segala aktivitas Anda. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang cukup bagi Anda yang ingin mencoba live streaming meggunakan OBS studio.

Tinggalkan komentar