Kenapa Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri

Kenapa Kamera Whatsapp Ngezoom Sendiri – Whatsapp adalah aplikasi chat yang sangat populer. Mengingat siapapun pengguna smartphone pasti memiliki akun whatsapp di dalamnya.

Whatsapp bukan hanya sekedar aplikasi chat saja. Anda juga bisa berbagi foto dan video yang direkam secara langsung menggunakan aplikasi ini. Anda pun bisa membuat story melalui kamera whatsapp.

Namun, akhir – akhir ini ditemukan masalah baru terkait kamera yang ada di whatsapp. Masalah tersebut adalah kamera whatsapp yang ngezoom sendiri ketika digunakan.

Hal tersebut tentu saja membuat user whatsapp bertanya – tanya penyebabnya. Sehingga mencari tahu sendiri bagaimana cara mengatasinya.

Saat ini alasan utama penyebab kamera Whatsapp ngezoom sendiri adalah adanya bug pada aplikasi. Meskipun ada beberapa alasan tertentu menurut penggunanya.

Cara Mengatasi Kamera WhatsApp Ngezoom Sendiri

Untuk mengatasi kamera whatsapp ngezoom yang diakibatkan berbagai penyebab. Berikut ini ada beberapa cara mengatasinya versi ischakfotografi.com. Ada bisa melakuan cara di bawah ini secara berurutan.

1. Tutup Dan Buka Kembali Whatsapp Anda

Pertama – tama cobalah untuk menutup aplikasi whatsapp dan kemudian membukanya kembali. Dengan melakukan ini, sistem aplikasi whatsapp akan memuat ulang.

Sehingga masalah yang muncul sebelumnya akan hilang. Hal ini berlaku juga untuk kamera whatsapp yang ngezoom tiba – tiba.

2. Hapus Cache Whatsapp

Jika anda telah melakukan langkah pertama, tetapi kamera whatsapp masih belum kembali normal. Anda bisa menghapus cache aplikasi whatsapp.

Cache merupakan sekumpulan file yang dihasilkan oleh aplikasi dan akan tersimpan secara otomatis pada memori perangkat anda. Sayangnya, banyak file cache bisa menjadi salah satu penyebab kamera whatsapp ngezoom sendiri.

Sehingga anda perlu menghapusnya untuk mengatasi masalah yang terjadi pada aplikasi. Menghapus cache tidak akan membuat data anda hilang.

Nah untuk menghapus cache aplikasi whatsapp, berikut ini caranya. Sebelumnya cara menghapus cache ini dilakukan pada smartphone android. Untuk sistem iOS anda bisa menyesuaikannya.

  1. Bukalah menu setting pada smartphone
  2. Lalu pilih pengaturan aplikasi
  3. Carilah dan pilih whatsapp aplikasi
  4. Pilihlah hapus data
  5. Kemudian pilih hapus cache

Setelah menghapus cache anda bisa kembali mencoba membuka aplikasi whatsapp.

Baca Juga : Cara Mengetahui Lokasi Foto Di Instagram Whatsapp 

3. Update Aplikasi Whatsapp

Cara selanjutnya yang bisa anda coba adalah dengan membuka playstore maupun Appstore. Lalu mengecek apakah aplikasi whatsapp anda membutuhkan update atau tidak.

Biasanya pihak whatsapp akan langsung memperbaiki bug yang terjadi. Sehingga anda perlu melakukan update aplikasi whatsapp.

Jika anda belum tahu bagaimana mengeceknya, berikut ini adalah langkah – langkahnya :

  1. Bukalah aplikasi Google Play Store ataupun App Store
  2. Carilah dan klik Whastapp aplikasi
  3. Klik tombol update jika tersedia pilihan update

Setelah aplikasi di update, cobalah buka kembali aplikasi whatsapp dan periksa apakah kameranya masih ngezoom sendiri atau tidak.

4. Restart Handphone

Jika tiga cara sebelumnya masih belum bisa mengatasi kamera whatsapp yang tiba tiba ngezoom. Maka anda bisa mencoba untuk restart smartphone yang anda gunakan.

Apabila handphone anda telah nyala kembali, anda bisa membuka kembali aplikasi whatsapp. Sehingga anda akan tahu apakah sudah berfungsi normal kembali atau belum.

5. Install Ulang Whatsapp

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah dengan menginstall ulang aplikasi whatsapp. Namun, lakukanlah backup terlebih dahulu agar riawayat chat anda tidak hilang.

Penyebab Kenapa Kamera WhatsApp Nge-Zoom Sendiri

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kamera whatsapp yang ngezoom tiba tiba. Tentu saja penyebab kamera whatsapp ngezoom sendiri masih menjadi pertanyaan. Selanjutnya mari kita ulas bersama penyebab kamera aplikasi whatsapp ngezoom.

Penyebab Kenapa Kamera Whatsapp Nge-zoom Sendiri – Aplikasi whatsapp memang pernah beberapa kali mengalami masalah. Beberapa di antara yang pernah terjadi adalah tidak bisa mengirim pesan dan aplikasinya sempat error.

Dan kali ini muncul masalah baru pada aplikasi whatsapp yaitu kamera yang disediakan oleh whatsapp ngezoom sendiri. Meskipun keluhan kamera whatsapp ngezoom ini tidak dialami oleh semua penggunanya.

Namun masalah ini tetap saja menjadi viral di media sosial. Bahkan anehnya keluhan kamera aplikasi whatsapp ngezoom tidak hanya dialami oleh pengguna whatsapp business maupun reguler tetapi pengguna whatsapp mod juga.

Sebenarnya penyebab kamera aplikasi whatsapp ngezoom sendiri bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktornya para pengguna whatsapp bisnis maupun reguler mungkin belum memperbarui aplikasi.

Atau bisa juga karena adanya bug. Selain itu juga tidak menutup kemungkinan disebabkan karena faktor internal pada aplikasi tersebut.

Cara Memulihkan Kamera WA Yang Ngezoom

Selain lima cara yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya. Anda bisa mengatasi masalah kamera whatsapp ngezom sendiri dengan menggunakan aplikasi versi stabil jika masih menggunakan versi beta.

Untuk mengetahui apakah anda sudah menggunakan aplikasi whatsapp versi stabil. Cobalah buka pengaturan di whatsapp. Kemudian klik menu help, lalu klik opsi App info.

Apabila anda sudah memastikan menggunakan aplikasi whatsapp versi stabil, namun masih mengalami masalah yang sama. Cobalah untuk update aplikasi whatsapp ke versi terbarunya.

Jika setelah di update pun masih saja belum bisa mengatasi kamera ngezoom sendiri. Maka gunakanlah kamera smartphone anda untuk mengirim foto maupun video melalui aplikasi whatsapp.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan terkait penyebab kamera whatsapp ngezoom sendiri dan beberapa cara mengatasinya. Semoga beberapa cara di atas bisa membantu anda mengatasi masalah tersebut yaaa.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Tulisan Online di Whatsapp

Tinggalkan komentar