Cara Mengetahui Lokasi Foto Di Instagram Whatsapp Iphone Dan Android

Cara mengetahui lokasi foto. Foto menjadi sesuatu yang banyak di gandrungi banyak orang. Kini banyak orang berlomba – lomba untuk mendapatkan foto yang indah dan menarik. Bahkan masyarakat kerap kali mengabadikan momen di tempat – tempat yang unik dan sedang viral.

Seringkali foto – foto di tempat yang bagus tersebut di upload ke media sosial tanpa menyertakan lokasi. Hal tersebut membuat orang – orang yang tertarik akan tempat itu menjadi bertanya – tanya di mana lokasi foto itu di ambil.

Bagi orang yang supel dan tidak pemalu maka akan langsung menanyakan kepada si empunya foto. Namun, akanmenjadi masalah bisa kalian yang pemalu ragu dan takut untuk bertanya padahal kalian sangatinginpergi ke lokasi foto tersebut.

Nah, tidak usah khawatir karena kali ini kami akan memberitahu bagiamana mengetahui lokasi foto seseorang tanpa harus bertanya ke orang tersebut. Yukkk simak sampai habis yaaa!

Cara mengetahui lokasi foto

Cara mengetahui lokasi foto. Foto yang di ambil menggunakan perangkat android ataupun apple sudah mengandung informasi – informasi seperti lokasi pengambilan foto, waktu foto di ambil, dimensi foto, keseimbangan warna, bukaan lensa, dan beberapa informasi pendukung lainnya.

Namun, satu hal penting yang perlu di ingat buat kamu yang ingin mengetahui lokasi dimana sebuah foto di ambil, yakni pastikan bahwa foto tersebut bukanlah foto editan melainkan foto asli. Hal ini di karenakan foto editan khusus sudah kehilangan informasi meta dari foto dan hanya membawa properties bawaan software editing.

Cara Mengetahui Lokasi Foto Di Android dan Iphone

Cara mengetahui lokasi foto. Dari pada berlama – lama lagi, yukk simak ulasan berikut ini :

1. Pertama, buka foto yang ingin kamu lihat lokasinya

2. Segera setelah foto yang di inginkan terbuka, langsung saja pilih “menu” di foto lalu pilih “detail” atau “properties”

3. Selanjutnya aka nada pop – up yang berisikan informasi detail foto di antaranya ukuran, nama foto, format, resolusi, serta info lokasi di mana foto tersebut di ambil.

4. Nah, jika info lokasi tidak tersedia, itu artinya pengguna tidak mengaktifkan GPS saat memotret atau bisa jadi foto tersebut telah di edit sebelumnya, maupun bisa jadi foto tersebut tidak berasal dari perangkat yang mendukung fitur GPS.

Buat kamu yang masih belum tahu bagaimana menghidupkan informasi lokasi GPS, silakan simak beberapa ulasan di bawah ini yaaa :

1. Cara pertama yakni cukup buka aplikasi kamera pada ponsel

2. Silakan langsung menuju ke menu pengaturan kamera

3. Lalu lihat adakah pilihan menu “info lokasi GPS”, jika ada maka langsung saja aktifkan menu tersebut.

4. Posisi settingan informasi lokasi pada tiap handphone android maupun apple tentunya akan berbeda – beda, tapi akan tetap berada pada menu pengaturan, sehingga kamu harus bersabar dan mencari dengan penuh ketelitian.

Cara Mengetahui Lokasi Foto Di Instagram

Cara mengetahui lokasi foto di Instagram. Instagram merupakan salah satu aplikasi populer yang memiliki peminat cukup banyak di Indonesia. Dari aplikasi tersebut kita dapat melihat foto – foto maupun update-an terbaru dari orang lain. Banyak pengguna Instagram yang menggunakan platform tersebut untuk memamerkan kehidupan mereka. Setiap pengguna berlomba – lomba untuk mengunggah gambar terbaik mereka agar mendapatkan banyak love dari orang lain.

Tidak heran saat ada orang lain yang menggunggah foto di lokasi yang bagus maka akan menarik orang lain untuk dating ke tempat tersebut dan mengabadikan momen yang sama. Namun, tidak semua foto di Instagram mencantumkan lokasi di mana foto itu di ambil.

Nah, saat ini kami akan membahas bagaimana mengetahui lokasi foto di Instagram. Yukkk mari di simak dengan seksama.

Fitur Geo-tagging

Kita bisa melihat lokasi di mana foto itu di jepret salah satunya pada fitur geo tagging yang di aktifkan oleh pengguna. Langkah – langkah nya sebagai berikut :

  1. Hidupkan handphone kesayanganmu dan buka aplikasi Instagram milikmu
  2. Lalu Jelajahi akun salah satu teman mu di Instagram yang ingin kamu lihat foto – fotonya
  3. Setelah masuk di beranda Instagram teman mu, silakan pencet tanda seperti “titik” . Tanda tersebut mengandung informasi detail lokasi jepretan dari kamera milik temanmu.
  4. Setelah memencet tanda “titik” tersebut dan bila kawan mu mengaktifkan fitur geto – tag maka nantinya maps atau peta akan langsung terbuka di smart phone milikmu.

Melalui langkah – langkah di atas maka kamu akan dengan mudah mengetahui lokasi foto yang di unggah oleh kawan mu di aplikasi Instagram.

Cara Mengetahui Lokasi Foto Yang Dikirim Lewat Whatsapp

Whatsapp sudah menjadi aplikasi yang banyak di gunakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Baik tua maupun muda semua sudah tidak asing dengan apikasi satu ini. Kemudahan dalam penggunaannya menjadi minat sebagian masyarakat Indonesia untuk ramai – ramai mengunduh aplikasi tersebut dan menggunakannya dalam kehidupan sehari – hari.

Dengan whatsapp kita bisa berbagi foto dan video dengan mudah. Bagi kalian yang sering merasa kepo terhadap foto yang di kirimkan oleh teman kalian, kali ini kami akan membocorkan rahasia bagaimana bisa mengetahui lokasi foto tanpa bertanya pada sang empunya.

Sakah satu cara yang ampuh yang bisa kalian lakukan yakni dengan melihat exif foto dari file whatsapp. Apakah dari kalian ada yang masih asing dengan EXIF? EXIF merupakan singkatan dari Exchangeable Image Format yang sudah biasa di gunakan untuk mengetahui metadata dari suatu foto maupun video.

Dengan Exif kita tidak hanya bisa mengetahui info lokasi, tapi juga bisa mengetahui tanggal atau waktu kapan foto itu di ambil, bahkan dengan EXIF kalian bisa merubah metadata dari suatu video ataupun
foto. Berikut ini kami akan jelaskan bagaimana cara untuk melihat data exif foto dari whatsapp. Yuk di simak!

Nah, jika kalian punya jiwa kepo tingkat tinggi dan ingin mengetahui lebih banyak data atau informasi dari suatu foto. Maka silakan menggunakan website online yang ada, di antaranya exif viewer. Selain itu ada pula apilkasi yang bisa kamu gunakan yaitu exif editor.

1. Exif Viewer Online

Langkah pertama kalian bisa menggunakan exif viewer online. Langsung saja ketikkan di browser kesayanganmu “exif-viewer.com” dan pilih foto yang ingin kalian cek detail informasinya. Setelah itu klik “Show exif”.

Dan semua metadata dari foto yang kamu pilih akan menunjukkan semua informasi tersembunyi yang sebelumnya tidak dapat kamu lihat.

2. Exif Editor

Software yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui detail lengkap dari suatu foto yaitu Exif editor. Melalui exif editor kalian bisa mendapatkan beragam informasi seperti kapan foto tersebut di ambil, menghilangkan data exif, mengubah lokasi foto sebelumnya, mengetahui kecepatan

ISO/sensor, focalt length, mode pengukuran, dan berbagai informasi lainnya.

Apliksai ini sangat membantu kamu untuk berlagak seperti detektif karena dapat menganalisa suatu foto secara detail dan lengkap.
Software lainnya yang bisa kalian gunakan antara lain, JPEGsnoop maupun GPEGsnoop untuk dapat mengetahui apakah itu foto hasil editan atau asli. JPEGsnoop sendiri adalah aplikasi yang dapat kamu manfaatkan untuk melihat foto secara detail, meliputi jenis kamera yang di gunakan, format kompresi, mengecek apakah itu foto editan atau asli, mengecek gambar hoax atau gambar palsu, dan lain – lain.

Nah, jangan khawatir bagi kamu yang tidak punya laptop atau computer, karena aplikasi ini bisa kamu gunakan di smartphone kesayanganmu.

Cara Mengetahui Lokasi Foto di Iphone

Iphone merupakan ponsel pintar keluaran apple yang umumnya di miliki oleh warga kelas atas yang secara tidak langsung menunjukkan status sosial seseorang. Iphone juga terkenal akan kualitas foto yang di ambil. Umumnya foto – foto hasil jepretan kamera Iphone memiliki hasil yang bagus dan berkualitas tinggi di banding kamera dari handphone – handphone lainnya.

Nah, jika kamu penasaran ingin mengetahui dimana lokasi foto di ambil, maka simak ulasan berikut ini :

1. Silakan buka aplikasi foto lalu buka foto atau video yang ingin kamu tahu lokasinya

2. Kemudian drag atau seret foto atau video pilihan kalian kea rah atas sehingga akan muncul menu “tempat”

3.Pada menu tersebut akan terlihat lokasi di mana foto atau video pilihan mu di ambil.

4. Jika kalian belum puas, dan ingin mengethaui lebih detail tempat foto ,maupun video tersebut di ambil maka pencet pada “map”

5. Dan jika kalian ingin mengetahui apakah ada foto – foto lain yang di ambil dari lokasi yang sama atau di sekitaran terebut, maka silakan pencet “tampilkan foto di sekitar” lalu klik icon jumlah foto yang di ambil di lokasi yang sama.

6. Setelah itu apliaksi foto akan menampilkan foto atau video yang di ambil di sekitaran lokasi tersebut.

Nahhh, jika kalian tidak menemukan menu “tempat” seperti yang di jelaskan di atas. kemungkinan saat mengambil foto tersebut GPS tidak aktif, atau iphone sedang tidak terkoneksi ke internet, dan yang terakhir bisa jadi karena kamera pada iphone tidak memiiki akses untuk melihat lokasi.

Jangan khawatir dan sedih karena kami akan memberikan solusinnya di bawah ini. Silakan di simak baik – baik yaaaa :

1. Langkah pertama yang di lakukan yakni buka aplikasi silakan pilih “pengaturan > privasi > layanan lokasi” (pastikan menu layanan lokasi di handphone mu sedang aktif)

2. Lalu pada menu “kamera” pastikan sudah berubah menjadi “saat app aktif”

3. Dan psatikan Iphone terhubung ke koneksi internet yang stabil, sehingga lokasi foto maupun video dapat di ketahui.

Fitur ini menjadi penting bagi sebagian pengguna iphone.  karena dengan menyalakan lokasi maka kita bisa menyimpan informasi lokasi di mana foto atau video di ambil. Akan tetapi bagi kamu yang ingin menjaga privasi, maka kamu bisa menonaktifkannya pada pengaturan > privasi >layanan lokasi > kamera

Kesimpulan

Kesimpulan cara mengetahui lokasi foto. Bagaimana? Mudah bukan untuk mengetahui lokasi foto yang kamu sukai. Akan tetapi perlu di ingat bahwa langkah – langkah di atas tidak berlaku bagi foto dari hasil screenshot-an.  karena berbagai software di atas tidak mampu menganalisa foto yang di ambil dari screenshot-an atau tangkapan layar.

Apabila anda masalah kamera hp yang berembun dan tidak bisa hilang, anda bisa membaca salah satu artikel dari ischakfotografi.com . silahkan anda simak artikel Cara Membersihkan Kamera HP Yang Berembun Di Dalam Akibat Terkena Air

Tinggalkan komentar