Cara Membersihkan Sensor Kamera DSLR

Cara Membersihkan Sensor Kamera DSLR  – perlu anda ketahui bahwa sensore pada kamera dslr canon merupakan komponen terpenting pada sebuah kamera. karena kualitas sensor yang bauk tentu sangat menentuka kualitas foto yang dihasilkan seorang fotografer.

Sensor pada kamera merupakan sebuah komponen penangkap gambar yang biasa disebut dengan CCD (Changed Couple Device dan CMOS (Complementary Metal Oxide) yang tersusun dari jutaan pixel.

Ketika anda sedang membidik lewat viewfinder,  kemudian terlihat ada titik-titik seperti noda yang terliha, maka kamungkinan sensor kamera dslr Anda kotor akibat terkena debu atau berjamur.

Anda tentunya harus mengerti cara membersihkan sensor kamera dslr yang berjamur atau kotor terkena debu. Namun perlu juga Anda ketahui bahwa sensor pada kamera mempunyai letak yang berbeda-beda di setaip tipenya.

Maka dari itu penting untuk membaca buku manual ketika Anda membeli kamera. Karena segala informasi mengenai kamera Anda, tersedia di buku manual tersebut.

Cara Membersihkan Sensor Kamera DSLR

Nah, sebelum Anda mulai melakukan pembersihan sensor kamera. Anda harus yakin bahwa Anda mampu melakukannya dan berpengalaman dalam membersihkan sensor kamera.

Apabila Anda belum pernah membersihkan nya silahkan langkah-langkah membersihkan sensor kamera dslr berikut ini. Supaya Anda tidak salah dan malah membuat sensor kamera dslr Anda tergores atau bahkan rusak.

1. Bersihkan Di Lingkungan Yang Bersih

Nah, sebelum melakukan proses membersihkan sensor kamera, selalu pastikan Anda melakukannya di lingkungan yang bersih, tidak lembab, dan tidak berdebu. Dengan tujuan supaya ketika Anda sedang membuka sesnor tidak terkena debu atau kotoran dari udara.

Pastikan juga alat dan bahan yang Anda gunakan steril dan bersih. Apabila Anda tidak menemukan lokasi atau ruangan yang bersih. Sebaiknya Anda serahkan saja tugas membersihkan sensor kamera dslr ke tempat khusus membersihkan kamera atau ke service center kamera canon.

2. Perhatikan Partikel-Partikel Kecil

Pada saat Anda membersihkan sensor kamera canon, usahakan melakukanya dengan teliti. Supaya tidak ada kotoran atau debu micro yang menggores sensor ketika sedang dilakukan pembersihan.

Namun jika Anda sulit memperhatikan pastikel yang berukuran kecil atau Anda tidak berada di area yang cerah dan bersih ketika membersihkan sensor kamera. Mungkin sebaiknya ada membawa kamera Anda ketempat khusus yang biasa menangani masalah sensor kamera.

3. Gunakan Alat Pembersih Khusus Sensor Kamera

Supaya sensor kamera Anda bersih, Anda harus menggunakan alat pembersih khusu sensor kamera. Kemudian Anda juga harus mengerti bagaimana cara menggunakan alat-alat tersebut. Alat pembersih kamera bisa di dapatkan di toko-toko kamera terdekat Anda.

Nah, apa saja alat pembersih sensor kamera?

  1. Blowe : alat ini berfungsi untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel di permukaan dan sela sensor kamera dslr.
  2. Swab kit : berfungsi untuk membersihkan sensor kamera dslr Anda, cara penggunaannya dengan di oles pada permukaan sensor kamera dslr.
  3. Sesnor Clean : bentuk alat ini hampir mirip dengan swab kit, dan di gunakan khusus untuk membersihkan sensor kamera dslr dan mirrorless.
  4. Cotton bud : gunakan alat ini untuk membersihkan sela sela pinggir sensor yang tidak bisa dijangkau dengan sensor clean.

Baca Juga : Cara Membersihkan Jamur Lensa Tanpa Bongkar Kamera

4. Menggunakan Sikat Lembut

Kemudian Anda juga bisa menggunakan sikat lembut dengan tekstur yang hampir mirip dengan bulu. Yang berfungsi untuk menghilangkan debu yang sedikit sulit di hilangkan.

Sebelum menggunakan alat ini pastikan dulu sikat lembut dalam keadaan yang bersih dan kering.

5. Gunakan Metode Sensor Cleaning

Apabila sudah selesai melakukan proses pembersihan menggunakan alat-alat diatas. Kemudian bersihkan sensor secara otomatis menggunakan fitur cleaning sensor yang tersedia di kamera dslr Anda. Usakan selalu menggunakan nya ketika kamera dslr Anda di nyalakan dan ketika dimatikan.

Cairan Pembersih Sensor Kamera DSLR Dan Mirrorless

Cairan Pembersih Sensor Kamera DSLR Dan Mirrorless

Cara membersihkan sensor kamera dslr berikut ini menggunakan cairan pembersih sensor kamera. Cairan ini bisa Anda dapatkan di toko kamera, biasanya sepaket dengan alat pembersih lainya.

Cara penggunaannya yakni dengan merendam cotton bud pada cairan pembersih, lalu usapkan perlahan pada permukaan sensor dengan tidak berlawanan arah.

Usapkan secara perlahan sampai sensor kamera bersih. Namun selalu pastikan alat yang Anda gunakan steril dan bersih.

Cara Membersihkan Jamur Pada Sensor Kamera DSLR Dan Mirrorless

Jika Anda terlambat membersihkan jamur pada sensor kamera. Maka akan berdampak pada kinerja kamera secara permanen, yang akan membuat hasil foto menjadi kabur dan tidak fokus.

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mebersihkan jamur pada sensor kamera. Penasaran dengan caranya? Yuk simak dibawah ini.

1. Gunakan Sensor Cleaning

Cara yang pertama bersihkan dengan sesor cleaning, ini adalah fitur bawaan pada kamera canon. Yang berfungsi untuk membersihkan sesnor kamera canon dari debu-debu micro. Apabila masih di dapati debu dan kotoran langsung simak cara yang kedua.

2. Bersihkan Dengan Blower

Copot lensa kamera terlebih dulu, kemudian gunakan blower untuk meniup debu dan kotoran yang menempel di permukaan sensor kamera Anda. Membersihkan sensor secara rutin akan meminimalkan potensi jamur tumbuh pada sensor kamera.

3. Bersihkan Dengan Swab Sensor

Alat ini sangat ampuh membersihkan jamur pada sensor kamera canon. Namun perlu kehati-hatian pada saat membersihkannya. Karena juga salah menggunakan, maka tidak sengaja akan menggores sensor. Bersihkan dengan cara mengusap dengan satu arah saja dan jangan terlalu keras menekan. cara ini juga bisa anda lakukan sebagai Cara Membersihkan Lensa Yang Berjamur 

4. Bawa Ke Ahli Pembersih Sensor

Apabila Anda tidak berani membersihkan sensor kamera sendir. Sebaiknya bawa saja ke tempat Ahli yang biasa menangani masalah sensor kamera berjamur. Yang tentu sudah terbukti kemampuannya membersihkan jamur pada sensor kamera.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Goresan Pada Lensa Kamera Dslr

Cara Membersihkan Mirror Kamera DSLR Canon

Debu sering kali menjadi penyebab jamur tumbuh pada mirror kamera. Hal ini sudah pasti membuat kinerja mirror kamera menjadi terganggu dan berpengaruh langsung pada gambar yang di hasilkan.

Maka dari itu Anda harus selalu rutin mengecek kebersihan mirror kamera canon Anda. Namun apabila sudah terlanjut kotor dan terdapat debu. Berikut ini solusi cara membersihkan mirror kamera canon.

  1. Siapkan alat pembersih kamera dan cairan khusus untuk membersihkan mirror kamera canon
  2. Kemudian, aktifkan mirror lock up. Supaya mirror bisa di bersihkan.
  3. Cara mengaktifkan mirror lock up dengan cara menekan tombol shutter release sampai mirror terangkat dan Anda bisa mulai membersihkannya.
  4. Hadapkan kamera ke bawah dan semprot dengan angin dari blower. Dengan tujuan supaya debu jatuh ke bawah.
  5. Namun, bila kotoran membandel sulit di bersihkan, gunakan cotton bud untuk membersihkannya

Biaya Membersihkan Sensor Kamera DSLR Dan Mirrorless

Proses pembersihan sensor biaya memakan waktu selama 1-2 jam. Anda dapat menunggu selama proses pembersihan dilakukan.

Untuk harga membersihkan sesnor biasanya beragam tergantung daerah Anda masing masing. Namun pada umumnya biaya pembersihan sesnor kamera dslr sebesar Rp. 150.000

Kesimpulan

Demikian yang dapat saya sampaikan oleh tim ischakfotografi.com kepada Anda semua. Apabila terdapat hal atau pembahasan yang kurang jelas silahkan Anda memberikan pertanyaan pada kolom komentar. Sekian dan terimakasih selamat mencoba

Tinggalkan komentar