Cara Membersihkan Sensor Kamera Dengan Mudah Aman

Sensor pada sebuah kamera merukapan komponen yang paling vital. Bila terjadi sesuatu pada sensor kamera pasti akan berpengarus juga pada gambar yang dihasilkan.
Nah kali ini saya akan sedikit membagikan tips bagaimana cara membersihlkan sensor kamera dengan mudah.

Debu dan kotoran adalah musuh dari semua tipe kamera dan lensa, kerana debu dan kotoran dapat memicu jamur tumbuh pada sensor atau optic lensa. Pada lensa zoom gampang sekali terkan debu masuk kedalam optic pada saat proses zoom debu dapat masuk melalui celah lensa dan secara tidak langsung dapat mengotori sensor pada kamera.

Fotografer yang sering mengganti lensa pada kameranya akan lebih beresiko sensor kamera terkena debu, yang bila dibiarkan terlalu lama akan memicu pertumbuhan jamur.
Sensor pada kamera ini sangat sensitif. Kotoran atau debu sekecil apapun akan berpengaruh menghalangi cahaya yang akan ditangkap oleh sensor, sehingga menyebabkan gambar buram atau blur pada beberapa titik.

Bagaimana cara mengetahui sensor terkena kotoran atau debu?

Kalian dapat mengetahui sensor kamera terkena debu atau tidak dengan cara
• Siapkan kertas putih polos
• Tempelkan pada permukaan lensa
• Lalu jepret/foto permukaan kertas tersebut dengan kamera dan gunakan bukaan aperture yang sempit
• Buka hasil jepretan tersebut dengan computer/laptop
• Lakukan zoom, bila terdapat bintik atau lingkaran kecil yang gelap dan buram maka dapat dipastikan terdapat kotoran atau debu sensor kamera kalian

Bagaimana membersihkan sensor kamera?

Kalian dapat menggunakan blower atau peniup yang berfungsi untuk meniup kotoran atau debu yang menempel pada sensor kamera. Kalian cukup semburkan angin kepermukaan sensor dengan mengadapkan kamera kearah bawah, yang bertujuan agar debu dapat jatuh kebawah sehingga tidak mengotori bagain lain kamera.

Cara membersihkan sensor kamera:
• Lepaskan lensa yang terpasang pada body kamera
• Matikan kameran dan balik menghadap kebawah
• Gunakan blower untuk meniup debu dan kotoran pada sensor
• Setelah selsai pasang Kembali lensa atau penutup sensor

Cara selanjutnya kalian dapat mengaktifkan fitur mode pembersih sensor yang sudah terdapat pada kamera tersebut, kaca cermin refleks akan naik dan membuka bilah shutter yang kemudian menggetarkan perangkat sehingga memudahkan pada saat pembersihan kotoran atau debu yang menempel.

Bagaimana Tips agar sensor kamera tetap bersih?

Ketika kalian sedang mengganti lensa usahakan jangan ada rongga kamera yang terbuka, segera melakukan penggantian lensa dengan cepat. Dan pasan tutup lensa dengan cepat. Penting kalian ingat! Hindari mengganti lensa pada keadaan temapt yang berdebu.

Kesimpulan

Sensor kamera ini adalah hal yang sangat sensitif, maka dari kita harus berhati-ketika ingin mengganti lensa. Dan selalu lakukan perawatan dan pembersihan yang rutin supaya kebersihan body maupun lensa tetap terjaga.

“Baca Juga : Cara Lengkap Membongkar dan Membersihkan Lensa Kamera dari Jamur “

Leave a Comment