Aplikasi Yang Digunakan Untuk Menyusun Buku Digital Dengan Format EPUB

Aplikasi Yang Digunakan Untuk Menyusun Buku Digital Dengan Format EPUB – Ketahuilah bahwa buku digital saat ini banyak di gunakan sebagai bentuk media belajar dalam dunia akademik dan dunia pekerjaan. Mengapa buku digital lebih banyak di pakai?, karena kemudahannya untuk di akses dan perlindungan terhadapan kerusakan yang lebih baik.

Sehingga menjadikan buku digital banyak di gunakan dalam berbagai konteks professional. Namun, beberapa orang masih bingung bagaimana cara Menyusun buku digital dalam format EPUB.

Buku digital hanya dapat di buka memalui perangkat dan aplikasi khusus saja. hal ini tentu saja berlainan dengan fail Microsoft word, dimana siapa saja bisa melakukan pengeditan terhadap dokumen tersebut. hal ini berbeda dengan buku digital yang hanya bisa di akses oleh beberapa orang saja yang memiliki izin.

Lalu, aplikasi penyusun buku yang digunakan untuk mengolah kata adalah?. Yuk kita simak bersama pembahasanya ada dibawah ini ya.

Aplikasi Yang Digunakan Untuk Menyusun Buku Digital Dengan Format EPUB

Ketahuilah behawa terdapat beberapa apliaksi penyusun buku digital. Nah, dari berbagai aplikasi ini kami akan merekomendasikan aplikasi yang menurut kami terbaik.

Aplikasi yang kami pilih ini berdasarkan fungsi dan fitur unggulan yang di tawarkan. Aplikasi ini memang di peruntukan untuk Menyusun buku digital, namun kalian juga bisa menggunakanya untuk membuat daftar Pustaka, karena memang di bekali fitur untuk membuat nya.

Nah, inilah beberapa aplikasi penyusunan buku digital yang digunakan untuk pengolah kata.

1. Sigil

Sigil adalah aplikasi yang bisa digunakan untuk menyusun buku digital dengan format EPUB. Apliaksi ini adalah yang paling banyak di gunakan oleh pengguna di seluruh dunia saat ini.

Perisian juga sangat penting yang mampu mendukung aplikasi ini berfungsi dengan baik di berbagai platform, seperti Windows, Linux, dan Mac. Aplikasi sigil juga tergolong yang paling lengkap, karena kalian bisa mengedit dan Menyusun koleksi buku digital kalian menggunakan apliaksi ini secara bebas dan sesuai keinginan.

User Interface yang di gunakan di aplikasi ini juga sangat ramah terhadap pengguna baru. Sehingga mereka tidak perlu beradaptasi terlalu lama ketika pertama kali menggunakan aplikasi ini.

Karena kemudahan yang diberikan akan membuat kalian semkain mudah menemukan berbagai fungsi menarik yang di tawarkan oleh aplikasi Sigil. Selain itu, susunan tools yang sederhana dan enak di lihat semakin membuat apliaksi ini nyaman ketika di gunakan. Hal ini, tentu saja sesuai dengan nuansa para pecinta buku yang menyukai apliaksi yang sederhana.

2. Berkaliber

Selanjutnya ada aplikasi lain yang di gunakan untuk membaca buku digital adalah Berkaliber. Aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk menyusun buku digital dalam format EPUB. Namun, menurut pengalaman kami aplikasi ini tergolong sangat rumit ketika di gunakan untuk membuat buku digital.

Dalam aplikasi ini, kalian bisa menggunakan fitur yang di sediakan untuk membuat buku digital dengan bentuk EPUB, serta kalian bisa mengatur koleksi milik kalian secara lebih tertata.

Pilihan Bahasa yang terdapat dalam aplikasi ini juga terbilang lengkap. Sehingga aplikasi ini cukup banyak di gunakan oleh pengguna di berbagai negara lainya.

Tentu saja aplikasi yang di gunakan untuk membaca buku digital adalah berkaliber. Karena aplikasi ini mampu membaca banyak format dokumen diantaranya PDF, Doc, txt, dan berkas dokumen dalam format lainya.

Banyak orang yang menyebut aplikasi penyusunan buku digital yang di gunakan untuk pengolah gambar adalah berkaliber. Karena ada sebuah fitur yang mampu digunakan untuk membuat majalah.

3. Scriba

Selanjutnya aplikasi yang digunakan untuk menyusun buku digital dengan format epub adalah Scriba. Selain hanya digunakan untuk membuat buku digital EPUB. Kalian juga bisa menyusun buku digital dengan format PDF atau lainya.

Aplikasi pengolah kata buku digital ini memiliki tampilan yang cukup menarik. Salah satu keunggunalan dari apliaksi ini, kalian bisa menulis sambil melihat buku digital yang akan di hasilkan ketika sudah selesai nanti.

Ukuran aplikasi ini juga sangat ringan, yakni kurang dari 30 MB. Dengan demikian computer dengan spesifikasi rendah tetap bisa lancar menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, kalian bisa menggunakan seluruh fitur di aplikasi ini secara geratis. Karena apliaksi ini di sediakan secara cuma-cuma sehingga siapa saja bebas untuk menggunakanya.

4. Scribus

Aplikasi ini kami sarankan untuk kalian gunakan sebagai cara menyusun buku digital dalam format EPUB yang baik. Aplikasi ini juga sudah banyak di gunakan di berbagai OS Komputer.

Kalian bisa mendapatkan aplikasi secara geratis tanpa harus membelinya. Sehingga kalian bisa dengan leluasa membuat buku digital yang kalian sukai.

Tidak hanya menawarkan aplikasi yang geratis, Scibrus juga banyak di bekali dengan bebagai fitur unggulan yang akan semakin menunjang produktivitas kalian membuat buku digital. Fitur-fitur ini hampir serupa dengan Microsoft Word, sehingga kalian akan semakin mudah ketika mengedit buku digital menggunakan apliaksi tersebut.

Selain itu, tampilan yang ramah pengguna dan sangat rapi sehingga semakin enak di lihat. Jadi kalian akan semakin nyaman ketika menggunakan berbagai tools dalam aplikasi ini.

Aplikasi ini menurut kami sangat sesuai bagi kalian yang baru ingin membuat buku digital dan melakukan managemen buku digital, karena Scribus bisa menampung segala keperluan penulisan kalian secara luas.

5. Pencipta Mobipocket

Aplikasi yang di gunakan untuk menyusun buku digital dengan format EPUB adalah Mobipocket Creator. Program ini adalah salah satu dari beberapa aplikasi yang cukup terkenal untuk membuat buku digital.

Dengan program ini kalian bisa membuat buku digital sesuai dengan kreativitas kalian. Karena aplikasi ini memang memiliki banyak fitur yang mendukung kalian dalam melakukan penyuntingan buku digital.

Nah, aplikasi ini juga bisa kalian gunkan untuk mengimport berbagai jenis dokumen di antaranya PDF, HTML, dan Doc. Kemudian hasil dari import tersebut bisa kalian gunakan untuk membuat buku digital yang baru atau bisa menjadi bahan untuk menulis.

Kalian juga bisa menambahkan sampul baru dalam buku digital yang kalian susun. Lewat aplikasi ini, kalian bisa menambahkan akses profesionalisme di dalam buku digital yang di tulis, sehingga tidak sembarang orang bisa melakukan penyuntingan atas tulisan kalian tersebut.

Selain itu, aplikasi Mobipocket Reader juga memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk menambahkan kalimat atau gambar lain kedalam buku yang di tulis tersebut. seperti contoh, kalian bisa menambahkan tanda tangan, ulasan, atau penjelasan tambahan lainya.

Langkah Pemasangan Aplikasi Buku Digital Pada Tablet Android dan Iphone

Jika kalian ingin membaca buku digital pada tablet, aplikasi yang di gunakan untuk membaca buku digital adalah Gitden Raeder. Aplikasi ini merupakan program untuk membaca buku digital di tablet atau smartphone.

Kalian bisa mengunduhnya lewat google play store dan Appstore. Aplikasi ini sudah mendukung buku digital dengan format EPUB 3.0, dan memiliki berbagai fitur yang berguna untuk penyuntingan buku digital.

Tampilan antarmuka yang sederhana membuat aplikasi Gitden Raeder ini mudah di pahami dan di gunakan, bahkan oleh pengguna baru sekalipun. Kami juga akan memberikan arahan mengenai langkah pemasangan aplikasi buku digital pada tablet dan smartphone.

Namun, sebelumnya kalian harus memilik akun google terlebih dahulu sebagai syarat menginstal apliaksi tersebut. yuk langsung saja simak langkah pemasangan apliaksi buku digital pada tablet atau hp di bawah ini.

1. pertama, masukan terlebih dulu file EPUB ke dalam tablet atau smartphone kalian. Usahakan kalian memasukan file EPUB dalam memory internal, karena biasanya di smartphone memiliki 2 penyimpanan external dan internal.

2. lalu, download aplikasi Gitden Reader yang tersedia di google play store dan Appstore.

3. kalian bisa membuka aplikasi Gitden Raeder dengan cara klik ikon “buku digital”.

4. setelah kalian berhasil membuka aplikasi tersebut, silahkan kalian masuk ke menu utama aplikasi ini. Kemudian masukan buku digital yang ingin kalian baca dengan cara klik “import” dan cari file EPUB dalam folder di mana kalian menyimpan file tersebut.

5. file buku digital yang sudah di masukan tadi akan muncul pada bagian bawah layar. Kemudian kalian klik “import” dan tunggu sampai prosesnya selesai. Jika sudah berhasil maka file EPUB akan muncul pada daftar paling atas, kemudian kalian bisa langsung menekan file tersebut untuk membacanya.

6. setelah buku digital dengan format EPUB terbuka, kalian bisa mulai membacanya dengan menggeser tampilan ke kiri untuk pindah ke halaman berikutnya.

Begitulah cara membaca buku digital di hp android dan iphone, jika kalian belum memiliki aplikasi ini, silahkan download dan lakukan update ke versi 4.5.1 dengan pilihan Bahasa inggris, jepang, dan cina. Untuk kalian pengguna iphone, apikasi ini hanya bisa di gunakan untuk versi iOS 6.0 ke atas, tampilan Gitden Raeder pada iphone akan sama persis dengan tampilan pada android.

Buku digital dapat kalian baca memalui perangkat seperti laptop, computer, tablet, dan hp. Sehingga kalian tidak perlu bingung untuk membuka file EPUB ini, karena banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membukanya.

Baca Juga : Cara Mencari Akun Tiktok Dengan Nomor Hp

Penutup

Demikianlah pembahasan kami mengenai Aplikasi Yang Digunakan Untuk Menyusun Buku Digital Dengan Format EPUB. Semoga penjelasan dari kami mampu mengatasi permasalahan kalian ya.

Tinggalkan komentar