Kenapa Airpods Tidak Mau Connect Ke Iphone

Kenapa Airpods Tidak Mau Connect Ke Iphone – perangkat elektronik yang semakin hari semakin berkembang ini banyak di manfaatkan oleh para developer brand eletronik untuk menciptakan perngakat yang baru dan lebih canggih. Salah satunya yakni earphone.

Earphone yang sering kita kenal memiliki kabel jack, kini sudah tersedia dalam bentuk wireless. Terutama brand smartphone yang sering menyertakan earphone dalam setiap pembelian unit nya.

Nah, terkhusus untuk kalian para pengguna gadget dari brand apple, kalian kini bisa mencoba earphone wireless milik apple yang di beri nama airpods.

Perangkat ini mulai di perkenalkan pada tahun 2016 lalu di amerika serikat, yang di jual pertama kali dengan harga 2.5 Juta.

Karena antusias pengguna yang sangat banyak, membuat apple akhirnya meluncurkan airpods seri yang ke dua pada tahun 2019. Hal ini juga di tandai dengan penambahan fitur wireless charging case, yang akan membuat airpods ini semakin praktis di gunakan.

Namun, dari berbagai kelebihan yang di tawarkan ini, terdapat beberapa kendala yang sering di keluhkan oleh sebagian besar pengguna airpods ini. Beberapa masalah di antaranya airpods tidak mau connect, airpods tidak terdeteksi, dan airpods tidak muncul di Bluetooth.

Masalah inilah yang sering membuat para pengguna airpods bingung mencari solusi mengatasi airpods tidak mau terhubung ke iphone atau ke laptop. Hal ini biasanya di tandai dengan pop up airpods tidak muncul ketika di hubungkan.

Akan tetapi kalian tidak perlu khawatir lagi, karena kami akan membagikan beberapa cara mengatasi masalah kenapa airpods tidak terdeteksi ini. Marik simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kenapa Airpods Tidak Mau Connect

Nah, mengenai kendala airpods tidak connect ini terjadi karena beberapa alasan. Biasanya hal ini terjadi karena masalah error pada airpods yang mengakibatkan Bluetooth airpods tidak bisa terhubung dengan iphone milik kalian.

Penyebab berikutnya yakni terjadi kerusakan mesin airpods, kerusakan ini biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor yakni karena terjatuh, terkena benturan yang keras, dan tidak sengaja terendam air.

Hal yang yang menjadi penyebab kenapa airpods tidak mau connect berikutnya karena sudah terlalu lama tidak digunakan dan tidak di isi daya. Karena airpods yang teralalu lama tidak di pakai sampai bertahun tahun tentu saja membuat mesin menjadi korosi dan rusak.

Kemudian kerusakan pada baterai airpods sering menjadi akar masalah kenapa airpods tidak terdeteksi di iphone. Baterai merupakan komponen yang sangat penting pada airpods, karena baterai yang bermasalah sering kali membuat penyimpanan daya menjadi terganggu, hal ini tentu saja berdampak pada airpods tidak mau connect ke laptop atau smartphone lainya.

Selain masalah airpods tidak terdeteksi ada juga kendala lain seperti aripods mati sebelah. Hal ini sering menjadi pertanyaan sebagian pengguna kenapa airpods mati sendiri padahal kondisi baterai sudah terisi penuh.

Mengapa masalah tersebut bisa terjadi, hal tersebut dikarenakan sering digunakan secara berlebihan dan asal asalan yang kadangkala membuat airpods menjadi kotor, jarang di charge.

Airpods yang kotor tentu saja mejadi tempat untuk bertumbuhnya jamur dan kotoran. Jika terus menurs tidak di bersihkan maka akan menyebabkan airpods mati sebelah kanan atau kiri.

Setelah kalian mengerti apa saja penyebab kenapa airpods tidak mau terdeteksi di iphone maupun di macbook, selanjutnya marika kita lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi masalah tersebut.

Baca Juga : 6 Aplikasi Remot AC iPhone Terbaik Cocok untuk Tv

Cara Mengatasi Airpods Tidak Mau Connect

Nah, beberapa faktor penyebab tadi tentunya ada solusi untuk mengatasinya. Solusi yang kami bagikan ini tentunya sudah pernah kami coba untuk mengatasi airpods tidak mau terhubung dengan perangkat yang lainya.

Langsung saja berikut ini cara mengatasi airpod tidak terdeteksi.

1. Reset Airpods

Sebagai salah satu usaha memperbaiki airpods tidak mau terdeteksi di iphone atau laptop, kalian bisa melakukan cara reset airpods. Cara ini sangat mudah dilakukan, kalian hanya perlu memasukan airpods

kedalam case sambal biarkan penutupnya terbuka, lalu kalian tidak tombol di belakang case selama kurang lebih 15 detik.

Apabila lampu sudah berkedip warna putih itu menandakan reset airpods sudah berhasil, kemudian kalian bisa mencoba menghubungkan kembali airpods ke iphone atau macbook.

2. Update iOS Iphone Kalian

Ketahuilah bahwa aipods generasi yang pertama hanya bisa terhubung dengan iphone yang memiliki versi iOS 10 ke atas saja. maka dari itu, pastika kalian selalu melakukan update iOS ke versi terbaru supaya terhindar dari masalah airpods tidak mau connect ke iphone.

3. Matikan Mode Hemat Baterai

Cara ini juga menjadi salah satu solusi menyambungkan airpods ke iphone kalian, pada beberapa perangkat seperti iphone 8 ke bawah memang perlu mematikan mode daya rendah supaya airpods bisa terhubung dengan lancer ke iphone kalian.

Setelah kalian menonaktifkan mode daya rendah di iphone, maka cobalah kembali menyambungkan airpods ke ponsel kalian.

4. Pilih Menu Airpods Pada Pilihan Audio

Cara ini sangat mudah dilakukan, kalian hanya perlu membuka widget pada layar, kemudian klik logo sinyal audio. Maka secara otomatis akan muncul pilihan audio yang terhubung pada perangkat iphone kalian, selanjutnya kalian tinggal klik airpods sebagai audio output iphone kalian.

5. Hapus Airpods Dari Daftar Bluetooth iphone

Airpods yang tidak bisa di gunnakan bisa jadi karena error pada Bluetooth di iphone. Tentu saja hal itu membuat airpods tidak muncul di Bluetooth iphone kalian.

Hal yang perlu kalian lakukan yakni menghapus pemasangan perngakat airpods pada Bluetooth iphone tersebut, cara ini dilakukan guna mereset kembali Bluetooth yang error dan menghapus chace pada iphone.

6. Reset Bluetooth Iphone

Cara ini kadangkala di sepelekan oleh beberapa orang, karena  dengan mematikannya maka akan menyegarkan kembal Bluetooth dan menghindari kemungkinan error pada software.

Nah, setelah Bluetooth di matikan, lalu nyalakan kembali dan sambungkan lagi airpods ke iphone lewat jaringan Bluetooth tersebut.

7. pastika Airpods Tidak Terhubung Dengan Perangkat Lain

Sebelum menyambungkan airpods ke iphone, kalian harus memastikan terlebih dahulu perangkat airpods tidak terhubung dengan jaringan Bluetooth di device lainya.

Apabila masih terhubung dengan perangkat yang lain, maka segera putuskan sambungan Bluetooth tersebut, lalu sambungan lagi dengan iphone yang kalian gunakan saat ini.

8. Cek Kondisi Baterai

Sebelum kalian menggunakan airpods untuk mendengarkan musik di smartphone kalian, usahakan selalu mengecek kondisi baterai airpods , karena masalah kenapa pop up airpods tidak muncul biasanya karena baterai sudah habis.

Maka dari itu, jangan pernah lupa untuk selalu mengisi daya airpods apabila selesai di gunakan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini di lakukan supaya kalian tidak menggunakan airpods ketika baterainya sudah hampir habis.

Nah, apabila airpods tidak tidak bisa terhubung ke iphone secara terus menerus, maka satu satunya jalan adalah service center. Karena masalah airpods tidak bisa connect ke iphone ini memang beragam penyebabnya, jika kalian merasa tidak mengerti cara memperbaikinya, sebaiknya langsung bawa saja ke service center terdekat.

Penutup

Itulah tadi pembahasan dari kami mengenai cara mengatasi masalah kenapa airpods tidak mau connect ke iphone atau macbook. Apabila kalian masih bingung atau kurang jelas, silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar yaa.

Baca Juga : Cara Mengetahui Lokasi Foto Di Instagram Whatsapp Iphone Dan Android

Tinggalkan komentar