5 Hal Perlu Dilakukan Fresh Graduate Dalam Pencarian Kerja Dan Perencanaan Karir

Kalian mungkin sempat bertanya-tanya apa yang harus dilakukan oleh fresh graduate untuk mendapatkan sebuah pekerjaan yang cocok bagi mereka. Mencari sebuah pekerjaan bukan hanya sekedar menyebarkan CV ke pabrik-pabrik besar dan resume namun, harus ada perencanaan yang baik dan matang menyiapkan semuanya agar kalian bisa bekerja sesuai dengan minat  kalian. Beberapa orang dari teman kalian bisa saja dengan mudah mendapatkan pekerjaan dengan cepat setelah lulus kuliah dan tidak perlu menunggu lama.

Namun, mereka juga terkadang sering mengeluhkan pekerjaan mereka dengan alasan tidak cocok atau merasa tidak nyaman dalam bekerja, baik dari segi kemampuan mereka yang kurang ataupun passion mereka yang tidak cocok. Tapi kalian jangan merasa bingung dulu, karena pada artikel ini kami akan menjelaskan dan membagikan beberapa tips agar kalian dapat menyusun perencanaan karir kamu dengan baik mulai dari saat ini.

1. Bayangkan kamu di 7 hingga 10 tahun mendatang

Beberapa orang sering merasa cepat puang dengan pekerjaan yang mereka dapatkan sekarang, karena mereka sudah merasa nyaman dengan pekerjaannya yang skerang walau kadang secara hasil tidak terlalu tinggi dan jenjang karir yang tidak jelas. Namun, ketika kalian sudah mempunyai bayangan bagaimana ketika kalian di masa depan biasanya kalian akan merasa hal tersebut merupakan awal dari sebuah perencanaan karir pekerjaan kalian.

Sebagai seorang fresh graduates kalian harus dapat membayangkan pekerjaan yang akan kalian lakukan dimasa depan. misalnya kalian membayangkan bahwa di masa depan kalian akan menjadi brand manager untuk produk utama di perusahaan sepatu ternama. Maka dari tiu kalian juga perlu mempersiapkan dan mengembangkan potensi yang ada pada diri kalian yang akan sangat berguna bagi kalian di masa depan

2. Riset orang-orang yang melakukan pekerjaan seperti yang kamu inginkan

Coba kalian cari tahu tentang orang-orang yang melakukan pekerjaan impian kalian. Kalian juga harus mempelajari bagai mana orang-orang tersebut bisa meraih kesuksesan dibidangnya tersebut dengan kalian  juga dapat mencarinya di platform media sosial seperti LinkedIn ataupun pelatihan online. Jika orang tersebut berasal dari orang yang kalian kenal, cobalah kalian untuk  meminta saran atau nasihat  dari orang tersebut dan cari jawaban dari pentanyaan kunci seperti: Apa yang dilakukannya lakukan orang tersebut di sepanjang jalur karir? Apakah ada keterampilan tersendiri yang menonjol? Pelatihan dan sertifikasi apa yang harus dibutuhkan? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu kalian untuk merencanakan karir kalian kedepanya.

3. Petakan jalan menuju pekerjaan impian kamu

Sebelum kalian memasukan sebuah CV atau lamaran kalian ke HRD, kalian juga perlu mengetahui bagaimana proses hingga jenjang karir di perusahaan tempat kalian akan melamar. Kalian harus meriset terlebih dahulu posisi apa saja dilalui untuk dapat menempati pekerjaan impian kalian.

Coba kalian mengidentifikasi dan periksa hirarki yang ada pada perusahan tempat kalian akan melamar, apakah dapat mengutungkan bagi jenjang karir kalian atau malah sebaliknya. Selain itu, tunda dulu keinginan kalian untuk melajutkan pendidikan sebelum kalian benar-benar yakin dengan perencanaan karir kalian.

4. Ubah visi kamu sesuai kebutuhan

Terkadang apa yang sedang kita rencanakan tidak berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang kita mau. Sadarilah bahwa visi yang kalian pegang saat ini dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Pekerjaan yang sedang kalian lakukan mungkin akan membawa kalian ke sebuah titik dimana kalian harus melakukan penyesuaian dan merubah visi awal kalian dan menyesuaikan  untuk dapat mencapai pekerjaan sesuai dengan perencanaan karir kalian.

5. Bagikan visi kamu dengan mentor tepercaya

Jangan pendam visi kalian tanpa kalian ingin mewujudkannya dalam karir pekerjaan kalian, cobalah kalian untuk membicarakannya dengan rekan kerja atau orang yang ahli dibidangnya supaya kalian dapat pengalaman dari orang tersebut.

Lalu kalian juga dapat mencoba membicarakannya dengan teman atau atasan kalian. Karena mereka tentu sering melihat keterampilan dan kemampuan dalam diri kalian yang tidak kalian sadari, sehingga memungkinkan mereka membantu kalian untuk  mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kekuatan dan bidang peluang yang cocok bagi kalian. Sehingga masukan dari mereka tentu dapat membantu kalian dalam mengembangkan visi kalian untuk kedepannya.

 

 

3 thoughts on “5 Hal Perlu Dilakukan Fresh Graduate Dalam Pencarian Kerja Dan Perencanaan Karir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *