5 Hal Harus Kamu Pertimbangkan Ketika Dapat Tawaran Promosi Naik Jabatan

Salah satu hal yang paling dinanti-nantikan oleh seorang karyawan atau pekerja kantoran dalam karirnya adalah mendapatkan tawaran untuk kenaikan jabatan atau promosi dari kantor dimana ia bekerja. Ketika kalian mendapatkan kabar bahwa kalian akan diberikan kesempatan untuk naik jabatan adalah sesuatu yang tentu sangat membahagiakan. Hal tersebut menandakan bahwa kalian merupakan seseorang yang dapat diandalkan dalam perusahaan kalain. Selain itu juga, perusahaan khususnya atasan kalian akan  mengakui kemampuan dan kinerja yang sudah kalian hasilkan. Tetapi, apakah kalian pernah merasa bimbang atau bingung kemudian merasa ragu ketika kalian diberikan sebuah tawaran tersebut datang kepada kalian, kali ini kami akan memberikan sebuah penjelasan mengenai hal-hal yang harus kalian pertimbangkan ketika mendapat tawaran untuk naik jabaran berikut adalah 5 hal yang harus di pertimbangkan ketika ditawari promosi jabatan.

1. Apakah jabatan tersebut benar-benar saya inginkan?

Sebelum kalian akan menerima sebuah tawaran untuk promosi atai naik jabatan, sangat penting bagi kalian untuk memikirkan secara matang kembali mengenai jabatan yang akan kalian emban kedepannya. Apakah jabatan teesebut yang ditawarkan memang benar-benar yang kalian idam-idamkan selama ini?

Beberapa orang mungkin membutuhkan bebrapa waktu untuk memikirkan sebuah tawaran yang mereka dapatkan. Mendapat sebuah tawaran promosi atau naik kepada posisi yang lebih tinggi pada management memang sangat cukup menyita perhatian dan banyak diinginkan oleh banyak karyawan, khususnya bagi beberapa orang yang pertama kali mengalami kenaikan sebuah jabatan. Namun, bagi mereka yang tidak memiliki masalah dalam pertimbangan dan sesuai dengan yang mereka inginkan maka biasanya langsung menerima tawaran tersebut.

Tetapi ada masalah yang muncul ketika mereka yang menerima jabatan tersebut ternyata sama sekali atau justru mengharapkan posisi yang lainya atau mereka sama sekali tidak tertarik untuk mengelola pekerjaan orang lain dan merasa tidak memiliki kemampuan management yang baik. Kurangnya kemampuan pada dirimereka tersebut membuat mereka merasa takut bila mereka tidak dapat menghendel pekerjaan mereka nantinya dengan baik.

2. Kesesuaian gaya bekerja kamu dengan jabatan baru

Akan ada sebuah perubahan ketika kalian naik ke posisi lebih tinggi. Yap, tentu saja peraturan atau rules-nya tidak akan sama dengan posisi kamu sebelumnya dan akan mengalami peningkatan yang lebih serius lagi. Sekarang coba kalian pikirkan apakah jabatan yang baru kalian terima saat ini sesuai dengan gaya kerja yang kamu inginkan?

Ketika kalian menemukan ketidak cocokan cara bekerja pada jabatan yang baru saat ini  maka akan semakin membuat kalian kesulitan nantinya. Tekanan yang akan kalian dapatkan juga tentu lebih berat dari sebelumnya. Maka sangatlah perlu bagi kalian sebelum menerima sebuah tawaran tersebut melakukan riset terkait cara bekerja pada jabatan tersebut apah sudah sesuai denga napa yang kalian inginkan.

3. Apakah ini waktu yang tepat untuk naik jabatan?

Selain kecocokan dalam gaya kalian dalam bekerja dengan jabatan yang baru ini, kalian juga harus memperhatikan apakah tawaran tersebut datang di waktu yang pas atau diwaktu yang tidak tepat. Ada banyak sekali  aspek yang dapat  mempengaruhi mengapa beberapa orang menolak promosi jabatan. Urusan dalam mengelola waktu bisa menjadi salah satu alasannya.

Ketika kalian sudah menempati posisi baru mungkin kalian sedang mengikuti kuliah malam untuk melanjutkan pendidikan atau kalian sedang memiliki proyek sampingan. Waktu pun akan terasa semakin singkat dan kalian pun mulai kewalahan dengan bebagai banyak hal yang harus kalian kerjakan.

Selain itu, urusan keluarga sering juga menjadi pertimbangan. Apakah kalian barusaja memulai membangun keluarga baru atau kalian sedang fokus memperhatikan kesehatan orang tua yang semakin buruk. Coba kalian pikirkan kembali, apakah penawaran tersebut datang di waktu yang tepat atau malah tidak sama sekali. Jika kalian salah memilih keputusan dan kapasitas yang kalian kurang untuk dapat menjalankan tugas pada jabatan yang lebih tinggi, maka kalian mungkin akan berada di posisi yang bingun dan salah nantinya.

4. Tanggung jawab akan bertambah dan ekpektasi tinggi dari atasan

Ketika kalian bersedia menerima sebuah tawaran promosi jabatan yang ditawarkan oleh atasan kalian tersebut, tentu jasa kalian harus siap dengan resiko tan tekanan yang dalam  bentuk tanggung jawab yang berbeda. Komunikasi dengan atasan akan menjadi lebih sering intens dan akan terasa lebih kompleks.

Kalian juga akan mengalami hari-hari yang lebih berat dari biasanya tetntu saja karena tanggung jawab yang sekarang kalian pegang lebih besar. Mungkin dari segi kuantitas pekerjaan tidak akan sebanyak sebelumnya, namun tanggung jawab yang berupa kualitas kerja diri mu dan bawahan mu akan menyita waktu kalian.

5. Gaji

Dalam sebuah pekerjaan gaji merupakan sebuah hal yang paling krusial ketika membahas mengenai pekerjaan. Ketika kalian mendapat tawaran promosi coba pertimbangkan apakah ada kompensasi atas tanggung jawab dierikan sepadadan dengangaji yang kalian dapatkan dengan berbagai tambahan pekerjaan yang akan kamu tangani nantinya. Urusan seperti ini juga haruslah sangat jelas supaya tidak menjadi beban pekerjaan dan bekerja karena terpaksa nantinya.

Jika kalian merasa tidak akan diberikan kompensasi yang adil dalam tawaran tersebut, maka yang harus kalian lakukan adalah bernegosiasi dengan atasan kalian tetang apa yang kalian inginkan dengan tanggung jawab yang berbeda saat ini. Kalian dapat mencoba bicarakan hal yang kemungkinan akan kalian dapatkan baik berupa kenaikan upah ataupun kompensasi

 

 

 

 

One thought on “5 Hal Harus Kamu Pertimbangkan Ketika Dapat Tawaran Promosi Naik Jabatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *