5 Bisnis Online Sampingan Sambil Kuliah

Bisnis Apakah Yang Dapat di Lakukan Sambil Menunggu Jeda Kuliah Online?

Saat ini pemerintah Indonesia sudah memberikan penetapan bilam mana kegiatan sekolah dan kuliah dilakukan secara daring atau online. Hal ini sengaja dilakukan oleh pemerintah dengan tujuan untuk  mengurangi penyebaran virus Covid-19. Saat kalian sedang jeda kuliah offline sehingga mengharuskan kalian untuk mengerjakan studi kuliah dirumah saja, namun unguk mengisi kekosongan kalian dikarenakan efek pandemi ini dan supaya waktumu habis untuk ngobrol, jalan-jalan atau tidur saja dirumah, kini jeda kuliah online kalian bisa mengisinya dengan hal yang justru dapat menguntungkan kalian. Nah kali ini kami akan memberikan beberapa cara untuk membantu kalian agar dapat mempunyai atau menjalankan bisnis tanpa kalian harus keluar dari rumah dan kalian juga bisa menjalankan bisnis sampingan sambil kuliah online.

Saat ini hampir kebanyakan generasi muda Indonesia ingin jadi seorang pengusaha yang sukses namun beberapa dari mereka merasa bingung bagai mana memulai sebuah bisnis di tengah pandemi seperti ini. Namun kami akan memberikan beberapa ide yang dapat kalian lakukan untuk mengisi waktu kekosongan selama dirumah dengan memulai bisnis secara online. Nah, Berikut ini adalah beberapa ide bisnis yang mungkin cocok untuk kalian coba:

1. Jadi reseller

Dengan menjadi seorang reseller, kalian dapat memulai sebuah bisnis tanpa perlu modal yang besar. Kalian juga bisa membeli produk sesuai dengan jumlah uang yang kalian miliki saat ini. Sebelum kalian mulai menjadi seorang Reseller ada baiknya kalian memastikan  dan melakukan beberapa persiapan seperti riset tren produk yang akan kalian pasarkan, target pasar, pilih supplier yang tentu terpercaya, menentukan media promosi dan platform apa saja yang akan kalian gunakan sebagai tempat kalian memasarkan produk myang kalian jual.

Karena yang kalian lakukan adalah berjualan dan melakukan promosi secara online, bisnis ini dapat kalian jalani dengan fleksibel dan tidak mengganggu waktu kuliah kalian.

2. Jual camilan atau dessert box

Kalau kamu suka dan mempunyai pandai dalam memasak, kalian dapat  mencoba berjualan camilan atau dessert box. Agar tidak mengganggu waktu kuliah kalian juga bisa menggunakan sistem pre-order. Dengan sistem ini, selain meminimalisir barang atau makanan yang tidak terjual menjadi sisa, kalian juga bisa menyesuaikan waktu pembuatan dan pengantaran saat kalian sedang libur kuliah. Jangan lupa kalian untuk rutin melakukan promosi agar semakin banyak yang mengikuti pre-order jualan kalian.

3. Jadi Freelancer

Menjadi seorang Freelancer, kalian dapat bekerja secara fleksibel, independen, dan dapat dilakukan dari manapun. Pekerjaan ini sangat memiliki daya tarik bagi banyak orang,dan Jika kalian mempunyai hobi menulis, fotografi, data entry, dubbing, dan lainnya, kalian dapat memanfaatkan hobi tersebut untuk menghasilkan uang jajan tambahan yang lumayan. Saat ini menjadi Freelancer dapat lebih mudah karena terdapat berbagai website untuk melamar menjadi Freelancer dengan berbagai pilihan jenis pekerjaan yang bermacam-macam.

4. Jasa desain

Ini dalah salah satu ide yang sangat cocok untuk kalian yang memiliki kemampuan desain grafis. Kalian dapat memanfaatkan keahlian tersebut untuk membuka jasa desain seperti, desain logo, interior rumah atau kantor, website, dan kemasan. Jangan lupa kalian untuk membuat sosial media khusus untuk memajang hasil karya desain kalian supaya orang lain dapat melihat hasil keahlian kalian dan tertarik untuk memakai jasa yang kalian tawarkan di social media tersebut dan berguna juga sebagai portofolio, kalian tentu  juga dapat meminta dan mengunggah testimoni dari klien yang pernah menggunakan jasa kalian.

5. Bisnis thrift shop

Lalu saat ini ada sebuah bisnis yang kembali menjadi tren di kalangan anak muda, bisnis ini  mampu menjadi tren karena dinilai seru, dengan harga beli yang murah, kualitas produk bagus, dan adanya kesadaran bahwa pakaian bekas merupakan sumber limbah yang sangat besar di dunia.

Agar tidak mengganggu waktu kalian dalam kuliah, kalian juga dapat memanfaatkan waktu libur untuk berburu produk jualan ini, dan menyiapkan konten promosi untuk seminggu dan membuat jadwal kapan menguunggah konten. Tidak perlu membuka sebuah toko fisik, kalian dapat berjualan secara online melalui media sosial atau e-commerce yang sudah banyak sekali saat ini.

Kesimpulan:

Itulah tadi beberapa beberapa ide bisnis yang dapat kalian coba dan jadikan peluang menghasilkan uang jajan tambahan sembari kuliah online. Kalian juga dapat mendapatkan pengetahuan lebih banyak mengenai bisnis, konten promosi, dan pemasaran dengan dengan belajar memulai sebuah bisnis online.

3 thoughts on “5 Bisnis Online Sampingan Sambil Kuliah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *