Rekomendasi Lensa Tele Nikon Terbaik Dan Info Harga

Rekomendasi Lensa Tele Nikon Terbaik – Saat ini telah banyak sekali berbagai macam brand lensa tele. Lensa tele sendiri termasuk jenis lensa yang fleksibel, dimana dapat Anda gunakan untuk berbagai kegiatan.

Lensa tele (telephoto lens) adalah lensa yang mampu memotret objek yang jaraknya jauh, memotret gambar yang besar, dan foto bokeh. Contohnya saja di gunakan untuk memotret aktivitas olahraga sepak bola, binatang di alam terbuka, atau foto lanskap.

Produsen lensa tele di antaranya ada Canon, Nikon, Sony, Fujifilm dan lain – lain. Harga lensa tele juga sangat variatif, ada yang murah dan ada pula yang mahal.

Hal ini bergantung pada spesifikasi yang dimiliki oleh lensa tersebut. Nah, sebelum membeli lensa tele, ada beberapa faktor yang perlu di perhatikan sebagai bahan pertimbangan Anda. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut.

Karakter Lensa Tele Nikon

1. Panjang Fokal Lensa Tele

Sesuaikan panjang fokal lensa tele dengan kebutuhan Anda. Panjang fokal mempengaruhi jenis dan jarak objek yang akan di foto. Semakin besar panjang fokal, maka semakin jauh objek yang mampu di tangkap oleh lensa ini.

Namun jika focal length terlalu besar, maka tidak cocok di gunakan ketika objeknya tidak begitu jauh dengan kamera. Berlaku juga sebaliknya, sehingga pemilihan panjang fokal ini sangat penting. Berdasarkan panjang fokalnya, lensa tele di bedakan menjadi 3, yaitu:

  • Short Telefoto
    Lensa tele dengan panjang fokal antara 85-135 mm yang biasa di gunakan mengambil foto objek yang jaraknya tidak begitu jauh. Misalnya saja seperti foto potrait, foto produk, ataupun foto event.
  • Medium Telephoto
    Telephoto lens dengan panjang fokal antara 135 hingga 300 mm. Lensa ini termasuk lensa yang paling sering di gunakan. Karena menawarkan jangkauan jarak yang cukup jauh namun masih cocok juga di gunakan untuk objek yang jaraknya cukup dekat. Meskipun demikian, ketika digunakan untuk kegiatan indoor intensitas cahayanya sedikit kurang. Untuk mengatasinya, bisa dengan memilih jenis medium telephoto yang di bekali dengan aperture f/2.8.
  • Super Telephoto Lens
    Lensa tele yang memiliki panjang fokal di atas 300 mm. Dengan focal length tersebut, lensa tele jenis ini mampu memotret objek yang sangat jauh seperti binatang liar di hutan dan olahraga outdoor.

Walapun dengan jenis lensa short telefoto dan medium telephoto masih bisa di gunakan dengan cara memperbesar hasil fotonya, tetapi hal ini akan menurunkan kualitas foto yang diperoleh. Sehingga super telephoto lens sering di gunakan oleh para profesional.

” Baca Juga : Lensa Wide Canon Terbaik Serta Harganya “

2. Image Stabilization

Fitur image stabilization akan meminimalisir terjadinya blur pada foto yang didapatkan. Apalagi mengingat fakta bahwa semakin besar panjang fokal, maka kemungkinan foto blur semakin besar. Sehingga pastikan lensa tele yang ingin Anda beli sudah di lengkapi dengan fitur ini.

3. Jenis Mount Lensa

Jenis mount ini akan menentukan apakah lensa tele ini sesuai atau tidak dengan kamera yang Anda miliki. Hal ini perlu diperhatikan karena tidak semua lensa tele kompatibel untuk semua kamera.

Walaupun ada beberapa lensa tele yang bisa di gunakan untuk berbagai jenis kamera. Contohnya saja lensa tele yang di produksi Canon hanya bisa digunakan untuk kamera Canon saja.

Contoh lainnya yaitu, lensa tele Sigma kompatibel dengan kamera merek Sigma, Nikon, dan Canon. Untuk dapat menentukan jenis mount ini, Anda bisa melihat pada tabel spesifikasinya.

4. Bobot Dan Ukuran Lensa

Bobot dan ukuran lensa tele memang lebih besar dibandingkan lensa yang panjang fokalnya lebih kecil. Sehingga Anda harus menyiapkan tas besar jika di bawa untuk kegiatan outdoor.

Tak lupa juga di butuhkan tripod sebagai penyangga. Apabila Anda menggunakan lensa tele untuk memotret objek yang dinamis, disarankan memilih lensa dengan bobot sekitar 1 Kg agar tangan tidak cepat lelah.

Itulah beberapa faktor yang perlu di pertimbangkan sebelum anda membeli lensa tele. Selanjutnya ischakfotografi.com akan merekomendasikan lensa tele terbaik dari brand Nikon untuk kamera DSLR.

Rekomendasi Lensa Tele Nikon Terbaik

1. Nikon | AF-S NIKKOR 200-500 mm f/5 6E ED VR

Rekomendasi Lensa Tele Nikon Terbaik

Lensa tele dari Nikon yang satu ini bisa anda miliki mulai dari Rp.18.805.000. Lensa yang mampu menangkap momen – momen krusial.

Fitur – fitur yang dimiliki yaitu VR (vibration reduction), SWM (silent wave motor), dan di lengkapi dengan mekanisme diafragma elektromagnetik. Lensa yang sangat stabil dan cepat fokus ke objek yang dibidik.

Apalagi ketika di setting ke sport mode, fitur VR akan bekerja dengan optimal, yang membuat lensa menjadi cepat fokus. Selain itu juga adanya ED (extra-low dispersion) glass akan membantu anda menghasilkan gambar dengan resolusi yang tinggi.

Bobot lensa ini mencapai 2.3 Kg, dan kompatibel untuk dengan Nikon F mount.

2. Nikon | AF-S 70-200 mm f/2.8E FL ED VR

Rekomendasi Lensa Tele Nikon Terbaik

Lensa yang sangat ingin di miliki oleh fotografer profesional, karena penuh dengan fitur futuristik. Harganya juga cukup fantastis yaitu kisaran Rp.40.000.000. Auto fokus yang supercepat dan akurat, dengan pilihan manual atau prioritas auto.

Adanya VR 4-stop mampu mengurangi getaran, sehingga sangat mampu merekam objek mode sport yang bergerak sangat cepat.

Kualitas gambarnya pun tak perlu diragukan lagi, ketajaman dan kontras foto yang di hasilkan tetap terlihat di semua aperture dan setiap jangkauan zoom. Kekurangan dari lensa ini hanya pada berat yang mencapai 1.43 Kg dan dimensi 88.5 x 202.5 mm.

3. Nikon | AF-S 79-200mm f/4G ED VR

Rekomendasi Lensa Tele Nikon Terbaik

Lensa tele yang memiliki diafragma dan aperture yang sempit. Namun sangat ringan dan mudah dibawa dengan bobot 850 gram dan dimensi 79 x 179 mm. Bobotnya yang ringan akan sangat nyaman di gunakan untuk kegiatan yang fotografi yang dinamis.

Dibekali juga dengan sistem VR, yang dapat meminimalisir getaran saat pengambilan foto. Serta fitur deteksi panning otomatis.

Kualitas gambar yang di hasilkan juga sangat kontras dan tajam tanpa blur. Hal ini karena lensa memiliki tiga elemen extra-low dispersion (ED) dan satu high refractive index (HRI). Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.20 juta untuk memiliki lensa ini.

4. Nikon | AF-S 70-300mm f/4.5-5.6E ED VR

Bisa di bilang bahwa lensa ini adalah lensa penerus untuk lensa legenda Nikon AF-S 79-300mm f/4.5-5.6G IF ED bagi para pecinta fotografi khususnya user Nikon. Mengingat performanya yang luar biasa tetapi dibandrol dengan harga yang relatif murah yakni mulai dari Rp.8 juta.

Fitur baru yang di tambahkan untuk menyempurnakan lensa sebelumnya. Fitur tersebut yaitu Pulse yang merupakan sistem autofokus yang sangat cepat dan nyaris tak terdengar, bahkan ketika di gunakan di dalam ruangan.

Diafragma yang bisa di kontrol secara elektromagnetik untuk konsistensi saat pengambilan foto secara cepat. Serta sistem VR dan penambahan mode sport.

” Baca Juga : Lensa Tele Canon Terbaik DSLR Dan Mirrorless “

Akhir Kata

Demikianlah beberapa rekomendasi lensa tele Nikon terbaik dari ischakfotografi.com dan beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan sebelum menentukan lensa tele yang akan anda beli. Semoga informasi yang di sajikan dalam artikel ini bisa membantu anda yaaa.

Tinggalkan komentar