Rekomendasi Lensa Macro Canon Mirrorless Dan Harga

Lensa Macro Canon – Terdapat berbagai jenis lensa yang bisa digunakan oleh fotografer. Tentu saja setiap lensa memiliki fungsinya masing – masing.

Kali ini ischakfotografi.com akan memberikan informasi terkait lensa makro. Lensa makro biasanya digunakan oleh fotografer untuk memotret objek dari jarak dekat.

Objek yang di foto pun berukuran kecil seperti tetesan air, tanaman, dan serangga. Pemilihan lensa makro memang punya peran penting, sehingga jika Anda sedang menekuni fotografi makro pastikan memilih lensa makro yang tepat.

Lensa makro sebenarnya tidak menjadi lensa wajib yang harus dimiliki oleh fotografer seperti lensa fix atau prime. Hanya fotografer yang menyukai dunia macro photography saja yang biasanya memiliki lensa ini.

Namun, sesungguhnya lensa makro tidak hanya digunakan untuk macro phography saja. Mari kita ulas bersama – sama lebih detail terkait lensa tersebut.

Penjelasan Lensa Macro

Lensa makro adalah lensa yang dirancang secara khusus untuk membuat fokus yang sangat dekat dengan subjek agar tampak besar di jendela bidik maupun hasil fotonya.

Lensa tersebut mampu memproyeksikan subjek ke sensor kamera pada rasio 1:1 sesuai ukuran aslinya. Hasilnya akan 1,0 x Maximum magnification (MM) atau pembesaran maksimum pada lensa MFD (minimum focus display) yang diukur dari subjek ke sensor.

Maksudnya adalah ketika subjek yang difoto memiliki panjang 20mm, maka pada sensor kamera diproyeksikan dengan panjang 20mm juga. Meskipun pada kamera DSLR mungkin akan memenuhi frame (full frame). tetapi ketika dilihat di layar komputer akan terlihat detail – detail kecil yang ada pada subjek akan terlihat jelas.

Lensa makro memiliki MM (maximum magnification) 1-5x atau antara 0,5x dan 1,0x. Focal length yang dimiliki lensa makro mulai dari wide-angle sampai telefoto.

Hal yang perlu ditekankan adalah panjang fokal lensa menentukan bidang pandang pengguna, jarak pengambilan gambar, dan kemampuan blur pada latar belakang subjek ketika memotret.

Sebagai contoh, lensa Canon EF-S 35mm f/2.8 Macro IS STM dengan panjang fokal 35mm akan menghasilkan pembesaran 1,0x pada MFD nya 5,1 inchi 130mm. Sedangkan untuk lensa Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM akan menghasilkan pembesaran yang sama dengan subjek yang berjarak 480mm dari sensor.

Contoh di atas mengartikan bahwa lensa makro yang focal length nya lebih panjang mampu memotret subjek dengan jarak yang lebih jauh namun pembesarannya tetap sama. Hal tersebut sangat berguna ketika memotret subjek yang mudah bergerak.

Tak hanya itu saja, efek blur bagian latar belakang juga akan membuat subjek lebih terisolasi.

Itulah pengertian terkait lensa makro, setelah memahami penjelasan di atas, tentu saja Anda sudah paham fungsi utama dari lensa makro. Lensa makro digunakan untuk mendapatkan hasil foto dengan detail – detail yang ada pda subjek.

Detail – detail ini biasanya tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, karena ukurannya terlalu kecil.

Fungsi Lensa Macro

Lensa makro inilah yang mampu menunjukkan detail pada subjek yang difoto tanpa harus kehilangan resolusi, yang biasanya di akibatkan karena foto di-crop jika menggunakan lensa biasa. Namun, lensa makro tidak sebatas di gunakan untuk foto makro saja.

Selanjutnya berikut ini adalah fungsi lensa makro berdasarkan orientasi pengambilan foto.

1. Lensa Makro Untuk Protrait

Foto potrait bisa di peroleh dengan lensa makro yang memiliki focal length panjang seperti lensa telefoto. Hasil fotonya sangat mengagumkan karena walaupun tidak memiliki aperture yang besar, justru mampu menghasilkan foto portrait dengan efek blur yang maksimal.

2. Lensa Makro Untuk Landscape

Foto landscape yang di hasilkan dari lensa macro malah menguntungkan fotografer terlepas dari beberapa panjang fokal lensa. Hal ini di karenakan lensa makro memiliki ketajaman umum dan flat field.

Ketajaman yang dimiliki lensa ini menjadi kunci karena berbagai sudut yang di foto memberikan ketajaman sempurna. Kedua fungsi di atas memberikan jawaban bahwa lensa makro juga bisa di gunakan untuk memotret portrait dan landscape, tidak hanya untuk memotret close-up saja.

Ketahui Jenis Lensa Makro

Bersarkan panjang fokal nya, lensa makro di bedakan menjadi tiga jenis. Berikut ini jenis – jenis lensa makro mulai dari 35mm hingga 200mm.

1. Lensa Makro Pendek (35mm – 60mm)

Jenis lensa ini memiliki bobot lensa yang ringan dan harganya terbilang cukup murah. Karena memiliki panjang fokal yang pendek, Anda harus mengambil foto dari jarak yang sangat dekat ketika menggunakan lensa makro jenis ini.

Minusnya dari lensa makro pendek adalah terkadang akan menimbulkan bayangan dan bisa membuat subjek hidup menjadi tidak nyaman karena merasa terganggu.

2. Lensa Makro Menengah (90mm – 105mm)

Anda bisa memotret subjek dengan jarak yang lebih jauh di bandingkan dengan jenis lensa makro pendek. Lensa makro jenis ini juga masih terbilang cukup ringan karena bisa di gunakan tanpa tripod.

3. Lensa makro panjang (150mm – 200mm)

Lensa makro ini memiliki panjang fokal yang lebih panjang dari dua jenis lensa sebelumnya. Dengan lensa ini, Anda bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang bagus dari jarak jauh.

Lensa makro panjang akan sangat membantu Anda memotret subjek pemalu dan akan merasa terganggu jika di foto dari jarak yang dekat. Tetapi lensa makro panjang bobotnya lebih berat dan tentu saja harganya juga mahal.

Bagi Anda fotografer pemula, jika ingin membeli lensa makro, di sarankan untuk membeli lensa dengan panjang fokal antara 100mm hingga 150mm.

Rekomendasi Lensa Macro Canon Mirrorless Dan Harga

Selanjutnya, ischakfotografi.com akan merekomendasikan lensa mikro dari Canon. Berikut ini beberapa lensa mikro canon terbaik.

1. Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USM Lens

Lensa makro canon ini merupakan update lensa 100mm dari brand Canon. Perbaikan secara keseluruhan terhadap konstruksinya.

Apalagi ketahanan bodi lensa terhadap air. Fitur yang di unggulkan adalah optical image stabilization.

Fitur ini bisa berfungsi mengurangi efek guncangan tangan user, hingga 4-stop control shake. Kemudian ada fitur USM (ultrasonic motor) yang akan membantu anda menentukan fokus gambar lebih cepat dan gambar yang di hasilkan juga lebih jelas dan tajam.

Untuk harga lensa macro canon ini di bandrol sekitar Rp.16 jutaan.

2. Canon MP-E65mm f/2.8 1-5x Macro Photo

Lensa macro canon terbaik selanjutnya adalah Canon MP-E65mm f/2.8 1-5x Macro Photo lens. Dengan lensa ini, mampu memperluas ukuran sebenarnya hingga pembesaran 5 kali.

Sistem flotation yang di adaptasi dari tiga grup lensa mampu menghasilkan pembesaran variabel tinggi dalam wilayah mikro. Sehingga secara efektif akan mengoreksi fluktuasi penyimpangan yang mengikuti perubahan pembesaran.

Lensa macro canon terbaik yang di lengkapi dengan elemen lensa UD sebagai elemen spektrum sekunder. Elemen ini yang akan meminimalisir masalah dalam pembesaran yang tinggi.

Lalu ada pula fitur EMD (electromagnetic diafragma) yang memungkinkan untuk menghasilkan foto yang halus ketika menggunakan cincin lebar. Kemudian terdapat garis penghalang di bagian depan lensa, berfungsi mengurangi cahaya ketika lensa berada dekat dengan subjek.

Lensa makro canon ini memungkinkan penggunaan Macro ring lite MR-14EX dan macro twin lite MT-24EX. Tak lupa pula, bahwa lensa makro ini di sertai dengan dudukan tripod yang bisa di lepas.

Serta mampu memberikan dukungan kuat untuk pengalihan halus antara fotografi vertikal dan horizontal. Harga lensa macro canon ini cukup mahal sekitar Rp. 17 jutaan.

3. Canon EF-S35mm f/2.8 Macro IS STM

Lensa Macro Canon

Kali ini rekomendasi selanjutnya adalah lensa macro canon murah dan ringan dengan aperture maksimum f/2.8. Dilengkapi juga dengan hybrid IS yang memungkinkan penggunanya menangkap bidikan mikro.

Focal length 35mm akan menghasilkan gambar yang terlihat natural dan efek bokeh yang indah. Tak hanya untuk subjek mikro saja, tetapi untuk fotografi makanan dan potret wajah juga.

Di bagian depan lensa terdapat dual led macro yang bisa di kontrol sendiri. Sehingga bisa menghidupkan dan mematikan daya untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk.

Jadi Anda bisa memberikan bayangan pada objek untuk penegasan dimensi atau bahkan menghapus bayangan yang tak di inginkan.

Motor STM yang menggerakkan lensa juga sangat cepat. Lalu Autofokusnya juga begitu senyap, sehingga ideal untuk pembuatan film makro serangga dan hewan kecil untuk kehidupan sehari – hari. Harga Lensa canon macro murah ini di badrol dengan harga Rp.6 jutaan saja.

4. Canon EF-M28mm f/3.5 Macro IS STM

Lensa Macro Canon

Selanjutnya Lensa macro canon murah selanjutnya adalah Canon EF-M28mm f/3.5 Macro IS STM. Lensa makro canon satu ini memiliki kemampuan memotret dengan rasio 1:1 dengan ukuran aslinya pada mode super macro 1,2x.

Lensa EF-M pertama yang di keluarkan oleh canon, yang memberikan keleluasaan penggunanya untuk menyesuaikan arah dan intensitas cahaya. Sehingga sangat praktis di gunakan untuk berbagai kondisi penerangan.

Bentuk atas lensa yang tajam dapat membantu user mendekati subjek dengan mudah. tanpa takut adanya bayangan yang mengenai subjek walaupun memotret dari jarak yang dekat.

Lalu adanya sistem hybrid IS dan koreksi getaran kamera memudahkan fotografer memotret tanpa tripod. Lensa mikro murah untuk canon ini harganya hanya sekitar Rp.5 jutaan.

5. Canon EF 180mm f/3.5L Macro USM

Lensa Macro Canon

Rekomendasi lensa macro untuk canon ini termasuk jenis lensa tele macro canon. Hal ini di karenakan focal length yang di miliki lensa tele macro canon ini sebesar 180mm.

Lensa tele macro canon mampu menghasilkan foto jarak dekat hingga 1x. Lensa tele macro yang ideal untuk memotret serangga dan hewan berukuran kecil dari jarak yang lebih jauh.

Rentang fokusnya dapat di alihkan dengan mudah, yaitu antar 0,48/1,6 kaki hingga tak terhingga dan 1,5/4,9 kaki hingga sampai tak terhingga. Terdapat juga tiga elemen UD yang akan megoreksi spektrum sekunder secara efektif.

Flotation konstruksi internal memastikan hasil gambar yang tajam dari berbagai jarak subjek. Fokus lensa yang tidak berubah karena memiliki focal length yang panjang, user tak perlu khawatir lensa akan bersentuhan dengan subjek.

Fitur USM cincin berfungsi untuk autofokus yang tidak berisik. Selanjutnya untuk pembesaran maksimum dapat di tingkatkan menggunakan extender EF 1,4x II untuk pembesaran 1,4x dan 2x II untuk pembesaran 2x.

Harga lensa macro canon jenis tele ini memang cukup mahal, yaitu sekitar Rp.25 jutaan.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa rekomendasi harga lensa micro canon mirorrless terbaik versi Ischakfotografi.com. Demikian pula pembahasan terkait lensa mikro beserta fungsi dan jenis – jenisnya.

Rekomendasi lensa micro canon di atas bisa di gunakan untuk kamera DSLR. Semoga artikel ini bisa menjawab kebingungan Anda terkait lensa micro.

Artikel Terkait: 

Tinggalkan komentar