Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Diaktifkan ? Simak Solusinya

Apakah Anda salah satu pengguna yang sedang mengalami permasalahan kenapa shopee paylater tidak bisa diaktifkan? Jika benar, maka tentu saja hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Meskipun begitu, tidak jarang pengguna merasa bingung. Padahal jika Anda mencari cara mengaktifkan shopee paylater yang tidak muncul. Anda bisa melakukan verifikasi dengan mengecek apakah akun Shopee sudah berusia minimal 3 bulan.

Salah satunya karena akun Anda terdeteksi sebagai pengguna baru. Sedangkan, fitur Shopee Paylater hanya bisa digunakan oleh pengguna wajib dengan minimal usia akun 3-6 bulan.

Selain itu, alasan lain kenapa shopee paylater tidak bisa diaktifkan karena Anda belum berusia 17 tahun keatas. Sebab, Shopee memberikan persyaratan tersendiri bahwa pengguna Paylater harus sudah memiliki KTP.

Namun, anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai permasalahan ini. Tidak lupa kami juga akan memberikan penjelasan mengenai cara mengatasi shopee paylater yang tidak muncul. Langsung saja simak selengkapnya sampai selesai.

Kenapa Shopee Paylater Dinonaktifkan 

Jika sebelumnya Anda mengetahui beberapa alasan kenapa shopee paylater tidak bisa diaktifkan. Nyatanya setelah Anda berhasil menggunakan layanan pinjaman berjangka ini, juga terdapat beberapa masalah yang mungkin terjadi.

Salah satunya kenapa shopee paylater dinonaktifkan. Meskipun pada dasarnya konsep tidak bisa aktivasi dan penonaktifan seringkali didasari oleh beberapa permasalahan yang sama. Namun, Anda bisa mengetahui beberapa penyebabnya berikut ini :

1. Ketidaksesuaian Data Pengguna

Permasalahan utama yang menjadi alasan kenapa shopee paylater dinonaktifkan oleh perusahaan sebab sistem mendeteksi adanya ketidaksesuaian data. Hal tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya typo.

Jika Anda salah ketik dalam menuliskan alamat rumah, bisa jadi hal tersebut mempengaruhi penilaian perusahaan. Terlebih jika Anda salah memasukkan NIK, di mana pada kesalahan ini juga menjadi salah satu alasan kenapa shopee paylater tidak bisa diaktifkan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda hanya perlu mengeditnya melalui akun shopee. Tujuannya agar shopee paylater bisa Anda gunakan kembali.

2. Pencurian Saldo Playlater

Mendengar istilah pencurian saldo Paylater mungkin akan membuat Anda merasa sedikit bingung. Oleh karena itu, beberapa tindakan yang termasuk dalam tindakan percobaan pencurian yang menjadi alasan kenapa shopee paylater tidak bisa diaktifkan, bisa Anda lihat berikut :

  • Pengguna salah memasukkan PIN Spaylater berulang kali.
  • Membayar berbagai barang belanjaan dengan Spaylater dalam waktu singkat. Permasalahan ini juga menjadi salah satu pengalaman shopeepay dinonaktifkan pada beberapa akun pengguna.
  • Melakukan pengajuan penambahan limit Shopee Paylater dalam jumlah terlalu besar. Biasanya jika sudah sampai pada tahap ini, perusahaan akan memberikan notifikasi pop up ‘Demi keamanan kami telah memblokir transaksi di akun Shopee.

3. Shopee Paylater Mengalami Masalah Server

Selain penonaktifan terjadi karena kesalahan pengguna, nyatanya hal tersebut juga bisa disebabkan oleh sistem yang eror. Sehingga masalah terkait juga menjadi salah satu penyebab kenapa shopee paylater dinonaktifkan.

Contoh problem di server Shopee seperti kerugian yang dialami oleh perusahaan. Sehingga Shopee terpaksa harus memberhentikan sementara pelayanan Shopee Paylater. Jika begitu, cara mengaktifkan shopee paylater yang tidak muncul selama server error hanya bisa Anda lakukan dengan menunggu sistem bekerja kembali.

4. Login Akun Shopee Paylater Pada Dua Perangkat

Masalah lain dari penonaktifan ini berkaitan dengan kenapa shopee paylater tidak bisa diaktifkan. Biasanya kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna yaitu dengan login di dua perangkat atau lebih.

Hal tersebut bisa memicu kecurigaan dari pihak perusahaan Shopee. Sehingga, mereka lebih memilih untuk melakukan non aktivasi akun untuk menjaga keamana.

Namun, tidak jarang perusahaan juga memberikan notifikasi ‘Demi keamanan kami telah memblokir transaksi di akun Shopee.’ Tujuannya jika terjadi tindak pencurian, bisa segera diminimalisir sedini mungkin.

Baca Juga : Cara Bayar Shopee Food Pakai Shopee Paylater

Kenapa Shopee Paylater Tidak Muncul

Menurut pengalaman kami tentang penyebab kenapa shopee paylater tidak muncul di akun anda karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi. Karena beberapa waktu lalu kami sempat mengalami masalah seperti ini dan sama sekali tidak bisa menggunakan shopee paylater.

Nah, dibawah ini adalah beberapa penyebab shopee paylater tidak muncul yang perlu anda ketahui :

  • Akun anda tidak memenuhi syarat pengajuan shopee paylater. Bisa dikarenakan kesalahan pengisian data atau ada kesamaan data dengan pengguna lain.
  • Intensitas traksaksi menggunakan shopee sangatlah rendah, sehingga skor kredit shopee turun.
  • Belum memperbarui aplikasi shopee dengan versi yang terbaru.

Namun, yang sering menjadi penyebab kenapa shopee paylater tidak ada biasanya karena pengguna salah ketika memasukan data atau syarat belum terpenuhi. Selain itu, jika proses verifiaksi atau saat aktivasi gagal biasanya dikarenakan foto selfie yang di unggah tidak pas atau terpotong.

Baca Juga : Cara Mengembalikan Limit Shopee Pinjam

Cara Mengaktifkan Kembali Shopee Paylater yang Telah Dinonaktifkan

Apakah Anda memiliki pengalaman shopeepay dinonaktifkan? Tentu hal tersebut sangat menjengkelkan, bukan? Apalagi jika Anda tidak pernah mendapat notifikasi terkait tindak mencurigakan.

Padahal biasanya perusahaan mengirimkan pemberitahuan untuk antisipasi seperti ‘Demi keamanan kami telah memblokir transaksi di akun Shopee. Lantas bagaimana solusi jika shopee paylater Anda dinonaktifkan?

Anda bisa mengikuti beberapa cara mengaktifkan kembali shopee paylater yang telah dinonaktifkan berikut ini :

1. Melalui Chat Shopee

Jika Anda memiliki pengalaman shopeepay dinonaktifkan atau shopee paylater. Maka Anda bisa mencoba untuk mengaktifkannya kembali dengan langkah berikut ini :

  • Buka Aplikasi Shopee > Masuk bagian saya.
  • Klik tombol ‘Chat dengan Shopee’.
  • Selanjutnya klik live with agent.
  • Anda bisa langsung menghubungi agen Shopee untuk mempertanyakan permasalahan.

2. Contact Us di Website Shopee

Cara mengatasi kenapa shopee paylater dinonaktifkan yakni dengan langkah berikut :

  • Buka website help.shopee.co.id/s/contactusform melalui browser.
  • Isi formulir dengan benar.
  • Masukkan beberapa keluhan berkaitan dengan cara mengaktifkan shopee paylater yang tidak muncul atau dinonaktifkan.
  • Lampirkan bukti screenshot shopee paylater.
  • Terakhir, kirim.

3. Mengirim Email ke Pihak Shopee

Jika Anda ingin menghubungi perusahaan melalui Email. Maka cara mengaktifkan kembali shopee paylater yang telah dinonaktifkan antara lain :

  • Pertama, Anda harus memasukkan subjek email dengan jelas. Dalam hal ini Shopee paylater
  • Isi email menggunakan data akun Shopee Pengguna
  • Lampirkan bukti Screenshoot
  • Kirim ke alamat [email protected]

Berapa Lama Akun Paylater Dinonaktifkan Sementara

Bagi beberapa pengguna Shopee yang mengalami permasalahan nonaktivasi dadakan. Mungkin bertanya berapa lama akun paylater dinonaktifkan sementara. Namun, nyatanya tidak terdapat waktu pasti untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Perusahaan melakukan penonaktifan karena mendeteksi adanya kecurigaan terhadap aktivitas akun. Sehingga, berapa lama akun paylater dinonaktifkan sementara tergantung dari tindakan pengguna.

Tetapi jika Anda melakukan komplain untuk mengaktifkannya kembali seperti cara yang telah dibahas di atas. Maka, berapa lama akun paylater dinonaktifkan sementara mungkin hanya bertahan sebentar sebab perusahaan akan memproses pengajuan aktivasi ulang milik Anda dengan cepat.

Kelebihan Dan Kekurangan Shopee Paylater

Mengetahui kelebihan dan kekurangan shopee paylater memang sangatlah penting bagi pengguna baru aplikasi shopee. Sekaligus anda bisa membandingkan dengan platform paylater yang lainya.

Nah, dibawah ini beberapa kelebihan shopee paylater yang perlu anda ketahui :

  • Setiap pengguna shopee paylater bisa membeli barang dengan cara di cicil atau kredit. Dengan kata lain pembeli bisa membeli barang dengan sistem bayar nanti, sehingga tidak terlalu membebani pembeli jika tidak memiliki cukup uang.
  • Menawarkan beberapa pilihan jangka waktu pembayaran cicilan.
  • Limit kredit bisa semakin bertambah atau semakin naik.
  • Semakin memudahkan para pengguna dalam bertransaksi di aplikasi shopee atau platform lain yang bekerja sama dengan shopee.

Selanjutya, berikut ini ada beberapa kekurangan shopee paylater yang perlu anda ketahui :

  • Setiap pengguna yang bertransaksi menggunakan shopee paylater akan dikenakan bungan dan biaya administrasi.
  • Apabila pengguna terlat bayar shopee paylater, maka akan dikenakan denda sesuai dengan pinjaman.
  • Membuat para pengguna jadi memiliki sifat konsumtif dan boros karena kemudahan yang dinikmati saat ini. Sehingga sering kali pengeluaran belanja tidak sepadan dengan pemasukan.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater Untuk Penjual

Selain membahas tentang kenapa shopee paylater tidak bisa diaktifkan. Bagi anda para penjual atau pemiliki toko, ternyata juga menikmati layanan miliki shopee ini. Yakni dengan cara mengaktifkan shopee paylater untuk penjual, supaya anda tetap bisa mendapatkan pinjaman uang dari aplikasi shopee.

Selain untuk membeli barang di shopee, para penjual juga bisa memanfaatkan shopee paylater sebagai modal usaha untuk menjual beberapa produk yang terasedia di shopee.

Minimal Pembayaran Shopee Paylater

Bagi pengguna baru mungkin masih banyak yang merasa bingung ketika ingin membayar shopee paylater. Sering kali mereka bertanaya apakah bisa langsung melunasi pembayaran shopee paylater?

Perlu anda ketahui bahwa aplikasi shopee sudah mengatur nominal pembayaran cicilan setiap bulan yang harus bayar. Namun jika anda ingin membayar shopee paylater sekaligus 2 bulan, jawabannya sangatlah bisa. Bahkan jika ingin, anda bisa langsung melunasi semua cicilan paylater.

Justru dengan melunasi semua cicilan sebelum jatuh tempo akan menambah skor kredit anda. Kemudian cara tersebut bisa memudahkan anda ketika ingin menambah atau menaikan limit shopee paylater anda.

Limit Shopee Paylater Pertama Setelah Aktivasi

Limit pertama setiap pengguna memang berbeda-beda sesuai dengan informasi data dan kesanggupan bayar cicilan. Namun pada umumnya setiap pengguna baru akan mendapatkan limit shopee paylater pertama sebesar Rp.750.000.

Namun, limit tersebut bisa terus bertambah jika anda tidak melanggar peraturan dan tidak telat bayar shopee paylater. Bahkan andda bisa mendapatkan limit hingga 15 juta rupiah yang bisa digunakan untuk membeli segala jenis barang di aplikasi shopee.

Nah, mengenai cara menaikan limit shopee paylater, sebelumnya sudah pernah kami bahas di artikel sebelumnya. Akan tetapi, yang perlu anda pahami adalah batas maksimal limit shopee ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan pihak shopee.

Jadi, bila anda merasa limit shopee paylater saat ini terlalu rendah. Maka anda bisa mengajukan penambahan limit dengan cara yang sudah kami jelaskan sebelumnya.

Tapi perlu diingat bahwa untuk bisa menambah limit paylater. Anda harus memiliki riwayat pembayaran yang tertib dan performa yang baik dalam menggunakan shopee paylater anda.

Syarat Mengaktifkan Shopee Paylater Untuk Penjual Dan Pembeli

Tentu saja ada beberapa persyaratan yang perlu anda ketahui supaya bisa mengaktifkan shopee paylater. Pasalnya, jika anda tidak memenuhi syarat dan ketentuan di shopee bisa jadi pengajuan shopee paylater ditolak atau gagal.

Nah, dibawah ini adalah beberapa syarat mendapatkan shopee paylater :

  • Pengguna harus berwarga negara Indonesia (WNI)
  • Sudah berusia 17 tahun dan sudah memiliki KTP yang aktif.
  • Bukan pemilik akun shopee baru, melainkan sudah memiliki akun shopee selama 3 sampai 6 bulan atau lebih untuk bisa menggunakan shopee paylater.
  • Sering menggunakan aplikasi shopee untuk bertransaksi atau membeli barang.
  • Memiliki apliaksi shopee dengan versi terbaru.

Akhir Kata

Demikianlah pembahsan kami mengenai penyebab kenapa shopee paylater tidak bisa diaktifkan. Perlu anda ketahui bahwa tidak semua masyarakat bisa menggunakan layanan shopee paylater ini. Hanya para pengguna yang sudah memenuhi syarat dan dinilai layak saja yang bisa mendapatkan shopee paylater.

Namun, jika anda sudah memiliki shopee paylater, ada hal penting yang harus selalu anda ingat yakni jangan pernah telat bayar shopee paylater. Karena anda akan dikenakan denda jika sudah melewati tanggal jatuh tempo pembayaran.

Tinggalkan komentar