Cara Menghilangkan Pelangi Di Layar Hp Dan Baret

Cara menghilangkan pelangi di layar HP. Ponsel saat ini menjadi kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh mayoritas penduduk dunia. Koleh sebab itu, dibutuhkan handphone yang nyaman untuk memudahkan kita mengatur segala urusan sehari – hari.

Akan tetapi, beberapa kendala yang sering ditemui yaitu adanya gambaran pelangi yang muncul di layar hp. Seringkali kondisi ini akan sangat menganggu karena mengurangi estetika dari layar hp yang kita miliki.

Gambaran pelangi biasanya akan muncul setelah kita sering menekan – nekan layar handphone, seperti saat bermain game. Efek pelangi dapat terjadi akibat adanya bekas pengembunan di dalam lapisan luar LCD. Namun, tidak perlu khawatir karena pada umumnya layar pelangi hanya ada di tempered glass bukan berasal dari LCD hp yang kita miliki.

Oleh karena itu berikut ada beberapa tips untuk menghilangkan pelangi di layatr HP. Yuk simak ulasan berikut ini :

Cara Menghilangkan Pelangi Di Layar Hp

1. Ganti tempered glass

Langkah pertama dalam menghilangkan pelangi di layar hp yaitu dengan mengganti tempered glass dengan yang baru. Untuk melakukan penggantian tempered glass.  kalian bisa membeli secara online kemudian mengganti sendiri atau bisa juga pergi ke konter hp terdekat untuk menggangti tempered glass dengan bantuan pegawai konter yang sudah berpengalaman.

Jika kalian ingin mengganti tempered glass secara mandiri maka sebaiknya berhati – hati agar tempered glass milik kalian menempel sempurna tanpa ada celah.

2. Bersihkan layar pelindung atau tempered glass

Solusi kedua yang dapat di lakukan yakni dengan membuka casing handphone milik kalian, setelah itu buka bagian tempered glass. Jika pelangi Nampak pada layar pelindung bawaan maka silakan buka lem pelindungnya. Kemudian gunakan minyak kayu putih untuk menghilangkan lem pelindung tersebut.

Sebaiknya bersihkan secara hati – hati dan pelan – pelan dengan kain halus, jangan pernah sekalipun menggunakan kain kasar atau benda tajam. Hal ini dilakukan agar tidak ada baretan pada layar LCD.

Selain itu, gunakan tissue basah untuk membersihkan bagian layar yang terdapat gambaran pelangi. Setelah semuanya dipastikan bersih, lalu pasang tempered glass atau layar pelindung tadi dengan bantuan perekatnya menggunakan double tape.

3. Membuka LCD

Jika gambaran pelangi yang muncul berupa garis – garis yang memiliki model yang sama. Maka kemungkinan masalah ada pada papan LCD. Bisa karena kabel yang kendor, maupun kabel flexible yang sudah rusak, ataupun ada air yang masuk kedalam LCD.

Namun, sebelum membeli LCD ada baiknya kita mengcek terlebih dahulu penyebab pasti kenapa terdapat gambaran pelangi pada layar handphone. Berikut ini merupakan Langkah – Langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengeceknya.

  1. Terlebih dahulu buka casing hp milik mu
  2. Buka semua baut pada casing dalam menggunakan obeng berukuran kecil hingga casing layar terlepas.
  3. Secara perlahan angkat LCD lalu cek posisi soket yang menghubungkan antara layar dengan papan utama
  4. Lepas soket dan semprot dengan contact cleaner lalu pasang kembali
  5. Perlu di perhatikan untuk memastikan bahwa soket sudah pada posisi yang benar dan jangan sampai kendor
  6. Kabel penghubung yang berbentuik plat tipis menyerupai plastic juga jangan sampai lupa untuk diperiksa dan di cek ulang agar tidak ada bekas tindihan atau terjepit. Hal itu semata – mata untuk memastikan bahwa kabel tidak ada yang putus maupun rusak.
  7. Kemudian, jika hal – hal penting di atas sudah di pastikan sesuai maka pasang kembali cover dan hidupkan gadget milikmu.

4. Mengganti LCD baru

Setelah melakukan Langkah – Langkah pada poin ketiga tapi masih belum ada perubahan, maka itu artinya kalian harus mengganti layar LCD kalian dengan yang baru. Untuk penggantian LCD sebaiknya pergi ke tempat servis hp terdekat.

5. Uninstall aplikasi pihak ketiga

Unsinstall aplikasi pihak ketiga dapat di lakukan jika saat melakukan rotasi layar, garis – garis pelangi akan mengikuti arah perputaran layar. Hal tersebut menandakan adanya masalah pada software hp milik kita. Umumnya software dapat bermasalah jika ada Riwayat kita menginstall aplikasi pihak ketiga, bisa jadi aplikasi tersebut sumber masalahnya.

Namun, jika saat rotasi layar garis – garis pelangi tidak ikut berpindah dan setelah di klik pada garis tersebut tombol yang di klik masih berfungsi maka kemungkinan masalah pada hardware. Sehingga bisa diatas dengan Langkah – Langkah pda poin – poin diatas.

Akan tetapi jika tombol pada garis pelangi menjadi tidak berfungsi maka kemungkinan ada masalah pada software nya.

Kesimpulan

Kesimpulan dari Cara Menghilangkan Pelangi Di Layar Hp. Adanya layar pelangi pada handphone sangat menggangu pengguna karena pengurangi esteika pada layar gadget yang di miliki. Oleh karena itu, beberapa Langkah di atas dapat kalian coba jiuka menemui masalah yang sama pada hp millikmu. Akan tetapi, sebaiknya jika ingin lebih aman dan pasti silakan bawa ke tempat servis terdekat. Sekian ulasan cara menghilangkan pelangi di layar hp. Semoga bermanfaat.

Untuk anda yang ingin membeli kamera vlog yang murah namun tidak murahan,  anda bisa membaca salah satu artikel dari ischakfotografi.com . silahkan anda simak artikel Kamera Vlog Murah Dibawah 500 Ribu Terbaik 2022

Tinggalkan komentar