Cara Melacak Akun Shopee Penipu Barang Palsu

Bagi anda yang sedang mencari cara melacak akun shopee penipu, silahkan simak pembahsan ini sampai selesai ya.

Aplikasi shopee merupakan sebuah platform jual beli online yang bisa dibilang terbesar di Indonesia. Dengan jumlah pengguna lebih dari 1 juta dan diunduh paling banyak.

Namun bukan berarti aplikasi ini terhindar bagi para pengguna yang ingin berbuat curang dan mencari keuntungan dari beberapa celah yang didapatkan.

Sehingga penipu di shopee ini sangatlah merugikan bagi para pengguna yang ingin membeli barang secara jujur. Ada beberapa contoh penipuan shopee seperti barang tidak dikirim, barang berbeda dengan gambar, dan barang palsu atau kw.

Maka dari itu sangatlah penting bagi anda untuk mengetahui apa saja yang menjadi modus penupian di shopee. Supaya anda bisa terhindar dari potensi menjadi korban penipuan shopee ini.

Nah, dibawah ini juga telah menjelaskan tentang cara lacak akun shopee penipu, supaya anda bisa segera melaporkan ke pihak shopee. Simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Melacak Akun Shopee Penipu

Kasus penipuan nyatanya tidak hanya terjadi di dunia nyata saja. Sekarang ini platform belanja online juga diramaikan dengan isu penipuan. Tidak heran jika beberapa pengguna berusaha mencari cara lacak akun Shopee penipu.

Namun, cara lacak akun Shopee penipu sendiri tidak mudah. Sebab, seorang penipu pasti sudah sangat pandai dan mengenal sistem kerja platform. Sehingga lebih mudah untuk melakukan manipulasi.

Salah satu cara lacak akun Shopee penipu paling mudah untuk Anda lakukan yaitu dengan mengenal ciri-cirinya. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir tindakan penipuan online yang mungkin mengatasnamakan Shopee.

Beberapa ciri akun mencurigakan sebagai salah satu cara lacak akun Shopee penipu antara lain :

1. Barang Jualan Ilegal

Sebagai pengguna platform belanja online, pastikan Anda lebih mengenal produk yang akan dibeli. Kenali terlebih dahulu apakah barang sudah mendapatkan izin resmi di Indonesia. cara lacak akun Shopee penipu ini sangat efektif untuk menghindari tindak penipuan.

Pasalnya tidak jarang penjual yang mempromosikan produk black market. Meskipun dari segi harga tentu saja lebih murah daripada asli. Tetapi, Anda pasti tahu bahwa produk black market memiliki risiko kecacatan lebih parah. Oleh karena itu, pastikan Anda menerapkan cara lacak akun Shopee penipu satu ini.

2. Harga Produk Murah Tidak Wajar

Berikutnya, cara lacak akun Shopee penipu bisa dengan melihat promosi harga produk yang sangat murah. Meskipun Shopee sering memberikan fitur Flash Sale, namun masih tetap ada beberapa penjual yang memasang harga diluar nalar.

Strategi tersebut seringkali dilakukan oleh penipu untuk memikat hati pengguna. Oleh karena itu, pastikan Anda lebih berhati-hati dan mengikuti cara lacak akun Shopee penipu dengan lebih waspada lagi.

3. Penjual Sangat Agresif Dalam Melakukan Pemasaran

Terakhir, Anda mungkin bisa langsung mengenali ciri penjual penipu dari Shopee. Karena biasanya penjual yang menawarkan produk dengan sangat agresif merupakan salah satu ciri pelaku penipuan.

Apakah Shopee Bertanggung Jawab Atas Penipuan

Selain menjelaskan tentang bagaimana cara melacak akun shopee penipu, kami juga membagikan penjelasan menarik selanjutnya dibawah ini.

Maraknya berbagai kasus penipuan yang merugikan pengguna Shopee. Apakah Shopee bertanggung jawab atas penipuan tersebut? Secara peraturan, perusahaan tetap turut andil dalam permasalahan tersebut.

Seperti memfasilitasi pembeli yang mendapatkan penipuan untuk membuat laporan kepada customer service Shopee. Setelah itu, Shopee akan memproses lebih lanjut meskipun tidak menjanjikan pengembalian dana 100%. Namun, pertanyaan apakah Shopee bertanggungjawab atas penipuan telah terjawab.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir, apakah Shopee bertanggungjawab atas penipuan. Karena pihak marketplace ini tetap mengutamakan kenyamanan penggunanya. Sehingga saat ini Shopee memberikan program ketat untuk menjaring penjual nakal di platformnya.

Cara Melaporkan Penipuan Shopee Lewat Telepon

Setelah anda mengetahui bagaimana cara melacak akun shopee penipu, maka anda juga perlu mengerti bagaimana cara melaporkannya dibawah ini.

Apakah terdapat cara melaporkan penipuan Shopee lewat telepon? Tentu saja bisa. Bahkan Anda bisa langsung mengirim laporan ke provider agar nomor tersebut dibekukan.

Cara melaporkan penipuan Shopee lewat telepon dapat Anda lakukan dengan beberapa metode. Tergantung pada jenis provider yang Anda miliki. Mulai dari Telkomsel, Indosat, XL dan beberapa provider lainnya.

1. Provider Telkomsel

Jika Anda ingin melaporkan penipuan Shopee lewat WhatsApp atau SMS dengan provider Telkomsel. Maka, Anda dapat mengirimkan pesan dengan langkah berikut ini :

  • ┬áTulis format pengiriman pesan Penipuan#nomor hp penipu#kasus yang dikeluhkan pengguna.
  • Setelah itu, Anda bisa mengirimnya ke nomor 1166
  • Tunggu beberapa saat dan pihak Telkomsel akan memproses laporan Anda untuk memblokir nomor penipu.

2. Provider XL

Bagi pengguna nomor XL, cara melaporkan penipuan Shopee lewat telepon bisa Anda lakukan dengan langkah :

  • Buat format laporan : Lapor#nomor penipu#kasus yang dikeluhkan pengguna.
  • Kemudian, kirim pesan atau SMS ke nomor 588

3. Indosat

Jika Anda mendapatkan kasus penipuan Shopee lewat WhatsApp atau SMS di nomor Indosat, ikuti cara berikut ini :

  • Ketikkan format SMS <spasi> nomor penipu <spasi> isi SMS penipu
  • Kirimkan pesan tersebut ke nomor 726.

Jenis Penipuan Di Shopee

Kecanggihan teknologi tidak hanya memberikan keuntungan kepada setiap orang. Namun, juga dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggungjawab dengan memunculkan berbagai jenis penipuan di Shopee.

Di mana, jenis penipuan di Shopee ini pastinya sangat merugikan pengguna. Oleh karena itu, kenali beberapa modusnya berikut ini :

1. Modus Penipuan Shopee Minta Nomor Rekening

Salah satu modus penipuan Shopee minta nomor rekening paling banyak dialami pengguna. Karena penipu menggunakan metode phising. Di mana, meyakinkan pengguna dengan modus mendapatkan hadiah undian.

Untuk menerima hadiah yang telah penipu janjikan. Maka, modus penipuan shopee minta nomor rekening ini diluncurkan. Namun sayangnya masih banyak sekali pengguna Shopee yang belum menyadarinya.

2. Modus Penipuan Shopee Barang Tidak Sesuai

Jika Anda pernah mendapatkan harga barang sangat miring daripada normalnya. Hal tersebut juga bisa menjadi salah satu modus penipuan Shopee barang tidak sesuai. Karena seringkali Shopee mendapatkan laporan barang yang dikirim rusak dan sangat merugikan.

Namun, Anda bisa mengenali modus penipuan Shopee barang tidak sesuai dari mulai penjual menawarkan produk. Biasanya akan bersikap sangat agresif agar pembeli segera melakukan konfirmasi setelah barang tiba.

Oleh karena itu, pastikan Anda lebih berhati-hati terhadap berbagai jenis penipuan di Shopee.

3. Modus Penipuan Shopee Lewat WA

Selain beberapa modus di atas. Kasus modul penipuan Shopee lewat WA juga sering dialami oleh pengguna. Bahkan, aksi penipu untuk melancarkan tindakannya seringkali mengatasnamakan Shopee seperti Tim Undian Shopee.

Jika Anda mendapatkan modul penipuan Shopee lewat WA semacam ini. Pastikan untuk bersikap waspada karena dari pesan yang muncul saja sudah bisa ditebak bahwa hal tersebut mencurigakan.

Apalagi, pihak Shopee hanya akan menghubungi pengguna melalui akun sosial media resmi saja. Sehingga jika pesan semacam itu muncul sudah dapat dipastikan bahwa telah terjadi kasus penipuan Shopee lewat WhatsApp.

Cara Menghindari Penipuan Di Shopee

Supaya anda terhindar dari kejahatan penipuan ini, maka anda harus mengetahui bagaimana cara menghindari penipuan di shopee ini.

Bahkan beberapa toko yang tidak jelas ini sering kali menampilkan berbagai barang dengan gambar yang bagus serta harga yang jauh lebih murah dibanding toko retailnya.

Nah, supaya anda anda tidak terkecoh dengan modus ini. Maka anda perlu mengetahui beberapa poin penting yang bisa digunakan sebagai patokan apakah toko tersebut penipu atau tidak.

Informasi ini juga tidak kalah pentingya dibanding cara melacak akun shopee penipu yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Dibawah ini kami telah membagikan beberapa hal penting untuk menghindari penipuan di shopee :

1. Belanja Di Shopee Mall

Usahakan anda selalu membali barang di toko yang sudah memiliki label shopee mall. Karena bisa dibilang toko terbut memang asli dan barang yang dijual juga memiliki kualitas yang bagus sesuai deskripsi.

Selain itu, jika barang yang anda terima nanti tidak sesaui dengan gambara atau deskripsi, maka anda bisa mengembalikan barang dan meminta refund atau barang yang baru.

2. Melihat Rating Toko

Anda bisa terhindar dari potensi kejahatan di shopee salah satunya dengan melihat rating serta ulasan yang ada pada toko tersebut.

Apabila toko tersebut memiliki ulasan dan raring yang cenderung buruk maka sebaiknya anda hindari saja.

3. Transfer Langsung Ke Rekeing Shopee

Cara menghindari penipuan penjual di shopee salah satunya dengan bertransaksi hanya melalui aplikasi shopee saja.

Apabila penjual meminta anda untuk transfer secara langsung ke rekening penjual segeralah anda tolak. Karena hal tersebut berpotensi barang anda tidak akan dikirim atau penipuan.

4. Jangan bagikan Kode OTP ke Penjual Shopee

Jika ada orang lain atau penjual yang ingin meminta kode OTP atau password 6 digit yang dikirimkan pihak apliaksi ke hp anda, segera anda tolak.

Karena kode itu sangatlah penting, pasalnya semua transaksi lewat aplikasi shopee akan menggunakan kode tersebut. Selain itu, kode OTP juga digunakan untuk memverifikasi akun shopee ketika akan login.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan dari kami mengenai cara lacak akun shopee penipu, serta beberapa informasi penting lainya yang telah kami bagikan diatas. Semoga setelah anda membaca semua penjelasan dari kami, anda bisa mengerti cara menghindari penipuan di shopee serta di aplikasi jual beli online lainya.

Leave a Comment