6 Cara Blokir Pembeli di Lazada & Melaporkan Pembeli Nakal

Apakah Anda salah satu seller yang sedang bingung bagaimana cara blokir pembeli di Lazada? Pasalnya tidak hanya seller nakal saja yang banyak bertebaran di e-commerce. Customer yang suka jahil dan mendadak menggagalkan pesanan juga ada.

Apalagi jika proses pengiriman barang sudah dilakukan. Bukankah hal tersebut sangat menyebalkan? Sebab, tidak hanya membuat Anda rugi di pengiriman, tetapi juga waktu yang digunakan untuk sekedar packing atau persiapan penjualan.

Padahal sebagai seller Anda harus menaati setiap peraturan yang ada seperti pasal 3d dan 7a Lazada. Jika tidak, atau terdapat lebih dari 4 kesalahan pada 48 poin pelanggaran Lazada Anda lakukan. Maka, perusahaan akan mengeluarkan hukuman atau poin pinalti Lazada.

Oleh karena itu, pastikan Anda menjadi seller yang jujur dan amanah untuk customer. Lantas, bagaimana cara blokir pembeli di Lazada? Kali ini kami akan membagikan caranya secara lengkap melalui artikel berikut.

Cara Blokir Pembeli di Lazada

Ketika berjualan pada sebuah platform atau e-commerce, tentu komunikasi menjadi lebih mudah jika memanfaatkan ponsel. Namun, beberapa pengaturan yang ada dalam sebuah situs terkadang tidak dapat akses. Jadi Anda tetap harus memanfaatkan laptop atau PC untuk membukanya.

Salah satunya pada cara blokir pembeli di Lazada. Pada halaman chatting Anda sebagai seller dengan customer, biasanya akan terdapat titik tiga di bagian kanan atas. Jika ditekan, Anda seharusnya mendapat pilihan terkait blokir.

Tetapi, jika menggunakan ponsel icon blokir tidak akan Anda temui. Oleh karena itu, untuk mengikuti cara blokir pembeli di Lazada, pastikan Anda sudah mempersiapkan laptop maupun PC terlebih dahulu.

Berikut beberapa cara yang harus Anda lakukan :

1. Masuk pada halaman Lazada

Meskipun Anda sebagai penjual, tentu halaman beranda awal tampilannya tidak akan berbeda. Namun, terdapat fitur tambahan untuk menjual produk. Di mana pada penjualan Anda harus menaati aturan pasal 3d dan 7a Lazada.

2. Buka menu notifikasi

Seringkali customer mengirimkan pesan untuk membuat komplain atau menanyakan beberapa permasalahan terkait pengiriman barang. Anda bisa membukanya untuk mengikuti cara blokir pembeli di Lazada berikutnya.

3. Pilih Customer yang Ingin Diblokir

Berikutnya, Anda bisa memilih siapa akun yang ingin diblokir. Lalu, buka kolom chat Anda dengan customer.

4. Pilih Tiga Titik Dibagian Kanan Atas

Setelah Anda membuka kolom chat bersama customer. Maka, sekarang Anda dapat menerapkan cara blokir pembeli di Lazada dengan mengklik tiga titik di bagian kanan atas.

5. Pilih Block Customer

Nantinya Anda akan mendapat notifikasi “Are you sure you would like to block this customer”. Maka klik yes agar proses blokir berhasil dilakukan.

6. Blokir Pembeli Berhasil Dilakukan

Setelah keseluruhan cara blokir pembeli di Lazada Anda terapkan dengan benar. Maka, saat ini status pemblokiran telah aktif, dan customer tidak dapat menghubungi Anda kembali.

Namun, pastikan Anda melakukan blokir pada customer setelah mengikuti cara melaporkan pembeli di Lazada dan tidak direspon. Sebab, dengan memblokir pembeli Anda telah memutus satu kunci perdagangan yang sedang dijalankan.

Nomor Pengaduan Lazada

Meskipun sebagai seorang seller Anda telah berusaha untuk menerapkan aturan e-commerce pada pasal 3d dan 7a Lazada. Namun, tidak jarang terdapat beberapa kasus yang memaksa Anda untuk bertindak dengan cara melaporkan pembeli di Lazada.

Jika hal tersebut terjadi, dan ingin membuat pengaduan terkait permasalahan dalam sistem penjualan atau transaksi. Anda dapat menghubungi nomor Customer Service di (021) 46652854. Atau bisa juga melalui alamat email [email protected].

Namun hal yang perlu Anda tekankan sebelum membuat pengaduan adalah sebagai seller Anda tidak pernah melakukan 48 poin pelanggaran Lazada diluar batas maksimalnya. Sebab, jika seller terindikasi kesalahan, maka tidak hanya customer yang mendapat teguran tetapi juga Anda sebagai penjual juga mendapat poin penalti lazada.

Pasalnya perusahaan memberikan mekanisme pemberian poin pinalti Lazada kepada seller yang tidak mematuhi aturan dan sering melakukan kesalahan. Bentuk kesalahannya dengan jumlah lebih dari 4/8, maka Lazada akan langsung menurunkan produk penjualan Anda.

Hal paling buruk yang dapat dilakukan adalah menurup toko online di e-commerce Lazada. Oleh karena itu, pastikan Anda menaati setiap peraturan yang dibuat oleh perusahaan. Agar kegiatan transaksi jual beli berjalan dengan lancar.

Untuk proses pengaduan biasanya akan berjalan cepat jika Anda menghubungi di jam kerja. Namun, apabila pihak Lazada tidak memberikan solusi terbaik dari masalah yang sedang Anda alami. Maka, mengikuti cara blokir pembeli di Lazada dapat menjadi langkah berikutnya yang bisa Anda ambil.

Nomor Whatsapp Lazada Indonesia

Apakah Anda membutuhkan cara melaporkan pembeli di Lazada dengan proses lebih cepat dibanding pengaduan di atas? Jika benar, maka memiliki nomor WhatsApp Lazada Indonesia dapat menjadi solusi terbaik.

Sebab, dibanding pada customer service pengaduan melalui nomor telepon. WhatsApp jauh lebih mudah dan modern. Anda juga tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membeli token telepon rumah.

Nomor WhatsApp Lazada bisa Anda hubungi di 081285866825. Namun, jika pada pengaduan melalui customer service Anda bisa menghubunginya selama 24 jam. Melalui nomor WhatsApp Anda akan mendapat respon lebih cepat di waktu kerja.

Anda bisa menyesuaikan jenis pengaduan yang ingin dilakukan berdasarkan kebutuhan. Namun, memiliki nomor pengaduan baik melalui telepon rumah maupun WhatsApp tentu dapat membantu Anda dalam menyelesaikan masalah lebih cepat, bukan?

Apalagi jika Anda tidak pernah melakukan kesalahan terhadap 48 poin pelanggaran Lazada. Maka, perusahaan akan dengan senang hati membantu Anda dalam mengatasi permasalahan penjualan terutama dengan customer. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga : Pengalaman Telat Bayar Lazada Paylater

Akhit Kata

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai cara blokir pembeli di Lazada, salah satunya dengan menghubungi nomor pengaduan Lazada. Bagi kalian para seller tentu sekarang tidak perlu cemas mengenai pembeli yang nakal. Jika mendapati ada sesuatu yang janggal dari pembeli tersebut silahkan langsung laporkan ke pihak Lazada.

Tinggalkan komentar