Berapa Lama Verifikasi Bantusaku ? Simak Penjelasanya Berikut

Berapa Lama Verifikasi Bantusaku – Pinjaman online memang sedang banyak dibicarakan di masyarakat. Dari mulai kelas menengah ke atas hingga menengah ke bawah. Selain itu juga, Saat ini banyak sekali pinjaman online, mulai dari yang legal hingga ilegal.

Salah satu platform pinjaman online yang menawarkan dana tunai adalah Bantusaku. Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang aplikasi bantusaku, karna belum sepopuler kredivo atau akulaku.

Bantusaku sendiri merupakan pinjaman online P2P landing yang telah diawasi oleh OJK. Hal menarik dari bantusaku ini adalah pinjaman online yang menawarkan pinjaman dalam bentuk dana tunai. Bunga yang diberikan pun cukup kecil yaitu 0,4 % per hari dengan tenor maksimal 180 hari.

Dana tunai yang ditawarkan bantusaku bisa mencapai 20 juta rupiah untuk satu akun, siapa yang tidak tergiur dengan tawaran seperti itu ? Sebagai pinjaman online P2P landing, ada dua jenis pilihan yang dapat digunakan oleh user. Pilihan pertama sebagai lender atau pelaku pendanaan dan pilihan kedua sebagai borrower atau peminjam dana.

Bagi kalian yang ingin menjadi lender, maka kalian perlu menyetorkan sejumlah uang yang nantinya bisa kalian ambil kembali dengan bunga yang telah disepakati yang sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh aplikasi.

Sedangkan bagi kalian yang terdaftar sebagai borrower berhak menerima pencairan dana pinjaman dan wajib melunasi pinjaman sesuai dengan nominal dan tanggal jatuh tempo yang telah disepakati saat pengajuan pinjaman.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi untuk yang ingin mendaftarkan diri pada aplikasi bantusaku sebagai borrower. Terkait cara pengajuan pinjaman online di bantusaku, berapa lama verifikasi bantusaku, dan bagaimana cara membatalkan pinjaman di bantusaku.

Berapa Lama Proses Verifikasi Bantusaku

Pada dasarnya seluruh platform pinjaman online selalu melakukan verifikasi terhadap calon nasabahnya. Verifikasi ini dilakukan untuk memastikan apakah calon nasabah sudah memenuhi syarat sebagai nasabah atau belum.

Berikut ini beberapa syarat yang perlu kalian penuhi sebelum mengajukan pinjaman ke bantusaku.

  • Mempunyai e-KTP.
  • Telah memiliki rekening pribadi.
  • Mengisi informasi data diri dengan benar.

Itulah syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi nasabah bantusaku. Sangat mudah bukan? Sementara itu untuk fitur kredit yang ditawarkan adalah jenis pinjaman tanpa angunan dengan beberapa ketentuan yang perlu kalian ketahui:

  • Pinjaman uang tunai yang diberikan yaitu mulai dari 1 juta rupiah hingga 20 juta rupiah.
  • Tenor (jangka waktu) pinjaman hanya 91 – 180 hari saja.
  • APR maksimal 109,5% per tahu

Selanjutnya untuk waktu verifikasi setiap platform pinjol yang berbeda – beda. Sedangkan untuk berapa lama proses verifikasi bantusaku adalah maksimal 1X24 jam (1 hari).

Agar usaha kalian tidak sia – sia untuk menjadi nasabah bantu saku, pastikan data diri yang kalian isikan sudah benar sehingga proses verifikasi bisa berjalan lebih cepat. Selain menjawab tentang berapa lama verifikasi bantusaku, kami juga menambahkan pembahasan menarik dibawah ini.

Cara Pengajuan Pinjaman Online Di Bantusaku

Pengajuan pinjaman online bantusaku bisa dibilang sangat mudah karena syaratnya tidak sulit dan mudah dipenuhi. Sebelum kita mengetahui cara pengajuan pinjaman online di bantusaku, sebaiknya kalian menyiapkan dahulu syarat yang diperlukan untuk pendaftaran.

  • Siapkan e-KTP.
  • Gunakan smartphone yang mendukung untuk pengambilan foto selfie dan install aplikasi bantusaku.
  • Usahakan kalian berada di tempat yang terang sehingga mempermudah saat pengambilan foto e-KTP dan foto selfie.

Selanjutnya, berikut ini adalah cara pengajuan pinjaman online di bantusaku :

1. Mengunduh Aplikasi Bantusaku

Pertama – tama kalian masuk ke Google play store ataupun App store lalu cari aplikasi bantusaku. Pilih aplikasi bantusaku yang sudah ada logi OJK nya. Logo ini menunjukan bahwa aplikasi bantusaku sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK

2. Verifikasi Kode OTP

Setelah berhasil mengunduh aplikasi bantusaku, buka aplikasi tersebut lalu isikan no HP kalian yang akan digunakan untuk pengajuan pinjaman. Kemudian kalian akan menerima kode OTP untuk verifikasi bahwa nomor yang kalian daftarkan sudah benar. Lalu masukan kode OTP yang dikirimkan via SMS. Berapa lama verifikasi bantusaku terhadap pendaftaran tidak membutuhkan waktu lama. Pastikan kalian menggunakan ponsel dan nomor yang sama untuk pengajuan pinjaman untuk meminimalisir penolakan pengajuan pinjaman

3. Ajukan Pinjaman

Jika kalian sudah berhasil membuat akun bantusaku, maka kalian akan melihat tampilan platform dan tenor yang bisa kalian pilih. Namun, pada tahap ini kalian belum bisa langsung mengajukan pinjaman dan platform serta tenor yang ditampilkan belum tentu sama.

Hal ini dikarenakan kalian perlu melengkapi data diri, dimana sistem credit scoring AI (Artifical Inteligence) akan mengolah data kalian hingga diperoleh platform dan tenor yang sesuai dengan kemampuan kalian berdasarkan data diri yang telah diisi.

4. Permintaan Akses Data Pribadi

Aplikasi bantusaku akan meminta izin calon peminjam agar bisa mengakses ponsel untuk analisa pengajuan pinjaman. Akses yang diminta berupa data lokasi dan kamera, sehingga lokasi kalian bisa dimonitor oleh sistem.

5. Isi Data Pribadi

Pada tahap ini usahakan kalian mengisi data diri dengan lengkap dan sesuai dengan formulir yang disediakan oleh aplikasi.

6. Informasi Pekerjaan

Kalian akan diminta untuk mengisi informasi pekerjaan, tujuannya agar kredit analis bantusaku menentukan kelayakan anda sebagai calon peminjam. Informasi pekerjaan yang wajib diisi diantaranya :

  • Penghasilan per bulan
  • Masa kerja
  • Nama perusahaan
  • Lokasi perusahaan
  • Tanggal menerima upah
  • No telpon perusahaan

7. Memahami Perjanjian Pinjaman

Perjanjian pinjaman yang harus kalian pahami diantaranya :

  • Bunga pinjaman.
  • Biaya admin.
  • Potongan saat pencairan pinjaman.
  • Denda keterlambatan cicilan.
  • Biaya pelunasan dipercepat.

8. Kontak Darurat

Isilah kontak darurat yang diminta, biasanya 3 kontak darurat yang diminta beserta nama dan hubungan kontak darurat yang dicantumkan

9. Foto KTP

Selanjutnya kalian diminta untuk mengambil foto KTP, pastikan kalian menggunakan foto KTP asli (bukan fotocopy ataupun hasil scan). Sesuaikan letak KTP dengan frame yang disediakan sehingga isi KTP bisa terbaca oleh sistem.

Setelah pengambilan foto KTP, aplikasi akan menunjukkan identitas yang tertulis pada KTP, perikasi dengan cermat bahwa isinya sudah sesuai dengan KTP asli

10. Foto Selfie Untuk Verifikasi Wajah

Pastikan kalian foto selfie sesuai dengan frame yang disediakan dan hasil fotonya jelas, sehingga sistem AI bisa menganalisa foto kalian.

11. Isi Data Rekening

Pada tahap ini, pastikan nama rekening yang kalian isikan sesuai dengan nama peminjam. Itu artinya kalian tidak bisa menggunakan rekening orang lain untuk pencairan dananya.

Hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan data. Secara otomatis aplikasi bantusaku akan mengisi nama rekening sesuai dengan nama yang ada pada KTP yang didaftarkan dan tidak bisa diganti nama lain.

12. Proses Pinjaman

Jika data diri kalian sudah lengkap, maka aplikasi bantusaku akan memunculkan rekomendasi plafon dan tenor pinjaman untuk kalian.

13. Verifikasi Kredit

Pada tahap ini bantusaku akan memverifikasi pengajuan pinjaman kalian.

14. Persetujuan Pinjaman

Disini kalian akan mengetahui apakah pinjaman kalian diterima atau ditolak oleh bantusaku. Plafon dan tenor yang ditampilkan untuk kalian bisa saja lebih kecil dari tampilan awal aplikasi.

Namun, plafon pinjaman dapat ditingkatkan ketika score kredit kalian untuk melunasi pinjaman bagus (tidak ada keterlambatan pembayaran). Jika pengajuan pinjaman ditolak, kalian bisa melakukan pengajuan kembali sesuai dengan ketentuan aplikasi.

15. Verifikasi Bantusaku

lalu berapa lama verifikasi bantusaku? Perlu kalian ketahui bahwa pihak aplikasi sedang mencairkan dana tidak sampai 24 jam dan akan mencairkan pinjaman dalam 2 hari kerja. Kalian akan menerima pemberitahuan saat dana telah ditransfer ke rekening terdaftar.

Begitulah cara pengajuan pinjaman online di bantusaku yang bisa kalian coba lakukan sendiri. Selanjutnya kami juga tidak hanya berfokus membahas tentang berapa lama verifikasi bantusaku saja, namun ada tambahan pembahasan menarik dibawah ini.

Cara Membatalkan Pinjaman Di Bantusaku

Terdapat beberapa alasan dimana kita ingin membatalkan pinjaman online. Entah itu karena sudah mendapat pinjaman lain atau bisa juga karena hanya mencoba mengajukan pinjaman saja.

Syarat Membatalkan Pinjaman Bantusaku

Apapun alasannya, ada beberapa kondisi apakah pinjaman kalian bisa dibatalkan atau tidak. Berikut ini syarat dan ketentuan cara membatalkan pinjaman di bantusaku :

Pinjaman Belum Disetujui Oleh Bantusaku

Proses data pengajuan pinjaman biasanya dilakukan hingga 3 hari oleh sistem. Pada saat tersebut bantusaku akan meninjau kembali data kalian.

Jika pihak bantusaku belum memberikan konfirmasi approval pinjaman kalian, maka kalian masih memiliki kesempatan untuk membatalkan pinjaman tersebut. Namun, jika bantusaku sudah menyetujui pinjaman, maka kalian harus menerima dana yang dicairkan dan membayar cicilannya tepat waktu.

Itu artinya tidak ada cara membatalkan pinjaman di bantusaku jika sudah ada persetujuan pinjaman.

Proses Pengajuan Belum Tercatat Oleh Sistem

Jika kalian sebelumnya sudah pernah melakukan pinjaman di bantusaku, maka sistem hanya butuh waktu 5-30 menit untuk menyetujui pinjaman kalian. Sangat kecil kemungkinan untuk membatalkan pinjaman pada kondisi seperti ini.

Dana Sudah Masuk Rekening

Jika dana telah dicairkan ke rekening kalian, sudah jelas jawabannya bahwa pinjaman kalian tidak akan bisa dibatalkan.

Baca Juga : Cara Mengatasi Saldo Google Play Tidak Bisa Digunakan

Metode Pembatalan Pinjaman Bantusaku

Dari tiga keadaan di atas, dapat kita simpulan bahwa kondisi paling mungkin untuk membatalkan pinjaman adalah pada point No. 1. Jika kalian berada di kondisi No.1 maka berikut ini cara membatalkan pinjaman di bantusaku:

1. Menghubungi CS Bantusaku

Kalian bisa menelepon Call center bantusaku yang tertera pada aplikasi atau situs resmi bantusaku. Disini kalian harus memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud dan tujuan menghubungi call center.

Disini CS akan mengkonfirmasi data diri kalian untuk verifikasi. Permintaan pembatalan ini membutuhkan waktu paling lama 3 hari, maka kalian perlu menghubungi kembali Call center untuk memastikan pembatalan pinjaman telah berhasil

2. Mengirim E-mail ]Ke CS Bantusaku

Sebagai alternatif jika kalian enggan menelfon CS bantusaku, kalian bisa mengirim email untuk melakukan pembatalan pinjaman. Yang paling penting adalah pastikan kalian menggunakan email yang aktif ya.

Tulis email sesuai tujuan kalian, dan sering – sering mengecek perkembangannya hingga mendapatkan notifikasi “pembatalan pinjaman berhasil”

3. Mendatangi Kantor Bantusaku Terdekat

Jika kalian benar – benar tidak sabar jika harus menunggu balasan email ataupun mengantri telfon CS, kalian bisa langsung datang ke kantor Bantusaku terdekat lokasi kalian. Setelah sampai kantornya, kalian bisa bertanya kepada petugas disana terkait pembatalan pinjaman, agar diarahkan langsung ke CS yang bertanggungjawab.

Disinilah kalian akan diminta menyebutkan identias dan tujuan kalian dengan jelas. Sehingga CS dapat membantu kendala yang kalian hadapi.

Itulah beberapa cara membatalkan pinjaman di bantusaku yang dapat kalian coba. Kalian bisa memastikan apakah bantusaku sedang mencairkan dana atau belum di proses sama sekali.

Jika proses sudah sampai pencarian dana, itu artinya kalian sudah tidak bisa membatalkan pinjaman. Maka dari itu kalian perlu mengetahui berapa lama verifikasi bantusaku.

Namun, lebih baik lagi untuk tidak mencoba – coba mengajukan pinjaman jika tidak benar – benar membutuhkannya. Ayo lebih bijak lagi dalam mengatur keuangan. Semoga penjelasan kami bisa membantu yaa.

Baca Juga : Apakah Akulaku Bisa Pakai Rekening Orang Lain ? Ini Jawabanya

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan dari kami mengenai pertanyaan berapa lama verifikasi bantusaku. Semoga setelah kalian membaca penejelasan diatas, kalian tidak perlu merasa bingung ketika sedang menunggu pengajuan pinjaman di bantusaku.

Leave a Comment