6 Tips Manfaatkan Uang THR Dengan Bijak

Bagaimana Memanfaatkan Uang THR Dengan Bijak?

6 Tips Memanfaatkan Uang THR Dengan Bijak- Hallo teman-teman semua ada satu hal yang sangat ditunggu-tunggu pada bulan Ramadhan oleh kebanyakan para pekerja dibidang apapun saat Idulfitri adalah THR alias Tunjangan Hari Raya. Jumlahnya yang hampir mencapai gaji bulanan dan bahkan melebihi dari gaji bulanan mereka atau sesuai dengan perhitungan prorata bagi karyawan dengan masa kerja kurang dari setahun. Nah, sebelum dihabiskan untuk belanja, kalian harus mempunyai rancangan apa yang menjadi prioritas kalian yang terlebih dulu harus dibayaragar uang THR kalian dapat digunakan untuk hal yang lebih penting dan tidak terbuang sia-sia.

Walau kadang banyak sekali kebutuhan yang datang mendadak pada waktu hari Raya Idulfitri dating namun ketika kita sudah mempunyai rancarang atau Menyusun apa saja hal yang harus kita bayar dengan uang THR ini maka uang tersebut dapat berguna dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tips cara bijak mengelola THR Idulfitri:

1. Untuk Membayar Hutang

Hal ini yang kebanyakan orang sering lupa ketika mempunyai hutang yiatu membayarnya. Kalau kalian  mempunyai tagihan Credit Card atau paylater, kalian harus segera lunasi agar bunganya tidak semakin membengkak. Bila kalian telat membayar hutang maka mengakibatkan reputasi kalian di bank jadi jelek. Ada yang namanya BI checking, yakni berfungsi untuk melakukan pengecekan riwayat pembayaran utang oleh nasabah.

Bila kalian terlalu sering menunggak pembayaran akan membuat data diri kalian ditolak saat mengajukan pinjaman lagi dengan nominal yang lebih besar. Padahal, uang tersebut bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih penting, seperti: renovasi rumah atau biaya kuliah adik atau membayar biaya pengobatan rumah sakit.

2. Belanja Kebutuhan Lebaran

Setelah hutang-hutang sudah lunas, baru boleh kalian gunakan beli kebutuhan lebaran. Bila kalian sudah berkeluarga atau tinggal dengan orangtua, jangan lupa menyisihkan THR kalian untuk mereka ya teman-teman. Orangtua kalian pasti juga punya  beberapa keinginan yang ingin di beli lho seperti halnya anak-anak. Siapa tahu Ayah kalian mau beli baju baru? Yang mau diguanakan pada saat hari Raya nanti Atau Ibu pengen makan kue kering favoritnya? Maka dari itu baiknya kita memberikan sedikit THRv kita untuk mereka.

Tenang, kalian tidak perlu kawatir uang THR kalian akan habis, kalian tetap bisa belanja kok. Apalagi banyak diskon Idulfitri di beberapa di aplikasi belanja online maupun pusat perbelanjaan offline. Tapi, kalian harus kembali memikirkan apakah kalian sangat membutuhkan barang baru atau baju lebaran baru coba pikirin lagi deh,

3. Dana Darurat

Dana darurat merupakan uang yang dialokasikan khusus untuk digunakan menghadapi berbagai kondisi tak terduga, contohnya: Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), bencana alam, reparasi kendaraan, dan lain-lain. Idealnya, besaran dana darurat yang harus kalian punyai adalah 6 kali gaji bulanan bagi pegawai belum menikah, serta 9-12 kali gaji untuk mereka yang sudah menikah.

Jumlah tersebut tentu sangat banyak bukan, namun tidak harus dipenuhi dalam satu waktu, melainkan bisa dicicil dengan menyisihkan 10% dari gaji bulanan.begitu juga dengan uang THR juga bisa ditambahkan ke rekening dana darurat lho. Jika kalian belum bisa, tak perlu khawatir kalian dapat mengumpulkannya pelan-pelan saja, oke?

4. Investasi

Nah, ini untuk kalian yang mendapat THR banyak dan melebihi dari gaju bulanan atau masih ada sisa THR dan bingung cara menghabiskannya? Investasi bisa menjadi hal yang cocok.Bagi pemula, investasi dapat dimulai dari reksadana yang tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, sehingga resikonya lebih rendah dibanding saham ketika bermain saham. Pembukaan rekening reksadana dapat dilakukan melalui aplikasi.  Nantinya, akan dikelola oleh manajer investasi berpengalaman, jadi tidak perlu memantau pergerakan harga secara terus-menerus.

5. Bersedekah

Di moment Idulfitri ini memang sangat tepat bagi kita untuk berbagi kepada sesame kita, yang mungkin tingkat perekonomianya jauh dib bawah kita saat ini, ada baiknya kita memberikan sedikit THR kita untk orang yeng tidak mampu, anak yatim dan piatu dan lain-lain. Supaya hasil kerja keras kita juga bermanfaat bagi orang lain dan menjadi berkah buat kita sendiri.

6. Jangan Tergoda Diskon

Ini yang harus kalian cermati, pada setiap hari-hari besar setiap pemilik toko baju ataupun pakian pasti akan mengeluarkan diskon yang besar-besaran, supaya banyak orang yang tergiur lalu membeli baju sebanyak-banyaknya mumpung lagi diskon, namun ternyata ini yang akan membuat kalian menyesal nanti nya, karena uang THR kalian akan habis hanya untuk belanja dan kalian tidak punya uang lagi untuk kebutuhan yang lainya.

Akhir Kata:

Itu dia 6 cara cermat dan bijak untuk mengelola THR bagi karyawan. Semoga kalian  dapat menggunakan uang THR lebih bijak dan dapat mengontrol diri untuk belanja barang yang kurang penting. Dengan itu kalian akan terhindar dari perilaku konsumtif. Selamat Hari Raya Idulfitri!

2 thoughts on “6 Tips Manfaatkan Uang THR Dengan Bijak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *