Tips Street Photography Atau Fotografi Jalanan

Sekarang ini ada begitu banyak sekali teknik atau cara pengambilan foto yang dapat dipelajari oleh para pemula maupun professional yang dapat menjadi ilmu tambahan bagi kalian. Hadirnya beberapa Teknik fotografi ini semakin banyak karena daya kreatifitasan para fotografer diluar sana yang memiliki berbagai cara yang tentu dapat kita contoh karena hasilnya yang luar biasa. Akan tetapi untuk kalian yang baru memulai atau bagi kalian yang masih belajar, kalian dapat mempelajari beberapa Teknik yang sudah ada banyak di dunia saat ini untuk kalian aplikasikan ke dalam kegiatan fotografi kalian. Kemudian kalian dapat mengembangkan Teknik tersebut hingga kalian mampu menciptakan sebuah cara atau Teknik baru yang kalian ciptakan sendiri.

Selain kalian mempelajari Teknik fotografi itu sendiri, kalian juga dapat mempelajari genre atau aliran foto mana yang kalian inginkan, serta sesuai dengan selera dan kepribadian kalian. Dan ada beberapa aliran didunia fotografi saat ini yaitu travelling, landscape,foto journalism, food fotografi, atau street fotografi.Dan untuk kalian yang ingin menganut aliran foto jalanan atau street photography, kami akan membagikan beberapa tips untuk kalian dapat menghasilkan sebuah foto yang baik dan tentunya bagus.

Beberapa Tips Untuk Fotografi Jalanan atau Street Fotografi:

  • Gunakan Insting Kalian

Insting ini merupakan sebuah kepekaan kalian terhadap situasi disekitar kalian. Street Fotografi ini sangat berkaitan dan memerlukan kepekaan kalian terhadap moment apa yang terjadi dan menurut kalian sangat unik untuk di foto. Kalian tentu dapat melatih insting tersebut dengan mengikuti seminar atau hunting bersapa Expert Fotografer dibidang Street Photography, lalu kalian juga dapat melatih ketajaman insting kalian dengan memperbanyak kegiatan memotret dijalanan atau di pasar yang dimana tempat tersebut memiliki banyak sekali kejadian social atau interaksi sosial yang banyak terjadi disekitar kita dan sangat unik bila di abadikan dalam sebuah gambar atau foto.

  • Pastikan Kamera Kalian Siap Digunakan

Pada saat kalian ingin memulai kegiatan Street Photography tentunya kalian harus mempersiapkan kamera kalian dan pastikan kamera kalian berfungsi dengan baik dan siap digunakan sewaktu-waktu, supaya nanti pada saat kalian melakukan kegiatan memotret kalian tidak perlu repot untuk menyeting kamera. Kalian tinggal memotret dan tentunya kalian tidak akan ketinggalan moment.

Untuk mendapatkan sebuah gambar yang bagus, kami menyarankan kalian untuk menggunakan Aperture Priority (P) , dibandingkan dengan kalian menggunakan manual mode yang akan membuat kalian banyak merubah setingan ketika kalian berada di sebuah tempat yang berubah-ubah pencahayaannya. Menggunakan mode manual juga akan semakin merepotkan kalian karena kalian akan memakan waktu pada saat kalian menyeting kamera, mengingat Street Photography bisa dibilang sebuah moment atau kejadian yang terjadi secara tiba-tiba atau mendadak dan juga dapat menghilang dengan cepat.

  • Bersabar Menunggu

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Kejadian atau moment Street Photography itu terjadi secara tiba-tiba, dan tentunya kalian harus bersabar untuk bisa menemukan sebuah momen yang tepat, sambil kalian berjalan-jalan untuk menemukan spot atau moment yang unik untuk difoto.  Walau dapat kita perhitungkan kapan sebuah moment tersebut akan terjadi dan membuat sebuah moment yang memiliki cerita tersendiri ketika kita foto dengan kamera kita, namun tidak semua moment dapat kita perhitungkan kapan akan terjadi.

  • Gunakan Lensa Fix atau Lensa Tele untuk Street Photography

Lensa fix tentu juga sangat cocok karena focal length yang tetap dan tidak bisa diubah-ubah dan pada umumnya sebuah lensa fix itu mempunyai bukaan diafragma yang besar yang mampu menghasilan bokeh yang bagus, ini tentu sangat bagus bila dipakai untuk kegiatan Street Photography,kalian akan mendapatkan sebuah gambar yang tajam dan mempunya background atau latar belakang yang blur yang akan membuat objek yang kalian inginkan semakin terlihat tegas.

Selanjutnya kalian juga dapat menggunakan lensa tele yang dapat mengambil sebuah gambar dengan jarak yang sangat jauh dari tempat kita berdiri, tentu lensa ini sangat membantu kita bila kita ingin membuat sebuah foto candid atau sebuah kejadian yang tidak disengaja, tanpa mengganggu atau orang yang kita foto menyadari bahawa ia sedang kita foto, tentu ini sangatlah berguna untuk kita mendapat sebuah gambar yang kita tidak bisa jangkau dari jarak yang dekat.

 

 

Leave a Comment