Penjelasan Lengkap Initial Public Offering serta Keuntungan dan Kekurangannya

Apa Itu Initial Public Offering?

Initial Public Offering adalah sebuah perusahaan yang sedang menjual sahamnya kepada masyarakat, dengan Initial public Offering masyarakat dapat memiliki Sebagian saham dari sebuah perusahaan dengan cara membelinya dan perusahaan juga mendapat keuntungan tambahan dari terjualnya saham mereka.
Perusahaan yang melakukan Initial Public Offering sudah dapat dikatakan sebagai perusahaan terbuka (Tbk) dimana kepemilikan perusahaan tersebut sudah terbagi dengan para investor yang membeli saham dari perusahaan tersebut.

Dalam sebuah Pasar modal, terdapat pasar primer dan pasar sekunder, ketika anda membeli saham dari bursa efek maka dapat dikatakan anda berada di pasar sekunder ketika saham anda sudah dibukukan di bursa efek dan sudah di sebarluaskan lewat sekuritas dan investor. Terlebih dulu investasi saham di perjualbelikan melalui pasar primer sebelum mencapai pasar sekunder. Dimana sebuah perusahaan melakukan penjualan saham mereka secara langsung kepada para investor. Ini adalah sebuah proses Initial Public Offering (IPO)
Mengenal Initial Public Offering dalam jual-beli saham

Sebelum adanya Initial Public Offering, sebuah perusahaan hanya bersifat pribadi saja atau hanya beberapa orang saja yang menjadi pemegang saham. Para pemegang saham ini biasanya hanya merupakan para pendiri dari perusahaan tersebut atau para kerabat keluarga, serta investor profesinal saja. Masyarakat umum tidak dapat membeli saham dari perusahaan tersebut kecuali meminta lansung pada pemilik perusahaan tersebut dan belum tentu pemilik saham akan menjual sebagian saham mereka kepada pihak luar.
Ketika sebuah perusahaan sudah melakukan Initial Public Offering dengan demikian perusahaan tersebut sudah dapat dikatan perusahaan yang Go Public. Poses pembelian saham dalam Initoal Public Offering akan dijamin secara langsung oleh bank investasi dan pihak perantara. Mereka akan membeli saham dari sebuah perusahaan lalu di distribusikan kepada para investor melalui Initial Public Offering, sehingga pada calon pemegam saham yang baru dapat dengan mudah membeli saham dari sebuah perusahaan.

“Baca Juga : 10 Investasi Syariah Terbaik Serta Keuntungan dan Resikonya”

Apa Tujuan Perusahaan Melakukan Initial public Offering?

Guna mendapatkan modal maka perusahaan mengambil salah satu ospi yaitu dengan Initial Public Offering untuk mendapatkan tambahan modal dari para investor yang membeli saham milik mereka. Denganbegitu perusahaan dapat memenuhi biaya operasinal dan mengembangkan usaha untuk memperluas kapasitas produksi dan meningkatkan pendapatan bisnis mereka. Meskipun perusahaan dapat meminjam modal atau mencari investor profesinal, akan tetapi melakukan Initial Public Offering masih menjadi cara yang dinillai paling efektif dan lebih minim resiko.

Apa Keuntungan Perusahaan Go Public?

Sebuah perusahaan yang sudah melakukan Initial Public Offering dan telah Go Public dengan artian sudah mengizinkan sahamnya untuk dimiliki masyarakat umum.
Lalu mengapa sebuah perusahaan mau melakukan hal tersebut?, perlu kalian ketahui, ternyata ada keuntungan yang cukup banyak di peroleh perusahaan yang Go Public.

Perusahaan Mendapat Modal Tambahan

Untuk mengembangkan sebuah perusahaan agar lebih maju maka perusahaan akan membutuhkan modal yang banyak. Selain melakukan peminjaman uang dari bank, Go Pubilc adalah salah satu  cara yang tepat untuk mendapat tambahan modal dengan menjual Sebagian sahamnya kepada masyarakat umum. Dan hasil penjualan dapat digunakan untuk mengurangi hutan dan memperluas pengembangan usaha.

Nilai Perusahaan Akan Meningkan dan Terkenal Masyarakat

Perusahaan akan terlihat lebih prestisius ketika saham nya sudah di perjualbelikan di Bursa Efek Indonesia. Namun, harus juga diimbangi dengan kinerja yang baik maka peluang nilai perusahaan akan terus meningkat. Dan masyarakat akan lebih percaya untuk membeli saham perushaan tersebut

“Baca Juga : Tips Investasi Pasar Modal untuk Pemula”

Apa Keunggulan dan Kekurangan Saham Initial Public Offering?

Sebagai investor pemula sebaiknya anda mengetahui keuntungan sekaligus kerugian dari jenis investasi tersebut. Pertimbangkan terlebih dulu tentang perusahaan mana yang anda pilih dan perkembangan perusahaan tersebut dalam beberapa bulan terkahir untuk memantau tingkat kualitas perusahaan tersebut.

Keunggulan

Salah satu keunggulan dari saham Initial Public Offering yakni memiliki potensi mendapat keuntungan yang cukup tinggi bahkan beberapa investor professional mengatakan bahwa berinvestasi disini bisa mendapatkan kuntungan tang tidak terbatas, dan resiko kerugian yang masih dapat di tekan atau di minimalisir.
Harga saham yang dujial juga masih terjangkau sehingga anda dengan modal yang rendah pun dapat men jadi investor dan menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Cara berinvestasinya pun juga cukup mudah dan dapat diakses menggunakan berbagai macam aplikasi trading.

Kekurangan

Untuk menghindari supaya investor memiliki saham yang terlalu bsar dan saham dimiliki oleh beberapa orang saja, maka akan dibatasi jumlah saham yang bisa di beli oleh setiap orangnya. Dan proses pembelian saham juga tidak dapat secara cepat sehingga membutuhkan waktu setidaknya 1 minggu.

Penutup

Bagi anda yang ingin terjun dan memulai karir dalan investasi, memulainya dengan membeli saham Initial Public Offering (IPO) adalah pilihan yang tepat, tidak memerlukan modal yang besar anda sudah dapat menjadi salah satu pemegang saham di sebuah perushaan. Yuk segera kita mulai berinvestai mulai dari sekarang!.. Semoga Bermanfaat untuk anda!

“Baca Juga : 5 Bisnis Online Sampingan Sambil Kuliah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *