Lensa Yang Cocok Untuk Foto Studio Dan Tips Memilih Lensa

Halo teman-teman, pakah kalian saat ini juga tertarik untuk membuka usaha studio foto? Jika kalian tertarik, ada cukup banyak peralatan yang harus kalian siapkan diantaranya kamera, lensa, continuous light, softbox, tripod, reflector, umbrella, light stand dan tentu saja Studio Foto yang akan kalian gunakan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, kami kali ini akan membuat sebuah artikel yang  akan membahas satu dari banyak alat yang harus disiapkan untuk studio, yaitu adalah lensa.

 

Bagaimana Cara Memilih Lensa Yang Pas Untuk Studio? Berikut Penjelasannya :

1. Sesuaikan Budget

Jika kalian memang mempunyai modal yang banyak tentu sama sekali harga bukanlah masalah buat kalian. Kalian juga dapat membeli beberapa jenis lensa berbeda yang memang diperlukan untuk kegiatan foto di studio supaya dapat lebih menunjang hasil dari foto kalian. Namun jika kalian hanya memiliki budget yang terbatas tentu tidak banyak pilihan lensa baru yang dapat dibeli, maka kalian juga dapat membeli 1 atau 2 lensa saja yang memang biasa digunakan untuk di dalam studio dengan ikuran vocal length yang berbeda juga.

2. Menggunakan Lensa yang Tepat

Lalu lensa apakah yang cocok saat digunakan untuk didalam ruangan atau studio dan memotret manusia? Banyak pilihan tentunya beberapa lensa yang cocok untuk pemotretan di Studio, jika untuk Studio sebaiknya kalian memilih sebuah lensa fix 50mm, lensa zoom 24-105mm atau hanya menggunakan lensa kit bawaan kamera saja. Kami sangat tidak menyarankan kalian untuk menggunakan sebuah lensa tele, mengingat bahwa studio foto yang  dimensinya tidak terlalu panjang dan lebar. Rata – rata ukuran ruangan studio foto yang biasanya yaitu sekitar panjang 9 meter dan lebar sekitar 7 meter ini sudah cukup untuk melakukan pemotretan di dalam raungan.

Dengan bentuk atau dimensi ruangan yang tidak terlalu luas begitu maka kami menyarankan para  penggunaan tele tidak disarankan, cukup kalian memilih sebuah lensa yang telah disebutkan diatas. Karena bagus atau tidaknya hasil foto dari sebuah foto studio,tentu tidak hanya bergantung pada sebuah lensa,namun, skill seorang fotografer dan juga kamera yang di pakai untuk foto studio, namun hal tersebut tentu sangat perlu didukung oleh sebuah pencahayaan yang harus baik, jika kalian ingin mendapatkan kualitas foto studio yang bagus dan hasil yang maksimal maka keempat komponen tersebut harus mampu mendukung satu sama lain. Dan kalian sebagai fotografer harus bisa menggunakan alat-alat tersebut dengan baik dan memadukannya agar dapat tercipta sebuah hasil yang berkualitas.

Pencahayaan yang tentu harus baik selain dari lighhting juga bisa kalian dapatkan dari reflektor yang berfungsi untuk memantulkan cahaya di dalam studio, selain beberapa alat tersebut softbox juga berfungsi untuk melembutkan sebuah cahaya agar tidak terlalu keras dikulit.

3. Usahakan Membeli Lensa yang Baru

Sebenarnya membeli lensa yang baru bukan lah sebuah hal yang diharus kan, dapat juga kalian dapat menggunakan lensa seken atau lensa bekas dan ini bukan hal yang besar, namun perlu kalian ketahui dan pertimbangkan jika memang kalian ingin membuka foto usaha Studio Foto dengan menyuguhkan kualitas gambar  yang bagus dan berkualitas. Mengapa kalian seharusnya membeli sebuah lensa baru? Karena kualitas fisik dari lensa tersebut sudah pasti terjamin dan komponen lensa tersebut sudah pasti bagus dan fungsinya masih bagus dan tidak memiliki kekurangan apapun karena memang masih baru. Kalaupun kalian menemukan ada sebuah kekurangan yang kalian temui pada saat kalian membeli sebuah lensa baru, saran kami kalian harus langsung menukarnya dengan unit yang baru lainnya langsung di tokonya atau jika kalian mengalami sebuah kerusakan pada saat kalian sudah menggunakannya tentu kalian bisa klaim garansi sehingga lensa kalian dapat diperbaiki langsung oleh toko atau service center brand kamera tersebut sehingga kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Berbeda ketika kalian membeli sebuah lensa bekas yang tentu sudah habis masa garansinya dan tentu akan rawan kekurangan/minus. Karena seperti yang kalian ketahui saat ini, lensa bekas bisa saja sangat rawan terhadap jamur atau memang terdapat kendala lain yang tentu bisa terjadi, seperti autofokus yang kurang baik atau terdapat kekurangan lain semuanya mungkin bisa tejadi karena ini adalah barang bekas.

Itulah 3 tips bagi kalian yang ingin memilih sebuah lensa untuk Studio Foto, Semoga artikel ini dapat membantu kalian dan tentunya memberi masukan kepada kalian yang sedang bingung menetapkan pilihan lensa!

2 thoughts on “Lensa Yang Cocok Untuk Foto Studio Dan Tips Memilih Lensa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *