Apakah Masih Layak Fujifilm X-T1 dan X-T10 Ditahun 2021

Sobat pasti masih ingat dengan kamera ini, yang menjadi flagship kamera fotografi pada masa nya, apakah itu? Fujifilm X-T1 dan X-T10 – yap betul sekali, kamera ini diperkenalkan pada tahun 2014, artinya kamera tersebut diperkenalkan kepada publik pada sekitar hamper 7 tahun yang lalu.

Saat pertama  kali kamera Fujifilm X-T1 dirilis ke pasaran, ada ditemukan beberapa orang yang mengeluhkan mengenai beberapa hal yang me nurut mereka sangat kurang membuat nyaman pada saat mereka menggunakan kamera tersebut yaitu sistem autofokusnya, mereka menganggap autofokus X-T1 agak lambat dan pada saat digunakan pada situasi low light atau minim cahaya kinerja autofocus yang diberikan kamera ini sedikit memrlukan waktu untuk mencari focus terhadap objek yang diinginkan. Kemudian pada tahun 2016 ada sebuah usaha perbaikan yang berusaha dilakukan oleh developer perusahaan ini yaitu perusahaan merilis pembaruan firmware kamera tersebut dengan memiliki sebuah  tujuan untuk memeperbaiki atau memberikan sebuah peningkatan kecepatan autofokus dan sejumlah pembaruan lainnya, hal ini tentunya sangat dinanti-nantikan oleh pada pengguna kamera ini pasalnya mereka merasa ada sebuah tanggung jawab oleh perusahaan untuk memperbaiki produk yang sudah mereka jual di pasaran .

Apakah sobat masih punya keinginan untuk membeli kamera ini?

 

Jika sobat fotografi masih punya  keinginan untuk memiliki kamera Fujifilm X-T1 dan X-T10 tentunya sobat harus siap-siap kecewa,karena apa?  Karena karma ini sudah tidak diprosukdi lagi oleh fuijilm, namun bila sobat masih bersikeras ingin memiliki kamera ini, tenang, sobat masih dapat membeli kamera ini di berbagai toko kamera bekas atau di berbagai toko kamera yang masih mempunya stok kamera tersebut. sebab sejak tahun 2017 lalu Fujifilm ialah perusahaan kamera asal Jepang itu saat ini telah resmi menyetop produksi kedua kamera mirrorless seri X itu. Kegiatan stop produksi kamera X-T1 dan X-t10 sudah berlangsung yakni dari tahun 2017 silam.

Suksesor kamera apakah pengganti generasi pertama seri X ini?

 

Dua tahun kemudian setelah resmi nya pengimuman perilisan sang generasi pertama, Fujifilm lalu memperkenalkan sebuah kamera yang tentunya memebawa pembaruan luarbiasa dari berbagai fitur dan peningkatan dari segi system, suksesor dari X-T1, yakni X-T2 yang pada 2016 kemarin resmi di rilis dan diperkenalkan ke publik. Sementara itu,versi small bady dari Fujifilm X-T1 yaitu  X-T10 telah resmi digantikan oleh suksesor generasi ke-2 yaitu Fujifilm X-T20 yang dirilis awal 2017.

Untuk pengguna X-T1 dan X-T10 perlu nggak sih untuk upgrade ke X-T2 dan X-T20?

Jadi, bila kalian para sobat fotografi saat ini sudah memiliki kamera mirrorless generasi pertama dari Fujifilm yaitu Fujifilm X-T1 dan X-T10 dan merasa kamera sobat sudah cukup terlalu tua dan ketinggalan dengan beberapa kamera yang popular saat ini dan sobat ingin merasakan system dan fitur-yang tentu tidak terlalu jauhbketinggalan di era yang serba praktis dan cepat saat ini namun sobat tidak mempunya budget  yang besar untuk membeli kamera terbaru Fujilm yang jbelum lama di rilis pada tahun 2020 yaitu Fujilm X-T4, tidak perlu kawatir sobat dan melakukan upgrade ke teknologi kamera yang lebih gahar dari Fujifilm X-T1 dan X-T10,sobat masih  bisa membeli suksesornya, X-T2 dan X-T20 yang sudah membawa banyak peningkata bila di bandingkan dengan sang pendahulu yaitu Fujifilm X-T1 dan X-T10. Apalagi,sampai saat ini masih banyak pengguna kamera Fujifilm X-T2 dan X-T20 yang masih setia dengan kamera mereka dikarenakan system auto focus yang cepat dan beberapa fitur yang masih mumpuni untuk di pakai pada jaman sekarang, dan tentunya harga yang sudah terbilang murah di tahun 2021 ini dan juga keduanya sampai saat ini mendapatkan review cukup baik dihati para penggunanya.

Kesimpulan:

Bila sobat menginginkan sebuah kamera yang tentu masih dapat bersaing dan masih mampu digunakan di jaman saat ini yang semua sekarang serba cepat dan mengininkan sebuah system auto focus yang cepat juga, Fujifilm X-T2 dan X-T20 menurut kami sangat lah cock untuk sobat yang menginginkan spek kamera yang bagus namun dengan harga yang relative murah. Namun bila sobat mengininkan sebuah kamera yang hanya diperuntukan untuk jalan-jalan traveling saja, kamear Fujifilm X-T1 dan X-T10 masih layak sobat beli namun lebih baik sobat memeneliti dulu sebelum membeli dikarenakan produk yang sudah tidak dijual baru lagi dipasaran.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *